Assalamualaikum,

Terima kasih atas sharingnya...Hal ini tentunya sangat penting bagi kita
semua karena pernah ada kasus semacam ini. Untuk lengkapnya bisa lihat link
http://www.berita8.com/news.php?cat=2&id=22576

Januari lalu ada seorang pedagang asongan yang dijebak dan dituduh memiliki
ganja/narkoba padahal dia sama sekali tidak memiliki barang tersebut.
Pedagang tersebut diperiksa, disidik tanpa pengacara (padahal negara wajib
menyediakan pengacara) dijebloskan ke dalam penjara dan mendekam hingga 2
bulan (Maret 2010). Lalu, kasus ini ketahuan oleh salah satu Lembaga Bantuan
Hukum (LBH) yang dimiliki oleh pengacara kondang Hotma Sitompul. pedagang
ini kemudian sempat diadili namun alhamdulillah dibantu oleh tim pengacara
LBH ini secara cuma-cuma dan akhirnya menang dan bebas. Hakim kemudian
membebaskan dan merehabilitasi namanya. Polisi yang menjebak dan menyidik
"kabur" entah ke mana. Polisi ybs dipanggil hakim untuk jadi saksi untuk
dikonfrontir dengan pedagang dan pengacara pedagang ini, namun dia tidak
pernah datang. Takut kali ya (takut kehilangan pekerjaan, jabatan dan
tentunya gajinya).

Sebagai tambahan sharing aja, mudah2an hal ini tidak terjadi pada kita
semua, kalo misalnya sahabat muslim mengalami hal ini, langsung saja meminta
pengacara (kalo bisa dari LBH aja) kepada polisi. Jangan mau diperiksa
sebelum pengacara datang. Ada dasar hukum  mengenai hal ini dan itu diatur
di dalam KUHAP (tidak sedikit polisi yang tidak hapal KUHP dan KUHAP).

Semoga Allah selalu melindungi kita dari fitnah dan orang2 yang zalim...

--
Muhammad Faiz Aziz

The public will believe anything, so long as it is not founded on truth.
Edith Sitwell (1887 - 1964)

Kirim email ke