Subject: [GM2020] Re: Bisakah Tiada Dusta diantara Kita [3]
Date: Tue, 22 Jan 2008 10:43:39
From: M. Iqbal Makmur <[EMAIL PROTECTED]>
To:  <gorontalomaju2020@yahoogroups.com>

            Bismika allahumma ahya..wassamai. .walbashari. .warahmatallilal
amiin..

Subhanallah, Dinginnya udara yang hampir mencapai 0 derajat diluar
bisa dihangatkan oleh postingan bung imusafir yang sangat sarat
dengan argumen2 berdasarkan fakta2 ilmiah yang validitasnya sangat
akurat dari Amran Nasution. Rasanya saya jadi malu berkomentar
meskipun saya juga pernah membaca beberapa buah buku yang sudah
disebutkan dalam referensinya Amran Nasution tadi termasuk sejarah
perang sipil di Amerika yang pernah melahirkan istilah yankee
(sekarang menjadi simbol salah satu tim anggota liga NFL di Amerika).
Bagaimana radikalnya Ku Klux Klan yang bahkan pernah menempelkan
stiker2 di toilet2 Amerika yang bertuliskan : Negro dan Anjing
dilarang masuk. Atau bagaimana pengaruh lobby yahudi dalam
pengambilan keputusan strategis di house of representatif bahkan
sampai ke Oval Office. Tidak mengherankan, Allah pun mereka lobby
melalui Nabi Musa as sebagaimana diceritakan dalam peristiwa sapi
betina (Al Baqarah)

Saya jadi ingat sejarah bangsa Aceh yang sangat sulit ditundukkan
Belanda pada waktu itu yang kemudian dikirimkanlah Snouk hurgronje
untuk mempelajari Islam dan seluk-beluk budaya masyarakat Aceh.

Saya juga ingat pasca perang shiffin (tolong dikoreksi kalau salah
Ustad Mansur) ketika Abu Musa Al asyari dari pihak Aisyah ra berhadap-
hadapan dengan Marwan bin Hakam dari pihak Muawwiyah.

Figur-figur Thomas Jefferson, S. Hurgronje, Marwan Bin Hakam, George
Bush, George Soros, Condoliza Rice, Tony Blair, Salman Rushdie,
Perves Musharaf akan terus bermunculan seiring dengan perkembangan
zaman, pergolakan arus pemikiran dan hiruk pikuk perebutan pengaruh
dan kekuasaan. Saya tidak berani memasukkan Ulil,luthfie, moqsith dkk
nya dalam daftar diatas karena kapasitas saya tidak cukup untuk itu.

Kita hanya bisa berdoa semoga teman-teman, saudara-saudara kita yang
diberikan kelebihan Allah berupa pemahaman yang kuat serta ilmu yang
dalam  akan dipelihara dari bisikan iblis yang begitu manis tapi
menyesatkan.

Untuk skala Gorontalo kita tidak perlu khawatir, ada Ustad
IwanMusafir, Ustad Mansur Martam, Ustad Lutfi Kobisi, Kiyai John
Pomalingo, Om Hengky dan lain2 yang bisa menjadi penasihat spiritual
GM2020. Amien..

yorishiku onergaishimasu, gambarimasyou.

Wassalam,

Iqbal, yg lagi kedinginan.. hiiiiii.. .

--- In gorontalomaju2020@ yahoogroups. com , "imusafir" <[EMAIL PROTECTED] .>
wrote:

> [...]
> tiba-tiba saya sangat kaget, ketika di akhir tulisannya Ulil
memberi
> saya ''bonus'' dengan menyamakan Nabi Muhammad SAW dengan Thomas
> Jefferson, dalam urusan budak.
>
> Ulil menulis, Sekadar ''bonus'': Amran menyebut Thomas Jefferson
yang
> memiliki ratusan budak. Tentu ini adalah ''paradoks'' yang sudah
> sering disebut para sarjana yang menulis mengenai Jefferson. Saya
> ingin sekali menanyakan kenapa dia lupa bahwa Nabi Muhammad SAW
juga
> memiliki sejumlah budak. Apakah Amran melihatnya
sebagai ''paradoks''
> pula? (Saya sendiri sih tidak).
>
> Saya menjawab: Sangat jelas, tak ada paradoks pada Rasulullah
> sendiri. Paradoks itu adalah Thomas Jefferson dengan Nabi Muhammad
> SAW. Keduanya bicara tentang pembebasan manusia, tapi yang satu
> penikmat sistem perbudakan, yang satu lagi adalah seorang pejuang
> pembebasan budak.
>
> Saya mulai dengan Thomas Jefferson, Presiden ketiga Amerika
Serikat,
> [...]
> Harga budak di setiap perkebunan jauh lebih tinggi dibandingkan
harga
> tanah dan infra-struktur lainnya.
>
> Yang paling menarik, bahwa perbudakanlah yang menyebabkan Inggris
dan
> kemudian Eropa serta Amerika, tumbuh menjadi negara industri maju
> seperti sekarang. Itu bukan pendapat saya, yang selalu ingin
> menyerang Barat, seperti dituduhkan Ulil.
>
> Tapi itu adalah hipotesis yang dibangun Eric Eustace Williams, dan
> berhasil dengan brilian dipertahankannya dalam ujian Doktor di
Oxford
> [...]
> negeri itu. Dan 70% dari bahan baku industri tekstil Inggris ・
> industri utama waktu itu ・dipasok dari sana. Karena Selatan
> mengkhususkan diri dengan perkebunan kapas, maka di Utara tumbuh
> bermacam bisnis servis untuk kebutuhan para budak dan majikan kebun
> kapas, termasuk berdirinya pabrik tekstil, broker perdagangan
kapas,
> industri makanan, perusahaan perkapalan, dan asuransi. Dengan
kondisi
> ini, pada 1860, pendapatan per-kapita di Selatan melonjak menjadi
> 3.978 dollar, dan di Utara 2.040 dollar. Bandingkan dengan
Indonesia -
> [...]
dengan
> hukuman: mulai dari telapak tangan dipakukan ke kapal, tubuh
disundut
> besi membara, dicekik, atau berbagai penyiksaan fisik lainnya. Tak
> aneh kalau pemberontakan sering terjadi. Profesor itu menemukan
> sedikitnya 500 dokumen pemberontakan di kapal budak.
>
> Sepanjang sejarah perbudakan, ditaksir sekitar 12 juta budak yang
> diangkut dari Afrika ke Dunia Baru. Tapi karena buruknya perlakuan
di
> atas kapal, sekitar 10% di antaranya meninggal di perjalanan.
Sekian
> banyak pula harus meninggal dalam perjalanan dengan kaki melintasi
> belantara dari pelabuhan ke lokasi perkebunan. Di sanalah tenaga
> mereka diperas seperti kerbau sawah guna menghasilkan dollar bagi
> tuan-tuannya di London, Paris, Amsterdam, New York, atau
Washington.
> [...]
> Islam. Dan sekali lagi, ini bukan pendapat saya. Itu adalah
pendapat
> para ahli yang melakukan riset sekitar perbudakan. Bisa disebut
> beberapa nama seperti Bernard Lewis, Ronald Segal, Reuben Levy,
atau
> Azizah Y. al-Hibri.
>
> Bernard Lewis, sejarahwan senior Amerika kelahiran London itu,
> berpendapat bahwa perbudakan diakomodasikan di dalam Islam.
> Alasannya, di masa Nabi Muhammad SAW, dan di masa para khalifah
> sesudahnya, perbudakan masih eksis. Memang sebelum kedatangan
Islam,
> institusi perbudakan sudah mapan di tengah masyarakat zaman Romawi
> sampai Byzantium.
>
> Tapi orientalis yang dekat dengan Presiden Bush ini, mengakui bahwa
> sejumlah ayat Al-Qur'an dan Hadis Nabi, memerintahkan emansipasi
> terhadap budak (abd'). Pada prinsipnya, Islam mengajarkan, tak ada
> perbedaan antara budak dan bukan budak, di hadapan Tuhan. Orang
Islam
> dilarang memaksa budaknya bekerja di luar kemampuan, apalagi
> menyiksanya.
>
> Menurut Lewis, itu yang menyebabkan posisi budak di masyarakat
Muslim
> [...]
> Abu Jahal, karena menolak meninggalkan Islam yang sudah ia peluk.
> Atau kisah Bilal, budak hitam yang ditimpa batu besar oleh tuannya,
> karena ketahuan menjadi Islam. Bilal diselamatkan Abu Bakar, kelak
> menjadi khalifah pertama itu, yang menebusnya dengan uang.
>
> Yang lebih penting, Lewis menyebutkan bahwa budak di dalam Islam
tak
> dijadikan faktor produksi sebagaimana halnya perbudakan di
perkebunan-
> perkebunan di Dunia Baru abad ke-17 sampai 19. Hal yang sama
> disebutkan Ronald Segal dalam buku Islam's Black Slaves, Reuben
Levy
> dalam The Social Structure of Islam, dan Azizah Y. al-Hibri dalam
An
> Islamic Perspective on Domestic Violence.
>
> Para budak lebih banyak berfungsi sebagai pembantu rumah tangga
> (seperti TKW zaman ini), atau menjadi penjaga istana di zaman
> kerajaan Islam yang lebih kemudian. Atau yang paling banyak malah
> menjadi tentara ・dengan peran yang amat penting di zaman Imperium
> Ottoman.
>
> Para budak yang memiliki bakat mendapat lebih banyak kemudahan
> seperti diajari tulis-baca, musik, atau pelajaran artistik lainnya.
> Di zaman pertengahan, banyak budak menjadi penyanyi atau penari.
Yang
> [...]
> budak. Di sini pula terdapat pasukan infantri khusus budak, disebut
> Jannisaries. Mereka adalah budak kulit putih yang berasal dari
> Yunani, Albania, Bosnia, dan berbagai daerah Balkan lainnya. Di
> Mesir, di zaman Khalifah al-Hakim, tahun 1021, ada resimen khusus
> yang beranggotakan budak hitam.
>
> Semua ini tentu mereka tiru dari perlaku Nabi Muhammad SAW. Ia
> mengangkat Zayd Bin Haritsah yang budak sebagai anaknya. Zayd, yang
> kemudian menjadi sahabat setia dalam sejarah Islam, seperti
diketahui
> menjadi panglima tentara waktu itu. Ia mati syahid dalam
pertempuran
> di Busra, salah satu kota milik Imperium Byzantium, pada tahun 630.
> Putra Zayd, Usamah, sangat terkenal sebagai panglima di zaman
> Khalifah Abu Bakar, Umar, sampai Usman.
>
> Dari berbagai kisah ini, wajar kalau banyak ahli berpendapat bahwa
> sebenarnya, Islam punya misi untuk menghapuskan perbudakan secara
> gradual. Bahwa dalam sejarahnya itu tak terlalu sukses, soal lain
> lagi.
>
> Yang jelas, menurut Profesor Azizah Y. al-Hibri, ahli yurisprudensi
> Islam dari the T.C.Williams School of Law, University of Richmond,
Al-
> [...]
> Giroux, 2007), baru saya mengerti masalahnya.
>
> Rupanya keputusan penting di sana bukan ditentukan rakyatnya, tapi
> cuma oleh lobi-lobi tertutup dari grup yang punya pengaruh dan
duit,
> para Senator, Gedung Putih, para pengamat, dan wartawan. Itulah
> sebabnya, lobi Israel ・yang sesungguhnya kelompok minoritas ・
bukan
> main ampuhnya, menentukan arah politik luar negeri Amerika.
>
> Saya kira Ulil, sebagai seorang intelektual muda yang sekarang
> belajar di Harvard University ・salah satu universitas terbaik
dunia ・>  sudah tahu betul soal yang diperdebatkan ini. Tinggal
masalahnya:

http://it.docs.yahoo.com/nowyoucan.html

Kirim email ke