Penjelasan atas kesalahpahaman yang timbul

akibat pemostingan 6 artikel anti-Tiongkok

Dengan kata pengantar:

<<Haters gonna hate, hate, andhate.  Wherever, whenever!

Dua artikel konsumsi untuk para Tiongkok-haters dan/atau Tiongkok-hyperhaters.

Suka, ya dibaca. Tidak suka, ya dihapus. Zo simpel is het!

Diskusi? Geen sprake van! No way!

Tidak ada keinginan saya ke arah itu. Walau sedikit pun! Membuang-buangenergi
voor niks! >>

pada 21 November 2018 saya telah memposting dua artikel ke GELORA45. Yangsatu
berjudul:

“Awas, Bahaya Kuning dari Utara” [ 1 ]

12 Juni 2015 | Diperbarui: 17 Juni 2015. Tulisan A Baybar Roodee.

dan yang lain berjudul:

“China Lagi, China Lagi, Sri Bintang Pamungkas Ungkit Ini Dalam GerakanTolak
Jokowi Jadi Presiden 20...” [ 2 ]

8 months ago. [Terhitung dari 21 November 2018,NRY]. Tulisan Xhardy.

Kemudian, dengan kata pengantar:

<<Artikel konsumsi untuk para Tiongkok-haters/-hyperhaters.

Suka, dibaca. Tidak suka, dihapus. Zo simpel is het!

Diskusi? Hal itu tidak saya kesampingkan, asal saja diskusi dilakukandi atas
dasar kesepakatan ”Bersepakat mungkin tidak bersepakat”.>>

pada 25 November 2018 saya memposting artikel berjudul:

“KE ARAH KOLONIALISME CHINA (Lewat Kemenangan Jokowi 2019)” [ 3 ]

By: Bapak Republik@PendiriRepublik. 6 April 2018. Dishare Abdul Kholik. 07
April 2018.

Sementara itu, pada tanggal yang sama (yaitu 25 Nov. 2018), dengan
katapengantar sebagaimana kata pengantar artikel “KE ARAH KOLONIALISME CHINA
(LewatKemenangan Jokowi 2019)”, saya memposting artikel berjudul:

“PENJAJAH KUNING SEDANG MENGINTAI INDONESIA (Law-Justice.co)” [ 4 ]

Ali Mustofa. 18 Maret 2018. Dishareoleh Abdul Kholik. 25Maret 2018.

Seterusnya, pada tanggal yang masih sama (yaitu 25 Nov. 2018), dan dengankata
pengantar sebagaimana kata pengantar artikel “KE ARAH KOLONIALISME CHINA(Lewat
Kemenangan Jokowi 2019)”, saya memposting artikel berjudul:

“IMPERIALISME CHINA” [5 ]

Bapak Republik@PendiriRepublik. 31 Maret 2018.  Dishareoleh Abdul Kholik. 31
Maret 2018.

Lebih lanjut, pada tanggal yang masih tetap sama (yaitu 25 Nov. 2018),serta
dengan kata pengantar seperti kata pengantar artikel “KE ARAH KOLONIALISME
CHINA (Lewat Kemenangan Jokowi2019)”, saya memposting artikel berjudul:

“CINKOLIM” [ 6 ]

Dikutip dari: KAMUS GESTOK. H e r s r i  S e t i a w an. Cetakan I, September
2003. Penerbit: Galang Press (Anggota IKAPI). Jl. Anggrek 3/34 Baciro
BaruYogyakarta 5522.

Sebagai reaksi terhadap artikel “IMPERIALISME CHINA” Bung Tjaniago menulis sbb:

<<Hello Mister Noroyono,

Sebelum Anda memberikan Titel "IMPERIALISME CHINA" kepada RRT,saya usulkan

Anda untuk memberikan pengertian yang ilmiah tentang Apa itu Imperialisme?Dan
kemudian Anda lihat perkembangan atau expansi Imperialisme USA, denganbasis
militer di 39 Negara, yang melebihi dari satu juta Serdadu Pentagon,untuk
melekukan perampokan diseluruh Kontinent: perampokan dari
perstuanMonopolkapital Raksasa USA. R.I.selama setengah-abad ini telah menjadi
vasalrepublik Imperialisme USA. Apakah RRT berbuat yang seperti itu?.

Menghadapi expansionisme IUSA, hanya bisa dengan kekuatan Militer
yangsama,perekembanga/kekuatan perekonomian yang sama dan untuk itu Hi Jinping
harus berbuatsemua kemungkinan supaya dominasi perampokan USA harus dihentikan;
dan ituhanya bisa RRT dan Russia. Atau menurut Anda RRT dan Russia juga telah
sepertiimperialisme USA,merampok di R.I?  Putinmelepaskan Utang R.I.. sejumlah
3Milliard USDollar, apakar USA akan berbuatdemikian? RRT membantu membangun
Perekonomian di Centar Asia, USA merampok diCentral Asia!, etc.

Justru itu Analisa sebaik mungkin, Anda toch seorang Sarjana Tinggi,
dalamSituasi Internasional yang dalam Kriasis Civilizasi Dunia yang bajam.

Best regards,

Tjaniago>> [28/11/2018. Huruf miring, modifikasi oleh NRY.]

Tanpa maksud mengurangi rasa hormat, namun saya sungguh berharap agar
BungTjaniago berkenan melihat kenyataan bahawa artikel "IMPERIALISME
CHINA”,baik titel maupun isinya bukan produk pemikiran saya. Saya tidak punya
kaitanapa pun dengan baik titel maupun isi artikel tersebut. Artikel tsb
ditulis oleh (orang yg mengaku bernama)“Bapak
Republik@PendiriRepublik”(31/03/2018), kemudian dishare oleh(orang yg mengaku
bernama) ”AbdulKholik” (31/03/2018), dan selanjutnya dipostingoleh Noroyono
(25/11/2018) keGELORA45. Sangat disayangkan, alih-alih melihat dengan cermat
fakta bahwa sayahanyalah pemosting belaka, BungTjaniago malah memosisikan saya
sebagai penulis/perancangtitel artikel "IMPERIALISME CHINA” yang bersifat
sangat anti-Tiongkokitu. Sorry dengan berat hati harus saya kemukakan di sini,
pemosisian BungTjaniago itu sangat mengecewakan saya, karena pemosisian tsb
secara diametralbertentangan dengan kenyataan bahwa sayabukan elemen pembenci
Tiongkok.

Belum lagi reda kekecewaan saya tersebut, datang satu reaksi lagi dari Bung Jo
yang rada-rada menyerempet sayasbb:

<<Saya setuju dgn tulisangeopolitik dari DR. Tjianago. AS cuma bisa ditandingi
dgn. kekuatan yg samayaitu ekonomi dan militer. Kekuatan ekonomi Tkk sudah ada
tetapi kekuatanmiliternya belum sekuat AS. Namun kekuatan militer Tkk akan bisa
menandingi ASdi masa depan yg dekat. Sekarang cuma Rusia yg bisa menandingi
kukuatan militerAS. Maka dari itu kalau Tkk dan Rusia bisa saling
menolong/bergabung AS bisaditandingi/dijinakkan.

BH Jo>> [28/11/2018. Huruf miring, modifikasi oleh NRY.]

Kendatipun tidak sama persis dengan reaksi Bung Tjaniago dan Bung Jo, namun
BungJonathan dengan gaya yg dapat ditafsirkan sebagai “sudah gaharu cendana
pula” telah memberi reaksi atas artikel"IMPERIALISME CHINA” sbb:

<<Bung Noroyono, selain artikel konsumsi Tiongkok haters/hyperhatersapakah ada
juga artikel konsumsi untuk para Amerika, kapitalis, komunis,sosialis, Rusia,
Indonesia, demokrasi, Islam, Kristen, dll.haters/hyperhaters>> [28/11/2018.
Huruf miring,modifikasi oleh NRY.]

Dengan mengalamatkan berbagai reaksi tersebut di atas kepada saya, menuruthemat
saya, Bung Tjaniago, Bung Jo dan Bung Jonathan telah mengirim paket ke alamat
yang salah. Mengapa? Karena,seperti sudah dikemukakan di muka, saya bukan
seorang Tiongkok-hater, apalagi Tiongkok-hyperhater.

Sekurang-kurangnya ada dua pernyataan saya yangmendukung hal itu:

1) <<Namun tentu saja perlu saya tegaskan, saya bukan musuh Tiongkok. Saya
bukan termasuk mereka yg menginginkanTiongkok yg lemah, kacau balau, dilanda
demoralisasi, diterpa defaitisme --suatu situasi dan kondisi yg senantiasa
diimpikan musuh musuh Tiongkok.>>[Komentar atas  artikel “Dalam 30 Tahun, China
Kurangi Orang MiskinSetara Penduduk RI”. 14 Sep 2011. noroyono1...@yahoo.com
[GELORA45] <GELORA45@yahoogroups.com>29/06/2018. Huruf tebal, modifikasi khusus
untuk tulisanini.]

2) <<Menurut hemat saya, munculnya senjata nuklir tidak menjadikanPerang Dunia
III sebagai sebuah kemustahilan. Walau bagaimanapun kecilnyakemungkinan pecah
PD III, tapi "kemungkinan" biar bagaimanapun tidaksama dengan "kemustahilan".
0,0000000000000   01 ≠0. Saya sepenuhnya dapat memahamikebijakan militer yg
ditempuh RRT (PKT) saat ini. "Si vispacem, para bellum"!!!>> [Komentaratas
artikel “Tiongkok Bukan Musuh AS”. 2018-10-09.noroyono1...@yahoo.com [GELORA45]
<GELORA45@yahoogroups.com> 29/10/2018.Huruf tebal kalimat “Saya sepenuhnya....
saat ini”, modifikasi khusus untuk tulisan ini.]

Pertanyaannya sekarang ialah: Jika saya memangbukan seorang Tiongkok-hater,
lalu untuk apa saya memposting 6 artikel berwatak anti-Tiongkok? Saya lakukan
hal itu tentu saja dengan suatu tujuantertentu. Namun pertama-tama perlu saya
jelaskan bahwa saya menyertakan katapengantar di setiap postingan adalah dengan
maksud untuk menghindari kesanseakan saya sependapat dengan artikel yg saya
posting. Adapun tujuan sayamemposting 6 artikel tsb di muka adalah untuk
mendapatkan penjelasan dari para Tiongkok-haters/-hyperhaters GELORA45:Apa
sejatinya perbedaan dan/atau persamaan antara “IMPERIALISME TIONGKOK” versi
Tiongkok-haters/-hyperhaters GELORA45 dengan“IMPERIALISME TIONGKOK” versi
ABaybar Roodee,  SriBintang Pamungkas, “Bapak Republik@PendiriRepublik”,
“AbdulKholik”, “Ali Mustofa”, harianBerita Yudha, harian Api Pancasila
dankelompok reaksioner Indonesia lainnya?

Sementara itu, taruhlah penjelasan terkait“IMPERIALISME TIONGKOK” dari kaum
Tiongkok-haters/-hyperhaters yg saya cari tsbternyata berhasil  saya peroleh,
lantas aparespons saya terhadap penjelasan tsb? Yang pasti saya tidak akan
mengimbau, apalagi memaksamereka -- yg dalam memandang PKT/RRT, secara prinsip
bertentangan dengansaya itu -- “memotong jari-jari kakinya” agar pas dengan
ukuran sepatusaya. Namun dalam pada itu, perlu jelas pula, bahwa saya juga
tidak sudidiperintah “memotong jari-jari kaki saya” agar pas dengan ukuran
sepatumereka. Sayaadalah saya. Saya adalah orang merdeka. Sepanjang tidak
bertentangan denganketentuan-ketentuan yang berlaku di GELORA45, saya punya hak
untuk menentukansendiri apa yg saya tulis/posting di Milis ini. Untuk
menulis/memosting sesuatudi GELORA45, saya tidak membutuhkan izIn, restu,
fatwa, nasehat, petunjuktertinggi (最高指示, zuìgāo zhǐshì) dari siapapun, termasuk
darisales-consultant perusahaan multinasional. Bisa saja terjadi, seseorang
adalah baasdi sebuah perusahaan multinasional. Namun di sini, di GELORA45,
tidak ada baas,apalagi “baas boven baas”! Kita semua sederajat di sini.
我们在这里都是平等的! (Wǒmen zài zhèlǐ dōu shì píngděng de!)

Beberapa tahun yg lalu seorang bernama JULIUS GUNAWANmenulis di GELORA45 sebuah
artikel berjudul Tiongkok Hari Ini Tentu Saja Bukan Lagi “Orang Sakit Di Asia
Timur”AbadKe IXX. Ada bagian dari artikel tsb yg menarik bagi saya.
Sayasependapat dengan isi bagian yg menarik tsb. Berikut adalah bagian yg
sayaanggap menarik tsb:

<<Dalam rentang waktu beberapa dasawarsa,dikarenakan syarat-syarat sejarah yang
ada, Tiongkok tidak mampu memberikanrespons yang semestinya terhadap kepungan
strategis Amerika. Seiring dengansemakin canggih angkatan bersenjatanya,
wajarlah apabila Tiongkok berupayamenjawab kepungan Amerika tersebut. Defensif
pasif, mendekam di dalam “rumah”,bukanlah jawaban atas kepungan semacam itu.
Itu adalah tindakan menyerahkankepala kepada lawan. Defensif aktif, keluar dari
pagar “rumah”, berupaya dengansegala cara menerobos kepungan – itulah jawaban
yang tepat.

Pakar ilmu kemiliteran Tiongkok kuno Sun Wu Tzu –yang tesisnya dikutip Mao
dalam On Contradiction -- mengatakan: "Know theenemy and know yourself, and you
can fight a hundred battles with no danger ofdefeat". [Mao Zedong, On
Contradiction, August 1937]. Dan dalam tulisannyayang lain, Mao menulis:  “The
basicprinciple of war is to preserve oneself and destroy the enemy” [Mao
Zedong,Problems of Strategy in Guerrilla War Against Japan, May 1938].

Agar dapat “menghancurkan lawan” dan “melindungidiri sendiri”, Tiongkok
haruslah terlebih dahulu “mengenali lawan”-nya secararelatif komprehensif dan
akurat. Pengenalan seperti itu tidak mungkin diraupmanakala Tiongkok tidak
keluar dari pagar “rumah”-nya. Namun pengenalan sepertiitu barulah menjawab
satu aspek dari permasalahannya. Aspek lain yang harusditangani Tiongkok ialah
menindaklanjuti pengenalan tersebut dengan menempatkankekuatan pemukul
(striking force) pada posisi yang tepat di luar pagar“rumah”-nya. Hanya dengan
taktik dan strategi demikian, barulah Tiongkokmempunyai kemungkinan untuk
“menghancurkan lawan”dan “melindungi diri sendiri”.

Maka, apa yang dilakukan Tiongkok, yaitu terusmeningkatkan kehadiran dan
kekuatan pemukul militernya di Laut Kuning, LautTiongkok Timur dan Laut
Tiongkok Selatan, menurut hemat saya adalah suatutindakan yang bijaksana.
Negara mana pun, yang dalam posisi terkepung sepertidialami Tiongkok, pasti
juga akan mengambil langkah-langkah militer sebagaimanayang diambil oleh
Tiongkok saat ini.>>

Kirannya perlu saya tambahkan di sini,propaganda anti-Tiongkok seperti “Awas
imperialis Cina”, “Awas ekspansionisCina” – yg dimotori Amerika Serikat --
sudah saya dengar sejak saya masih teenagerpuluhan tahun yg lalu, kendatipun
ketika itu Tiongkok relatif masih lemahsecara ekonomi & militer. Apa hendak
dikata, perputaran roda sejarah takseorangpun bisa menyetopnya. Dalam dasa
warsa terakhir, Tiongkok telah membuatkemajuan yg mencengangkan di bidang
ekonomi dan militer. Faktor Tiongkok dipercaturan ekonomi-politik-militer dunia
tidak bisa lagi dilihat dengan sebelahmata. Apabilasaya mempercayai
dongeng-dongeng cliché “Awas imperialis Cina!”, “Awas ekspansionis Cina!”, maka
sama saja saya mempercayai dongeng “Awasbahaya aseng!”, yang mana merupakan
sebuah seruan histeris ditujukan kepadasuku bangsa Tionghoa yg dilontarkan
sementara orang lantaran kalah dalampersaingan di arena ekonomi-pasar. Bagi
orang yg sedikit saja mengenal politik(seperti saya) tahu persis bahwa yg
dimaksud dengan “Asing” adalah RRT, dan ygdimaksud dengan “Aseng” adalah suku
Tionghoa – yg notabene merupakan salah satukomponen bangsa Indonesia,
sebagaimana halnya suku suku lainnya inklusif sukuJawa dari mana saya berasal.
Saya sendiri mendefinisikan etnisitas (etniciteit)diri saya sebagai (100-x)%
Jawa, dimana 0<x<100.

Rakyat Indonesia dan rakyat Tiongkok adalahsama-sama rakyat Asia korban
kolonialisme/imperialisme. Kedua rakyat harus danbisa bersahabat. Baku hantam
sesama rakyat Asia korbankolonialisme/imperialisme, selain merugikan kedua
pihak yg berbaku-hantam,hanya menguntungkan pihak ketiga yg memang sangat
piawai dalam "memancingdi air keruh". Di masa lampau, Indonesia mempunyai
hubungan bersahabatdengan Tiongkok. Ke depan, demi kepentingan kedua negara &
kedua rakyat,hubungan persahabatan Indonesia-Tiongkok yg ada saat ini, harus
tetapdipertahankan. Semua masalah yang ada atau mungkin terjadi adalah urusan
internrakyat-rakyat Asia korban kolonialisme/imperialisme. Semua masalah
seperti ituharus dan pasti bisa diselesaikan di atas dasar Dasa Sila Bandung.
Asiafor Asians. Let the Asians solve their own problems without the
interference ofoutsiders. Yankee go home. Mind your own bussiness!

Semoga dengan uraian di atas, kesalahpahaman ygtimbul akibat pemostingan 6
artikel anti-Tiongkok, terhapus.

Salam disertai harapan semoga segala yg terbaiksenantiasa bersama kita –
pengguna GELORA45.

Noroyono

03/12/2018

Kirim email ke