Mas Rudi
Lah aku ya cuman digaji dari usaha minyak je. Cuman aku pikir harga
minyak ngga akan meninggi setinggi kemarin lagi karena "peminum"
minyaknya ngga bisa beli minyak lagi. Kalau tsunami ini menggobal,
maka inflasi justru mungkin akan menjadikan ekonomi reses. Semua akan
berusaha meningkatkan efisiensi penggunaan energi, atau malah
efisiensi yang dipaksakan. Ini mungkin harapannya environmentalis
dalam mengurangi emisi CO2 :)

Jadi saya rasa ada sisi lain bahwa konsumsi minyak dunia mungkin akan
berkurang seandainya "tsunami ekonomi" ini terus mengglobal dan
berkepanjangan.

Test case tentang konsumsi ini bisa kita lihat di musim dingin nanti.
Walaupun mungkin bisa dipastikan meningkat semasa musim dingin, apakah
"peningkatan konsumsi" energi semasa musim dingin sama, lebih kecil,
atau lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan harga minyak
bisa jadi terjadi akibat musim dingin Nopember desember nanti. Dan ini
saya yakin akan bias. Apakah disebebkan oleh kebutuhan, atau nilai
dolar seperti kemarin. Btw, kenaikan minyak hingga diatas 140USD/bbl
kemarin ada yang menduga akibat harga dolar yang meningkat.

Kalau soal prediksi harga minyak silahkan baca tulisan lama disini :
http://rovicky.wordpress.com/2006/10/19/do-we-need-a-prediction/
Anda akan melihat bahwa prediksi selalu mengatakan harga minyak akan
naik. Tapi kenyataan selalu saja harga minyak ndak teratur. Harga
minyak memiliki mekanismenya sendiri. Yang terlalu kompleks untuk
diporediksikan. Saya rasa itu bukan prediksi harga minyak tetapi
"harapan" harga minyak :)

Lah kalau soal Israel nyerang Iran, mnurutku masih "takhayul". Teori
konspirasi .... Sesuatu yang sulit dibuktikan. :)

RDP

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, rudyanto_nebeng