Sekelumit kenangan pribadi:

Selagi duduk di Sekolah Dasar, murid-murid dengan bersepeda atau membonceng
- bagi yang tak mempunyainya, berarak menuju desa Mlati - sebelah utara
Yogyakarta. Di situlah dimakamkan dr. Wahidin Soedirohoesodo salah satu
tokoh Boedi Oetomo. Dalam sejarah Indonesia diajarkan Boedi Oetomo adalah
organisasi yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908.  Bagi saya tertancap
tiga nama tokoh, dr.Wahidin Soedirohoesodo, dr. Soetomo dan dr. Cipto
Mangoenkoesoemo dan bahwa mereka mempunyai pemikiran yang nasionalistis
yaitu mempersatukan orang Indonesia secara luas - begitulah ajaran guru.
Maka sepatutnyalah tanggal 20 Mei dinyatakan sebagai Hari Kebangkitan
Nasional.

Lepas dari penelusuran perkembangan Budi Utomo itu sendiri, saya menghormati
jasa mereka, semangat untuk  mempersatukan bangsa yang dirasakan tetap
relevan dan penting dewasa ini.

Salam,

Titiek Maslam

Kirim email ke