Belum tentu benar. Malahan ada yang menulis orang bisa mati makan durian dan
cocacola. Saya makan durian dan minum fanta enggak apa2. Semuanya tergantung
badannya. Yang benar durian itu panas/yang. Makanya memang sebaiknya diimbangi
dengan yang dingin/yin seperti manggis dll.

Kalau mau makan durian yang paling hebat ya penang Malaysia. Kalau musim durian
gak usah pusing cari durian. Dimana2 dijalan2 ada gerobak jualan durian.
Biasanya turis mangkalnya di Georgetown yang termasuk world heritage site.

Musang king yang terkenal itu dry. Jadi tidak seperti kebanyakan durian yang
lembek/basah/mushy. Harganya mahal. 2 tahun belakangan ini tambah mahal. Tahun
kemarin karena banyak hujan, bunganya banyak yang mati shg tidak jadi buah.
Sedangkan permintaan dari luar negeri bertambah. Singapura dan hongkong sudah
menjadi konsumen tetap. Yang parah memang RRT yang import langsung dari
Malaysia dan Thailand meningkatkan demand durian ini.

3- 4 tahun yl masih sekitar 30 - 40 ringgit/kg. 2015 sudah 60 ringgit/kg. Tahun
kemarin naik parah ttp harganya masih tidak seragam. Kalau pergi ketempat2 asal
duriannya dan kenal sama penjualnya masih bisa dapet 60 ringgit ttp digeorge
town sudah mencapai 70 ringgit merata dan rasanya kurang dibandingkan 2015.
Tahun 2015 musang king di penang adalah yang terenak.

Ada alternative musang king ini: sultan/D24 dan XO itu enak sekali. Begitu juga
chaer phoy/green skin juga enak sekali. Harganya jauh lebih murah drpd musang
king. Dibawah ini ada ang he/red prawn, hor lor/water gourd, ling fung
jiau/pasangannya chen lung, jin feng/golden phoenix dll. Bagi saya D24 dan
chaer phoy yang paling best deal krn enak dan lebih murah dibandingkan musang
king. Durian yang paling mahal sekarang di Malaysia adalah black thorn yang
diujungnya ada benjolan hitam. Bagi saya masih kalah enak dibandingkan musang
king. Musang king memang sangat gurih shg yg paling jago makan durian juga
tidak akan bisa makan terlalu banyak durian ini krn terlalu rich/gurih rasanya.

Juga di penang kalau lagi musimnya ada buffet makan seenak2nya bayarannya
bervariasi. Ini gambaran umum di penang. Yang terkenal itu balik pulau dan bbrp
tahun ini teluk Pahang diutara sedikit dari balik pulau sangat terkenal dengan
durian. Bisa naik bis dari Georgetown ke balik pulau dan teluk Pahang yg
namanya rapid penang yg adalah system bis kedua terbaik selain kualalumpur.
Hanya ada 2 bus system di Malaysia.

Kota2 diindonesia sudah mulai tahu durian bisa menarik turis dan sdh ada kota2
dimana ada durian mulai promosi durian. Sayangnya hanya panas2 tahi ayam dan
kurang mengerti strategi dalam menarik turis. Masih perlu banyak belajar dari
penang. Orang2 penang banyak yg sadar lebih baik mendatangkan turis makan
duriannya demi keuntungan ekonomi pulaunya dibandingkan eksport durian keluar
negeri. Kebanyakan yang jagoan durian dipulau penang ini adalah orang
tionghoanya.

Jangan lupa selain makanan tionghoa dipenang ini ada makanan india islam yang
namanya nasi kandar. Luar biasa enaknya. Yang paling terkenal namanya line
clear tetapi harganya double buat orang asing. Ada yang lain2 yg lebih kecil
juga enak seperti: hameediya dan beratur yang bukanya malam s/d pagi. Lokasi
ketiga restoran ini berdekatan di Georgetown. Masih ada restoran nasi kandar yg
kecil2 tetapi kurang dipromosi dan hanya dikenal orang penang yg hargnya lebih
murah.

Segitu dulu

Nesare