Saya sih hanya mengajak rekan-rekan berpikir kritis.

  Saya setuju bahwa pasti segi positifnya bagi TNI dan RI jika TNI dikirim ke
Afghanistan.

  Namun mengirimkan pasukan TNI ke LN untuk misi perdamaian juga merupakan
suatu kebijakan yang tidak sederhana. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan
mulai dari aspek domestik maupun politik LN sampai aspek-aspek di lapangan yang
misalnya menyangkut aspek alam dan budaya maupun hal-hal teknis militer.

  Cuma, kita ini sebagai bangsa memang perlu menjadi pemaaf tapi jangan menjadi
pelupa. Bagaimanapun, kita mesti belajar dari kesalahan masa lalu.

  Salam,

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  Re: Belanda Minta bantuan TNI di Afganistan   Posted by: "thomas ww" [EMAIL
PROTECTED]   thomjun   Thu Sep 6, 2007 11:51 pm (PST)   Adakah sesuatu yang
salah dengan permintaan Belanda kepada pihak TNI kita? Apakah juga salah kalau
Korea Selatan minta bantuan pemerintah RI untuk membantu membebaskan sanderanya
di sana?

Saya ingin membagi pandangan saya dengan rekan semua tentang hal ini meskipun
mungkin saya dianggap kurang atau bahkan tidak nasionalis.

Sejarah memang tidak boleh dilupakan dan dan sebaiknya diingat sebagai sejarah,
baik sejarah gelap maupun sejarah keemasan. Penjajahan Belanda memang membawa
banyak hal yang jelek bagi bangsa ini, tetapi apakah kita juga menutup mata
terhadap hal-hal yang membawa manfaat bagi bangsa kita. Apakah memang tidak ada
satu hal pun yang dianggap mempengaruhi nasionalisme bangsa kita? Gerakan
kebangsaan kita ternyata juga lahir di tanah penjajah, bukan? Pendidikan kita
juga ternyata masih lebih bagus pada masa penjajahan (meskipun tidak bisa
dinikmati oleh semua bangsa kita) daripada masa kini yang DIPEGANG OLEH BANGSA
SENDIRI DENGAN MENJADIKAN BANGSA INI BODOH.

Masa penjajahan sudah berakhir dan mengapa kita masih saja berkutat pada
periode itu? apakah kita memang bangsa yang pendedam dan hanya melihat masa
penjajahan sebagai dalih untuk tidak mau berkembang? Ini aneh dan sekaligus
membuktikan bahwa ternyata sebagian bangsa kita masih saja berorientasi pada
masa lalu. Saya tidak akan melupakan sejarah tapi untuk apa selalu mengungkit
dan menyalahkan bangsa lain sementara bangsa kita sendiri juga melakukan
penjajahan terhadap warganya dalam hal pendidikan, ekonomi, dll?

Bantuan TNI sebetulnya bisa dilihat sebagai sesuatu yang membanggakan bangsa
kita, apalagi Indonesia adalah bagian dari ANGGOITA TIDAK TETAP DEWAN KEAMANAN
PBB. Itu menunjukkan bahwa bangsa kita dianggap penting dalam dunia
internasional pada masa sekarang dan MASA DEPAN, terutama dalam hal mediasi.
Hal ini sangat penting dalam pergaulan internasional, terutama kelak ketika
kita menghadapi masalah keamanan negara kita, baik separatisme ataupun bahaya
terorisme internasional. sekali lagi INI UNTUK MASA DEPAN BANGSA KITA. Dan
terus terang saja SAYA BANGGA dengan apa yang TNI lakukan.

Duta Besar Belanda di Indonesia juga sudah menyatakan ingin menghapus
bayang-bayang gelap penjajahan dan terus meningkatkan hubungan baik kedua
negara. Beliau sangat mengerti bagaimana dampak penjajahan Belanda dulu dan
ingin sekali menghapus bayangan kelam itu. Bantuan pemerintah Belanda untuk
perbaikan Aceh dan Nias ternyata yang paling besar diantara semua bantuan dari
negara Eropa, dan itu merupakan bantuan yang tidak bisa dianggap sederhana
ketika bangsa kita memerlukan dana. Bantuan itu tidak bermaksud untuk "sekedar
membayar kesalahan" karena menjajah. Bukan itu.

Yang pasti, saya melihat bahwa hal ini bisa berpengaruh sangat positif terhadap
masa depan bangsa kita, terutama menghadapi separatisme dan terorisme
internasional.

Kadang-kadang saya sedih karena masih ada sebagian dari kita yang selalu
melihat peran TNI dari kaca mata yang negatif? Masa lalu yang gelap sebaiknya
diingat sebagai peringatan kepada kita supaya lebih dewasa di masa depan dalam
memutuskan kepentingan bangsa. SELAMAT BERJUANG!!!!

Thomas w.w