Salam,
Kalau berbicara mengenai sejarah, ada ahklinya yang memang sudah
mempelajarinya secara benar dan serius.Tetapi kalau hanya untuk
sekedar obrolan saja, memang agak rancu kalau dikatakan Indonesia
sudah di jajah 350 tahun. Benar juga kalau penjajahan baru di mulai
setelah VOC dibubarkan dan tepatnya tahun berapa?(bisa dicari tgl
yang tepat tahun 1800-an).Kemudian banyak kesultanan dan kerajaan di
Indonesia yang TIDAK tersentuh oleh Belanda, misalnya Belanda baru
masuk Sulawesi Selatan setelah perjanjian BUNGAYA dan itu belum 50
tahun yang lalu dihitung dari tahun 1942(penjajahan Belanda diganti
Jepang).Kalau PIETER BOTH dikatakan adalah Gubernur Jenderal pertama
di Hindia Belanda, itu tidak betul sebab dia hanya OPPER KOOPMAN di
VOC yang tidak menguasai tanah(negara) di Indonesia kecuali beberapa
benteng teristimewa di Maluku dan Batavia.
Semua macam penjajahan atau penindasan oleh suatu bangsa kepada
bangsa lain harus DIKUTUK termasuk apa yang dilakukan Belanda
terhadap Indonesia.Kalau dikatakan Jepang KEJAM saya setuju 100%
tetapi tidak demikian dengan Belanda.Persoalannya memang kekayaan
tanah Indon. disedot/diperas keluar untuk membangun dan memakmurkan
Belanda, dan orang Indonesia tidak bebas secara relatif mengenai
pendidikan dan hubungan dengan luar negeri.Tetapi setelah adanya
ETISCHE POLITIEK (politik etis), banyak perubahan dan  orang2 tua
kita masih merindukan zaman NORMAAL alias harga berat 5 sen satu
kg.Petani pemilik tanah adalah 80% dan buruh tani,20% demikian juga
dengan nelayan.Sekarang berbanding terbalik dan penjajahan dilakukan
oleh Bangsa sendiri? Sekolah sampai sekolah menengah GRATIS dan yang
pintar bisa ke Universitas termasuk di negeri Belanda.(Sukarno,
Hatta, Sjahrir,Djatikusumo,Didi Kartakusuma dsb,dsb)Secara gamblang
orang Indonesia secara EKONOMI lebih makmur dan HUKUM lebih baik
waktu zaman Belanda dari pada skarang.Apakah MERDEKA  itu adalah
kemajuan (secara umum)? Bandingkan dengan Malaysia  yang satu rumpun
bangsa, agama ,bahasa dan adat istiadat.
Wasalam,
Wal Suparmo

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, "Ignatius Sapto Condro"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> iscab:
>
> Sebetulnya kita baru dijajah Belanda mulai tahun 1800.
> Sebelumnya kita dijajah pedagang, contohnya VOC.
>

> con...

Kirim email ke