Penilaian oleh Farid Gaban dlm artikelnya terlampir ini ttg sifat
pemerintahan Jokowi, saya kira lebih masuk akal sehat dari pada yang
dituduhkan oleh kelompok Amin Rais, Riziek & Co.

A.H.

------------------
http://geotimes.co.id/jokowi-amien-rais-dan-tuduhan-komunis-itu/
<http://geotimes.co.id/jokowi-amien-rais-dan-tuduhan-komunis-itu/>

Jokowi, Amien Rais, dan Tuduhan Komunis Itu

By Farid Gaban <http://geotimes.co.id/author/fgaban/>
Friday, 9 June 2017

Quote:  " ... Mengatakan Indonesia sedang menuju negeri komunis adalah jauh
panggang dari api. Ngawur dan menggelikan. Saya khawatir, Pemerintahan
Jokowi justru menunjukkan kecenderungan makin neoliberal-kapitalistik hanya
untuk menepis tudingan komunis Pak Amien Rais.
Belum lama ini Presiden Jokowi mengeluarkan statement akan “menggebuk
komunis dan ormas-ormas anti-Pancasila”. Pernyataan ini agak berlebihan dan
mengingatkan saya zaman Soeharto.

Saya khawatir, dalih komunis dan anti-Pancasila akan dipakai untuk
menggebuk siapa saja yang kritis kepada pemerintah, yang dianggap
mengganggu pembangunan dan menghambat masuknya investasi asing. Taktik
seperti itu pernah dilakukan Orde Baru.
Saya khawatir, petani Kendeng yang memprotes investasi pabrik semen
<http://geotimes.co.id/jokowi-dan-negara-yang-hilang-di-kendeng/> , nelayan
yang menolak reklamasi pantai dan teluk, atau aktivis lingkungan yang
mengecam perkebunan sawit, dibungkam dengan tuduhan komunis. Persis seperti
di masa lalu.

Tuduhan komunis yang dialamatkan kepada Presiden Jokowi pada akhirnya akan
berbalik merugikan masyarakat Muslim sendiri, yang sebagian adalah pengikut
Pak Rizieq Shihab dan Pak Amien Rais sendiri. Bukankah sebagian besar
buruh, petani dan nelayan itu Muslim?
Didesak dengan tuduhan komunis, Pemerintahan Jokowi juga bisa cenderung
menerapkan sistem kapitalistik. Padahal, sudah banyak kajian bahwa
kebijakan ekonomi yang terlalu liberal dan kapitalistik akan menciptakan
ketimpangan ekonomi. Sistem itu memperkaya yang sudah kaya dan mempermiskin
pribumi Muslim yang sudah miskin. ....  "

Selengkapnya:
  http://geotimes.co.id/jokowi-amien-rais-dan-tuduhan-komunis-itu/
<http://geotimes.co.id/jokowi-amien-rais-dan-tuduhan-komunis-itu/>

A.H.