-------- Forwarded Message --------
Subject:        Re: [GELORA45] Re: Keadaan Tiongkok sekarang ini.
Date:   Sat, 9 Nov 2019 09:03:50 +0800
From:   ChanCT <sa...@netvigator.com>
To:     GELORA45@yahoogroups.com, b...@yahoo.com

Hahaaa, ... baguuus bung Jo! Sambil melancong bisa mengangkat kebaikan/kehebatan perkembangan pembangunan yang terjadi di Tiongkok, .... Saya sendiri yg semula berkeinginan melancong melihat beberapa negara Skandinavia gagal karena grup tour dimana saya daftar tidak terbentuk, kurang orang dan kami diminta pindah ke group lain. Akhirnya istri memilih lihat Eropah-timur, Hongaria, Slavia, Austria, Cheko, dan Berlin, ... baru saja beberapa hari yl. masuk rumah kembali.

Saya perhatikan, istana raja2 Hongaria ratusan trahun yl di Budapest yang kami kunjungi itu, tidak kalah indah dengan istana raja di Austria, dan keindahan pesisir sungai Donao yang diperlihatkan juga di Hongaria, kata guide kami di Hongaria itulah yg terindah! Atau barangkali ada kw2 yg pernah menyusuri sepanjang sungai Donou itu dan bisa membandingkan menurut apa yang pernah dilihatnya.

Tapi, dari keindahan dan kemewahan istana/gereja di Hongaria dan Austria yg saya lihat, ... kok sepertinya ratusan tahun yl. Hongaria tidak kalah hebat dengan dunia barat! Tapi kenapa setelah PD-II dibawah kekuasaan Komunis jadi merosot, kalah jauh dengan dunia barat dan akhirnya KALAH dan kembali jalankan sistem kapitalis??? BUKANKAH ini membuktikan *ADA KESALAHAN* dari sistem sosialisme yg dijalankan!

Makin nampak jelas *KEBENARAN* koreksi Deng dengan "REFORMASI dan KETERBUKAAN" menempuh Jalan Sosialisme berkarakter Tiongkok! Hanya dalam perjalanan 40 tahun terakhir ini berhasil mengejar ketertinggalan Tiongkok! Deng yang berani memadukan keunggulan sistem sosialisme dengan sistem kapitalisme, mewujudkan ekonomi pasar-sosialisme nya sendiri, dengan cara dan jalannya sendiri membangun masyarakat adil dan makmur. Bukan saja segera akan berhasil membebaskan 1,4 milyar rakyatnya dari kemiskinan, tapi telah berhasil menciptakan lebih 400 juta rakyatnya memasuki klas-menengah yang cukup makmur.

Sepanjang perjalanan, yang sangat berbeda saya perhatikan, dibanyak WC-umum di Eropah-timur itu harus bayar, antara 0,5 s/d 1 euro sedang di Tiongkok pada umumnya BEBAS, gratis! Kabarnya hanya dibeberapa WC harus bayar! Jadi, selama seminggu di Eropah-timur itu saya harus bayar lebih 10 euro utk kencing, ...! Bukan main, hampir 100$HK hanya untuk kencing saja, ...!

Disepanjang perjalanan, karena sudah memasuki musim dingin, jadi tidak berhasil melihat kesuburan ladang disana, ... tapi yang sangat mencolok berbeda dengan jalan tol di Tiongkok, pada umumnya jalan tol di Tiongkok terang-benderang, bahkan banyak yg sudah gunakan energi matahari/angin, sedang di Eropah banyak yang gelap-gulita, bahkan sesaat mau masuk Berlin juga gelap gulita, lha, di sana belum jam 5 memang juga sudah gelap! Bukan karena belum nyalakan lampu dijlan, tapi karena memang TIDAK ADA lampu yg bisa dinyalakan! Begitu juga di Berlin nya sendiri, saya perhatikan banyak jalan jadi remeng-remeng romantiiiisss! Hehehee, ...

Sementara sekian saja sedikit komentar tambahan saya, ...