http://www.syariahonline.com/new_index.php/id/1/cn/22205

puasa ibu hamil

Pertanyaan:

Ass wrb,
Pak ustaz saat ini saya sdng hamil kedua pada trisemester pertama, apakah saya diperbolehkan tdk berpuasa sementara kehamilan semester pertama ini ada keluhan mual &muntah?apabila saya tdk berpuasa, dan saya membayar fidyah apakah saya tetap hrs membayar puasa yg sy tingggalkan, terimakasih atas jawabannya, wslm

Ummu Fariz

Jawaban:

Assalamu alaikum wr.wb.
Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua.
Saudari Ummu Fariz, orang yang berada dalam kondisi seperti Anda boleh untuk tidak berpuasa. Hanya saja apakah Anda cukup membayar fidyah atau menggantinya di hari yang lain? Dalam hal ini ada perbedaan pendapat di antara para ulama dengan melihat kepada kondisi wanita hamil tersebut.

1. Apabila wanita hamil tersebut tidak berpuasa karena mengkhawatirkan kondisi dirinya menurut sebagian besar ulama fiqih, puasanya wajib diqadha pada hari yang lain. Kondisinya disamakan dengan orang yang sedang sakit. Allah befirman, "Siapa yang sakit atau sedang melakukan perjalanan jauh, ia dapat menunaikan pada hari-hari lain." (al-Baqarah: 185).

2. Apabila ia tidak berpuasa karena mengkhawatirkan kondisi janinnya, maka menurut Ibn Abbâs dan yang lain, ia hanya wajib membayar fidyah, tanpa harus membayar puasanya di hari lain. Sebuah hadis yang berasal dari Ibn Abbâs menegaskan bahwa wanita yang sedang hamil atau menyusui tercakup dalam makna firman Allah,

"Orang-orang yang berat menunaikan puasa, maka ia wajib membayar fidyah dengan memberi makan seorang miskin." (al-Baqarah: 184).

3. Apabila ia tidak berpuasa karena mengkhawatirkan kondisi dirinya dan anaknya, maka menurut Imam Ahmad dan al-Syafi'I, ia wajib membayarnya di hari lain, tanpa perlu memberikan fidyah.

Hanya saja, menurut Syeikh Yusuf al-Qardawi, wanita yang amat subur mereka hampir tidak memiliki kesempatan untuk mengqadha puasa yang ditinggalkan dan hal itu amat memberatkan. Karenanya, menurutnya cukup bagi wanita tersebut untuk memberikan fidyah saja.
Wallahu a'lam bish-shawab.
Wassalamu alaikum wr.wb.