-----Original Message-----
From: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of R. H. Uno
Sent: Tuesday, January 01, 2008 1:59 AM
To: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Subject: RE: [GM2020] Re: Kritik, Tapi Untuk OH, Kali Ini Saja.

Halo bung Sur yang menuntut ilmu di negeri Fir'aun,

Setelah berkali-kali salah interpretasi cengkok2 pengertian mengenai
menggabungkan solat Lohori dan Asyari di hari wukuf..saya "reformasi"
lagi pertanyaan saya untuk mencari logika apa yang bisa mendekati
pertanyaan saya ketika itu kepada akhli Fiqh terkenal, Prof. Ali Yaffie
sbb:
Prof, saya ini pengeeen sekali sebelum besok pergi wukuf ke Arafah,
ingin tahu mengapa Allah SWT setelah memperlihatkan semua lambang2
kebesaranNYA yang berpusat di Kaabah dan sekitarnya, setelah melakukan
"semua" syarat2 ritual seperti tawaf, mengulangi penderitaan Sitti
Hajjar dengan berSa'I etc.etc..eh .seolah Allah SWT bersabda :bukan itu
saja uutiliyo monu, blum cukup kalo mo dapa gelar Hi. dan Ha..
 Lalu  pak Prof. , kiapa torang diwajibkan solat ditenga panas
matahari,ditenga padang gersang, baru mo dapa titel itu ( pikiran hati
kecil saya : so bayar puluhan juta lei untuk jadi jamaah, so kase
tinggal keluarga, so mati2 baku ruju waktu tawaf dan Sa'I, kapala lei so
logas dicukur riki maso angin, riki ta bengko itu panta leher mo coba ba
cium itu Hajjar Aswad, sandal baru so ilang lei, ditriaki asykar
hajji.hajji ente salah jalan.aduuuh pe siksa skali ini.)
 Pertanyaan besar apa kira2 yang Allah SWT ajukan  sebagai ujian
terakhir untuk bisa lulus dan bisa dapat gelar bukan drs.Ag., bukan
Ph.D, bukan Ir. tetapi kebanggaan dan kebahagiaan boleh menyandang gelar
Hi. Dan Ha.(kelaziman di Gtlo menulis gelar haji dan hajjah)??.... Dan
bagi orang2 yang ngotot bertanya seperti saya, rationale apa KIRA2 yang
terkandung dalam perintah solat dihari wukuf di Arafah? Dalam bahasa
Polahi : What is the essence of doing one's prayer in the heat of the
day, on the scorching sand..a far cry from the beauty and the happiness
spending time at the Ka'abah? Why does ALLAH SWT order one to perform
it? What does  ALLAH SWT want to know from you? Hilaa bilehe'u mayi yi'o
hemo tabiya, sabda Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.demikianlah
seolah-olah kejadiannya menurut imajinasi saya .

Lama sekali Prof. Kiayi Ali Jaffie berpikir.

Saya di milis ini hanya ingin mengajak teman2 ikut berpikir  mengenai
hal ini,opini apa yang anda punyai  agar supaya at least saya bisa
belajar dan barangkali kawan2 lain juga.

Wass.OH