Assalamu'alaikum warohmatullohi Wa Barokatuh,

Insya Allah di Indonesia belum ada, yang ada baru tuduhan-tuduhan maupun celaan
yang ditujukan kepada beberapa kelompok Islam.

Adapun beberapa orang yang menyatakan bahwa sifat Khawarij yg menonjol adalah
BERSIKAP OPOSAN, MENGKRITIK atau MEMBRONTAK kepada penguasa yg shah, ini adalah
istimbath yang kurang tepat.

Sifat yang utama dari khawarij berdasarkan hadits yang shahih (telah disebutkan
pada artikel sebelumnya) adalah :

a. Bersikap keras & mencela kaum muslimin, para ulama & tokoh yang diakui
Islam, tetapi lembut dan toleran pada orang-orang kafir.

b. Menggunakan ayat & Hadits yang ditujukan kepada orang kafir menjadi untuk
menghantam kaum muslimin.

c. Bagus dalam memenuhi Hak Allah SWT tetapi jelek dalam memenuhi Hak sesama
Muslim dan sesama manusia.

Apa yang saya sampaikan ini bukan hendak mencela atau menuduh siapapun tapi
hanya sekedar saling mengingatkan kita semua khususnya saya pribadi berkaitan
beberapa sifat utama kaum khawarij.

ALLAHu a'lam bish Shawab...