Bukan menjadi babunya, tetapi mereka harus dihargai sesuai dengan
sumbangannya bagi negeri ini.
Kalau mau realistis, maka jumlah yang terena kasus berat dalam
fenomena TKI ini sangat kecil prosentasenya. Tapi memang harus
diketahui yang namanya 1 nyawa itu juga sudah terlalu banyak, lah.
Hanya kalau mau realistis mestinya jangan terlalu menonjolkan yang 1
%. Padahal ada 99% yang senang dan berhasil menjadi TKI.
Kalau mau jadi pemimpin itu mesti rasional, bukan emosional.

Fenomena pengiriman TKI ini kalau disejajarkan mirip pengiriman
"tentara" ke medan pertempuran. Setiap negara akan selalu memiliki
tentara-tentara dan memerlukan adanya tentara-tentara-nya. Namun
"skali lagi" untuk kasus Indonesia ini yang buruk adalah penghargaan
dan perlakuan pemerintah Indonesia sendiri pada TKI-nya.

RDP

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, Haniwar Syarif

Kirim email ke