kenapa ya, setiap isu pemekaran daerah dimunculkan,
yang menjadi alasan adalah demi kesejahteraan
rakyatnya. ditambah, dengan menyebutkan SDM-SDM lokal
yang dianggap mampu membawa daerah baru menjadi lebih
baik dan bisa mensejahterakan rakyatnya.
alasan pemekaran untuk mensejahterakan rakyat membuat
saya teringat dengan bahasa garis-garis besar haluan
negara (GBHN). meski sudah 60 tahun bangsa ini
merdeka, toh belum bisa mewujudkannya.
seolah-olah, pekerjaan untuk mensejahterakan rakyat
itu teramat mudah. cukup dengan memekarkan daerah,
rakyat bisa sejahtera. padahal, saya melihat,
pemekaran daerah selama ini hanya demi kepentingan
politik, dan dampak yang lebih parah adalah terjadi
pemborosan dana birokrasi. tak heran bila jusuf kalla
meminta daerah-daerah untuk memekarkan diri. karena
dihitung-hitung dari anggaran, ternyata telah terjadi
pembengkakkan. rakyat pula yang dirugikan.
alasan satu-satunya pemekeran daerah yang bisa saya
terima sampai saat ini adalah, memperpendek jalur
pelayanan untuk masyarakat. dengan pemekaran,
diharapkan masyarakat bisa cepat terlayani. bila ini
alasannya, maka tidak perlulah menyebut nama-nama sdm
lokal yang dianggap mampu untuk mengurusi itu semua.
sdm biasa-biasa saja, putra daerah atau bukan, saya
pikir banyak orang yang mampu untuk melakukannya.
yang penting menurut saya, untuk prima melayani
rakyat, seorang pempimpin harus selalu bisa bertemu
dan berdialog dengan rakyatnya. dengan cara itu,
insyaallah pemimpin tahu apa keinginan rakyatnya, dan
rakyat juga tahu sejauh mana kemampuan pemimpinnya.

salam
iing

=== message truncated ===

Looking for last minute shopping deals?