Persiis... !

sikap kritis ini yang membuat bangsa ini akan semakin menjadi bangsa
yang belajar.
masalah pokok itu adalah kemiskinan dan bagaimana membuat mereka bisa hidup
layak tanpa harus mengemis atau mengais sisa makanan atau berjualan dengan
dikejar-kejar satpol pamong praja.

Percayalah...kalau kebijaksanaan itu yang dilanjutkan maka sebenarnya
pemerintah
lari dari kenyataan adanya kemiskinan tersebut. Negara ini kaya raya,
maka banyak
ADB dan World Bank tertarik. Apakah mereka tertarik ke Afrika? Mengapa
Afrika dibiarkan tetap msikin? Lihat pula BHP atas tekanan WTO karena
pendidikan
kini dipandang sebagai bisnis.

Masalahnya adalah kembali kepada pertanyaan mendasar yaitu bagaiman
negara ini
akan dibangun. Ini yang tidak ada arahnya. Tingkat pertumbuhan ekonomi 7
% itu
tidak ada artinya karena employement rate kita sekitar 14%. Artinya,
akan semakin
sulit untuk mencari pekerjaan dan tingkat gaji yangs emakin tringgi
disamping kerja
kontrak akan semakin merebak. Itukah yang kita cari?

Pada saat yang sama, lihat salah satu saja yah, nanti nggeblak kalau
tahu yang lain,
biasayanya wartwawan kan tahu lebih banyak

The *Grasberg mine* is the largest gold mine
<http://en.wikipedia.org/wiki/Gold_mine> and the third largest copper
mine <http://en.wikipedia.org/wiki/Copper_mine> in the world. It is
located in the province of Papua
<http://en.wikipedia.org/wiki/Papua_%28Indonesian_province%29> in
Indonesia <http://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia> near 4°03?10?S
137°06?57?E? / ?-4.05278, 137.11583
<http://stable.toolserver.org/geohack/geohack.php?pagename=Grasberg_mine&params=\
4_03_10_S_137_06_57_E_>,
and employs 19 500. It is majority owned through a subsidiary by
Freeport-McMoRan <http://en.wikipedia.org/wiki/Freeport-McMoRan>, based
in the United States <http://en.wikipedia.org/wiki/United_States>
(67.3%), along with its wholly owned subsidiary, PT Indocopper Investama
Corporation (9.3%), and the government of Indonesia (9.3%), and
additionally, a production sharing JV with Rio Tinto Group
<http://en.wikipedia.org/wiki/Rio_Tinto_Group> (13%). The cost of
building a mine on the mountain was $3 billion United States dollars
<http://en.wikipedia.org/wiki/USD>. In 2006, it was estimated to have
2.8 Gt (2.8 E9 tonnes) reserves graded at 1.05% copper
<http://en.wikipedia.org/wiki/Copper>, 0.98 g/t gold
<http://en.wikipedia.org/wiki/Gold> and 3.87 g/t silver
<http://en.wikipedia.org/wiki/Silver>. The 2006 production was 610,800 t
Copper, 58,474,392 g gold, and 174,458,971 g silver^[1]
<http://en.wikipedia.org/wiki/Grasberg_mine#cite_note-0> .

Point saya, ada masalah besar yang harus diurus oleh bangsa ini bagi
kemajuan bangsanya dan itu menyangkut pilihan ideologi bangsa yang sudah
tertuang di UUD1945. Kok bisa Air dikuasai oleh swasta padahal UUD yang
diatasnya tidak membolehkan. Siapa peduli? Itu yang kelihatan, bagaimna
yang tidak ? Lihat tuh perawan Natuna. Selama pemimpinnya suka harmoni
dan menjaga citra menurut penelitian A Muluk Lab Psi Politik UI (Metro),
maka sulit kiranya untuk menjaga dignity dan integrity bangsa seperti
selama ini telah terjadi. No offense dan bukan pendukung atau tim salah
satu calon. Sebagai bangsa saya malu ketika melihat perbatasan Ina
dengan Malay. Itukah wajah Ina ku yang bisa menyelenggrakan pemilu
dengan dana puluhan trilyun? Aku ingin Ina berdaulat dibidang politik,
mandiri dibidang ekonomi, dan Berkepribadian dibidang budaya dalam
menghadapi era globalisasi ini agar tetap tegar dan dihargai sebagai
sebuah bangsa yang memang pantas dihargai dan disegani.

Krian Iwan wrote:
> Masalahnya apa memang BLT itu akan dikondisikan seumur negara ini dengan arti
> lain rakyat kita kondisikan membutuhkan terus alias miskin terus ...
> Alamak kok jahat sekali kalo emang begitu maunya ...

Pojok Milis Komunitas Forum Pembaca KOMPAS [FPK] :

1.Milis Komunitas FPK dibuat dan diurus oleh pembaca setia KOMPAS

2.Topik bahasan disarankan bersumber dari http://epaper.kompas.com/ ,
http://kompas.com/ dan http://kompasiana.com/

3.Moderator berhak memuat,menolak dan mengedit E-mail sebelum diteruskan ke
anggota

4.Moderator E-mail: agus.hamonan...@gmail.com agushamonan...@yahoo.co.id

5.Untuk bergabung: forum-pembaca-kompas-subscr...@yahoogroups.com

KOMPAS LINTAS GENERASI