Bung Jo,
Ya, saya, Tjoan Gie dan istrinya, Tjie Lie satu angkatan.
Hanya di tingkat akhir kami memilih jurusan berbeda.
Saya ambil  Asdvanced unit Processes di bawah Prof. Sumantri Brojonegoro,
ayah dari menteri Brojonegoro sekarang.Waktu itu dia dekan kami. Belakangan
jadi rector. Luar biasa sih tidak. Yang hebatnya justru kepala laboratorium
Advanced Unit Processesnya, Ir. Tjiook Tiauw Poo. Kuliahnya sangat bagus,
berdasarkan hasil-hasil experiment, yang dibahas sangat mendalam. Saya jadi
asistennya, belajar banyak, mesti mempelajari dulu experimen2 yang akan
dilakukan mahasiswa-mahasiswa. Lab. kami buka sampai malam hari, supaya
mahasiswa bisa cepat selesai.
Tjoan Gie ambil unit operation di bawah Dr. Heath dari Kentucky Contract
Team.
Tjie Lie ambil Kimia Industri di bawah Ir. Tjiook Tiauw Kien, yang anggota
dari Badan Perencana Negara. Ini juga kuliahnya bagus sekali. Kita betul2
dihadapkan pada permasalahan industri.
Tjie Lie kemudian ambil PhD nya di Jerman, Karlsruhe.
Terakhir mereka bawa Hock Tong dan istri yang ke mereka dulu..
Hock Tong dan istri nginap di kami. Satu teman lain dari Berlin dengan
istri juga.
Tjoan Gie dan Tjie Lie kami minta supaya nginap di nichtnya, yang tinggal
satu flat dengan
kami.
Waktu itu istri saya ulang tahun 75.
Menantunya Tjoan Gie, orang Jerman bisa omong 11 bahasa, bisa Mandarin,
bisa bahasa Belanda.
Dulu saya kira tante saya hebat sekali, bisa 7 bahasa. Ternyata sekarang
banyak yang melebihi.
Salam,
KH

Pada tanggal Kam, 20 Des 2018 pukul 18.15 b...@yahoo.com [GELORA45] <
GELORA45@yahoogroups.com> menulis:

> Bung Djie,
>
> Penemuan/isolasi graphene pernah memberikan Hadiah Nobel pada 2010 kepada
> Andre
> Geim <https://en.wikipedia.org/wiki/Andre_Geim> and Konstantin Novoselov
> <https://en.wikipedia.org/wiki/Konstantin_Novoselov> dari the University
> of Manchester <https://en.wikipedia.org/wiki/University_of_Manchester>.
>
> Apakah graphene bisa memberikan Hadiah Nobel lagi dimasa depan dgn. hasil
> riset cemerlang dari Cao Yuan, kandidat PhD dibidang Fisika di MIT, yg
> tentunya bisa berguna utk penggunaan teknologi baru bagi umat manusia?

> [...]

Kirim email ke