Musisi asal Bali I Gede Ari Astina atau akrab disapa Jerinx memposting
tulisan 'Apa yang saya lakukan jika agama saya dihina?'
Berikut tulisan ringkas Jerinx:

Apa yang akan saya lakukan jika agama saya dihina? Saya akan diam. Kenapa?
Karena saya percaya Tuhan maha kuasa.

Ingat ya, Bali dibom dua kali oleh orang-orang yang mengatasnamakan sebuah
agama, menganggap Bali sebuah tempat yang 'kotor dan layak dilenyapkan'.
Tapi apa yang terjadi setelah bom-bom tersebut? Enggak ada yang namanya
demo atau aksi menolak agama tertentu di Bali. Yang terjadi malah saling
bantu untuk memulihkan Bali.

Sekarang bayangkan, jika saya dan orang-orang Bali lainnya berpola pikir
"wah, agama itu memusuhi agama/budaya saya, dan agama saya mengajarkan saya
untuk membalas dendam dan membunuh orang-orang tersebut" bisa kamu
bayangkan apa yang akan terjadi?

Ya. Perang. Perang. Dan perang. Darah. Air mata. Kehancuran. Lalu? Masuklah
asing dengan propaganda 'mendamaikan' konflik dan mengambil alih semua SDA
yang dimiliki bangsa ini. Kasus seperti itu sudah banyak terjadi di belahan
bumi lain.

Dan cara yang paling gampang untuk mencegah semua itu adalah: berhentilah
menjadi pembela agama. Simpan agamamu untuk dirimu sendiri. Untuk apa
percaya Tuhan itu Maha Kuasa jika kamu masih menyangsikan kekuatanNya?

Salam Indonesia Raya!
  • [GELORA45] 'Apa yang saya lak... kh djie dji...@gmail.com [GELORA45]

Kirim email ke