kemarin ada sms masuk ke handphone saya, dari mantan
"anak buah" saat masih di gorontalo post dulu. isinya:
kenapa memosting email berjudul "saya lelah jadi
wartawan"? lalu dia pun bertanya: apakah saya lelah
jadi wartawan? atau ini cuma sindiran bagi
wartawan-wartawan di gorontalo?

saya jawab, postingan "Saya Lelah Menjadi Wartawan"
memang sebuah realitas. Beberapa wartawan senior, tahu
akan hal itu. Bahkan tampak asyik dengan situasinya.
Sekarang tinggal publik yang menilai, ada media yang
memang isinya: "pesanan" atau medianya independen,
tapi: "tulisannya pesanan". tapi, ada juga media yang
benar-benar independen. (bung rhoma, eh bung verri,
tahulah media-medianya).

tetapi kalau dianggap sebagai sebuah sindiran, ya
tidak masalah. anggap saja email tersebut sebagai
upaya untuk "menyadarkan" kembali, sekaligus sebagai
inspirasi untuk memompa semangat dan bertahan untuk
menjadi wartawan.

saya sendiri masih tetap bangga jadi wartawan. Saya
bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama
generasi penerus untuk mengubah budaya di negeri ajaib
ini lewat media. saya juga bisa berbagi ilmu. saya
sedang menjadi konsultan pada divisi news cirebon tv
(ctv), yang kebetulan milik kakak sendiri. ada juga
tawaran menjadi dosen jurnalistik di univ muhammdiyah
cirebon.

Bagi wartawan yang masuk di grup-grup media besar,
menjadi wartawan memang mengasyikan. Mendapat undangan
liputan keluar negeri atau tugas khusus ke beberapa
negara, misalnya even internasional di beberapa kota
di Indonesia.

soal penghasilan, saya pikir (kalau belum cukup) ada
pintu-pintu lain untuk mendatangkan rejeki bagi
keluarga. ada yang jadi dosen, bahkan bung verri
katanya siap jadi nelayan. saya sendiri, sekarang
nyambi berkebun mangga. eh belum lama ini, saya juga
mendapatkan rejeki tak terduga, dari juara tiga lomba
menulis tentang toko ritel alfamart secara nasional.

untuk semua itu, tak harus menggadaikan profesi
wartawan kan?

iing

Be a better friend, newshound, and