subhanallah

-----Original Message-----
From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED] Behalf Of dody
Sent: Tuesday, January 02, 2007 9:41 AM
To: FUPM-EJIP
Subject: [ FUPM-EJIP ] Samuel Bidik Jilatan Api Lafal Allah dengan KameraPoket
Digital

Samuel Bidik Jilatan Api Lafal Allah dengan Kamera Poket Digital
Budi Sugiharto - detikcom

Surabaya  - Foto jilatan api pipa gas Pertamina di luapan lumpur Lapindo yang
membentuk lafal Allah dalam tulisan Arab benar-benar asli. Foto jilatan api ini
buah karya Samuel Johnson Sutanto, salah seorang pekerja di Timnas Lumpur
Lapindo. Samuel menjepret jilatan api itu dengan kamera poket digital merek
Sony.

"Saya jamin foto saya ini asli, tidak ada rekayasa digital," kata pria pemeluk
agama Katolik ini kepada detikcom, Kamis (14/12/2006).

Samuel menjepret jilatan api itu saat ledakan pipa gas Pertamina terjadi pada
22 November 2006 lalu. Dia menjepret secara asal saja. "Tapi, kok banyak
anggota Timnas menilai bahwa jilatan itu menyerupai lafal Allah," ungkap pria
berumur 26 tahun asal Tegal ini.

Pada 22 November 2006 malam, saat ledakan pipa gas Pertamina itu terjadi,
kebetulan dirinya sedang berada di jalan tol KM 40 Desa Besuki, Porong,
Sidoarjo, sekitar 700 meter dari sumber ledakan. Saat itu, Samuel yang bekerja
di bagian drainase Timnas Lumpur Lapindo itu sedang sedang memantau pembuangan
lumpur di Pond 4.

Ketika sedang serius mengetes pompa itu, Samuel dikejutkan dengan adanya
ledakan keras dari areal luapan lumpur Lapindo. "Saya tidak berpikir kalau yang
meledak itu pipa gas. Teman-teman saat itu memperkirakan yang meledak dan
terbakar itu pabrik," kata Samuel.

Lantas, dengan reflek tinggi, Samuel pun mengeluarkan kamera digital Sony 7,1
Mega Pixel dari sakunya dan memotret jilatan api itu. "Saya foto saja itu.
Kebetulan saya bawa kamera sejak siang, karena siangnya saya melakukan survei
drainase. Nah, kamera yang saya bawa itu sebelumnya saya gunakan untuk memotret
saat survei," ujar pria yang sering disapa Sonny ini. (asy/nrl)

Baca juga:

*       Samuel
<http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/12/tgl/14/time/132417/idnews/720099/idkanal/10>
 Bidik Jilatan Api Lafal Allah dengan Kamera Poket Digital

*       Lihat
<http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/12/tgl/14/time/105506/idnews/720026/idkanal/10>
 Foto Api Ledakan Pertamina, Tubuh Saya Merinding

*       Foto
<http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/12/tgl/14/time/084453/idnews/719919/idkanal/10>
 Api Ledakan Pertamina yang Berlafal Allah Itu Asli

*       Api
<http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/12/tgl/14/time/074255/idnews/719873/idkanal/10>
 Ledakan Pipa Pertamina di Lapindo Berlafal Allah & Kuda Laut