Saya setuju dengan cara pandang pak Wal Suparmo...kasihan bangsa
kita yang di telan oleh budaya barat dan arab secara parlahan.

Kalau seandainya saya seorang kaya saya mau adakan lomba seni yang
bernapas dan berwawasan ke-Indonesia-an bukan ke-barat-an atau ke-
arab-an.

Salam
Vik Sintus
http://belajar-html.blogspot.com/

.--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, Suparmo Wal
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam,
>   Pertanyaan yang dilancarkan dalam suatu artikel dalam KOMPAS
hari ini memang benar adanya.
>   Saya harap semoga para seniman kaligrafi Indonesia, juga
memperhatikan  adanya keterbukaan yang luas terhadap seni kaligrafi
dari tulisan2 suku2 di Nusantara, seperti Jawa,Sunda,Bali,
Bugis/Makasar, Batak dsb., artinya karena hanya suku2 yang
berkebudayaan tinggi yang mempunyai tulisan sendiri yang
mencerminkan tingginya kebudayaan mereka.
>   Demikian juga fisafat dan ungkapan2 yang tinggi bahkan suci dari
para leluhur kita, tidak kurang untuk menjadi sumber lukisan
kaligrafi. Saya kira tulisan Jawa(Sunda,Bali) bisa menjadi kaligrafi
yang indah sekali.Demikian juga tulisan suku2 lain yang juga
mempunyai corak yang khas dan filsafat leluhur mereka yang juga
luhur.
>   Saya harap seruan saya mendapat sambutan baik dari para seniman
kaligrafi yang mencintai bangsanya.