Dear All Gm2020.

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Sebagai bagian dari masyarakat Gorontalo tentu saya
pribadi mengharapkan ke depan para Pemimpin di
Gorontalo Andaikan Allah Swt Mengijinkan Gorontalo
bisa di Pimpin oleh Tokoh2 Dari Generasi Muda (Usia
Antara 40 s/d 50 Thn) dan memiliki Visi dan Misi utk
Membangun Gorontalo tanpa membuat Pemimpin tersebut
merperkaya diri sendiri dan Keluarganya.

Kebetulan saya Kalo Pagi Kerja Kantoran, dan Malam
Sebagai Marketing Freelance secara tidak sengaja di
tempat terpisah saya bertemu dengan dua Orang calon
pemimpin Gorontalo masa Depan, Kenapa saya katakan
calon pemimpin Masa Depan ?
Karena saya melihat ke 2 orang ini bukan hanya bicara
tetapi antara ungkapan dan Tindakan selaras dan bisa
di pertanggung jawabkan, tidak seperti kebanyakan
orang yang hanya bisa mengkritisi, berbicara panjang
lebar tanpa memberikan solusi serta bertindak secara
langsung di Lapangan.

Berikut saya ingin sharing pengalaman saya semalam
bertemu dengan 2 calon pemimpin tersebut yakni Bpk
Risjon Sunge (Kepala Perencanaan Kabupaten Gorut), dan
Bapak Dany Pomanto (Pengusaha dan Pemerhati
Gorontalo).

Tepat pada Pukul 7:40 saya secara kebetulan bertemu
Pak Risjon Sunge di Rumahnya Pak Halim Toana (Pemilik
Rumah Hantu Pembantaian 8 Orang di MKS),betapa senang
saya bs bertemu langsung dengan Bpk Risjon karena
selama ini saya hanya sering mendengar nama Beliau dan
mendengarkan Gebrakan yang telah di lakukan di Gorut.

Pada Kesempatan itu saya berbincang-Bincang dengan Pak
Risjon sunge :

TP : Senang rasanya saya bisa bertemu dengan Pak
Risjon di Makassar.
RS : Saya kenal anda tp sudah lama kita tdk ketemu,
anda koq beda dengan sekarang.
TP : Saya baca di GPOST Online Bapak di Calonkan
menjadi Wakil Bupati berpasangan dengan Pak Thomas,
apa benar ?
RS : Maaf, kalo masalah itu saya belum pantas
menjawabnya. dan mengenai masalah itu Pak Thomas
Sendiri yang pernah menelpon saya karena saya di liat
memiliki Hubungan Emosional dengan masyarakat Gorut.
TP : Memang Bapak aslinya dari Mana ?
RS : Saya memang Asli Tapa,Limboto tp kakek saya
berasal dari Kwandang dan Bulontio.
TP : Apa Bapak Kenal dengan Pak Warno di BKD GORUT ?
RS : Iya kenal sekali.
(Selanjutnya perbincangan mengenai CPNS dan PTT dimana
yang banyak mengambil kebijakan masalah CPNS dan PTT
di Gorut menurut Pak Risjon Bukan Pak Warno Tapi
XXXXXXX)

TP : Program apa yang telah bapak laksanakan saat ini
di Gorut selaku kepala Badan Perencaan Gorut :
RS : Alhamdulillah saat ini Pak Bupati dan Dewan di
Gorut telah mensyahkan Rencana Peningkatan 40 org SDM
yang ada di Gorut dan Insya Allah Bulan Agustus Tahun
ini sudah bs berjalan.
TP : Anggarannya utk Kuliah Magister di STIALAN itu
dari mana pak Dananya dan Apakah tdk di seleksi
pesertanya ?
RS : Tentu saja anggaran dari Kas Daerah dan di
Budgetkan sebesar 1 M, banyak orang tdk mendukung
dengan Konsep yang saya terapkan ini karena katanya
buang2 Duit. Tapi saya telah menjelaskan kepada Pak
Bupati dan Pihak terkait mengenai Gorut ke depan,
dimana 10 Thn Ke depan Gorut telah memiliki SDM2 yang
handal di masing Daerah utk membangun daerahnya
setelah melakukan Kuliah Magister dan tentunya di
sesuai dengan Kebutuhan Daerah Gorut. Jika di
Bandingkan dengan Dana 1 M di gunakan utk Membangun
Infrastruktur seperti Jalan tentunay pada tahun2
selanjutnya akan ada biaya perbaikan, coba kita liat
di Singapura mereka tdk memiliki SDA tetapi SDMnya
sangat Handal sehingga Mereka sekarang menjadi Negara
yang Makmur. Dan Mengenai Calon Peserta Kuliah tentu
saja di prioritaskan 90% adalah Putra Daerah Gorut dan
memiliki Kontrak Kerja dengan komitment setelah
selesai Kuliah S2 nanti mempunya Visi utk Membangun
Gorut dan syarat utama adalah minimal 2 Thn telah
menjadi PNS.
TP : Pak, kira2 apa yang menjadi SDA di Gorut saat ini
?
RS : pertama adalah Hasil Laut, dan Ke dua adalah
Pertanian, Insya Allah Bulan Agustus nanti akan ada
penyerapan Lapangan Kerja besar-besaran di Gorut di
mana di Kwandang akan Butuh Lapangan Kerja khusus
mengelola Kelapa Sawit, serta Proyek di ATINGGOLA
XXXXXX, dan tentu bisa menyerap Masyarakat Gorut yang
saat ini masih membutuhkan kerja. Jika di Hitung Angka
Kemiskinan di Daerah Gorut berdasarkan Data mencapai
17.833 KK, dan ini akan menjadi prioritas pemerintah
Gorut Ke depan.

TP : Kira-Kira Apa yang menjadi Kunci Sukses agar
Gorut ke depan bisa sejajar atau bisa lebih depan dari
daerah2 tetangganya seperti Pohuwato dan Kabupaten ?
RS : Syarat utama adalah Daerah Gorut Harus Aman, dan
tidak ada Tindakan Anarkis agar mempermudah para
Investor utk masuk ke Gorut, Ke dua adalah Peningkatan
SDM para Aparatur yang ada di pemerintahan agar bisa
memikirkan dan melayani masyarakat Gorut sesuai
TUPOKSI ada. Dan saat ini Gorut tengah mencari Brand
agar bisa lebih khusus lagi seperti Gorontalo
"Jagung", Bualemo "Daerah Bertasbih", Insya Allah
Gorut tdk lama lagi akan ada dan sedang di bicarakan
dengan pihak terkait.

TP : Insya Allah andaikan Allah Mengijinkan Bapak
menjadi Pemimpin di Gorut apa yang bapak kerjakan ?
RS : Huahahahaha, anda ini mengada-ada, saat ini saya
lebih fokus kepada kerjaan saya biarlah rakyat yang
memilih.
TP : Saya mendengar Bapak Kalo Kerja tidak mengenal
Jam Kerja yach ? maaf pak, karena banyakan para PNS
itu sudah menjadi Paradigma datang Absen dan Pulang
tanpa ada karya yang bs di hasilkan, bapak sendiri
gimana ?
RS : Alhamdulillah saya selama menjadi Abdi negara
saya gunaka waktu sebaik-baiknya utk bisa membuat
sesuatu yang bermanfaat, dan terkadang malampun saya
tetap kerja karena mengejar target yang ada.Dan
alhamdulillah Gorut saat ini menduduki peringkat ke 3
di Propinsi Gorontalo mengenai Usulan XXXXX ke
Propinsi yang di targetkan Bulan Des 2007 kemaren, dan
Gorut termasuk Nomor 1 di Indonesia dari 16 daerah
pemekaran yang baru dalam kategori XXXXXXXX.sampai2
banyak teman menyampaikan kepada saya "jangan terlalu
cepat uti progressnya apalagi torang ini masih baru"
karena jika di liat dari Progres yang ada Gorut
Progresnya sudah mencapai hampir 90%.

TP : Pak Risjon senang rasanya saya bisa berbincang2
dengan Bapak malam ini, insya allah bapak ke depan
bisa menjadi pemimpin yang amanah dan anti KKN. Insya
allah saya akan mendukung Bapak, tapi andaikan bapak
melakukan Korupsi jangan marah pak kalo banyak yang
menghujat bapak.
RS : Memang anda mau kemana ?
TP : Saya mau ke Rumahnya Pak Dany Pomanto dulu karena
ada yang mau sampaikan kepada Beliau sesuatu sekaligus
ada Product yang ingin saya tawarkan kepada
Anggotanya.
Boleh Minta Nomor Hp Bapak ?
RS : ohhh hormat buat pak Dany.Ini No HP saya :
085256705705, ok, semoga kt bs bertemu lagi.
Di Akhir pembicaraan saya menawarkan sesuatu ke pak RS
dan alhamdulillah beliau tertarik dan membelinya.

Selanjutnya Jam 21:20 Wita saya bertolak ke Rumah Ke
diaman Pak Dany Pomanto di Lanto Dg.Pasewang. Setiba
di Rumahnya kebetulan Beliau membuka Usaha CAFE
ENAK-ENAK yang Free HotSpot dan Suasana yang sangat
bagus sekali dan Live Music serta di bagian luar
terpajang TV Flat 50-an Inchie, dan di dalam Cafe
tertata rapi seperti Ruangan Meeting dan lengkap
dengan Papan Putih yang ada tanda tangan dari para
Pengunjung yang pernah Mampir di Cafe Enak-Enak
tersebut, saya cukup tertarik dengan Tulisan2 yang
unik yang ada di Papan tersebut salah satunya Tulisan
dan Tanda Tangan dari : Guruh Soekarno Putra, Katon
Bagaskara, TIA AFI, Ibu Hana Fadel, Walikota Makassar
Ilham Arief, dll, sempat saya memotret coretan2 dari
para tokoh tersebut. Di samping Cafe Enak-Enak
tersebut berdiri tegak Kantornya DANN BINTANG
menjulang 5 Tingkat.dan Karyawan Cafe Enak-Enak yang
Cantik2 dan ramah2 menyapa siapa saja yang datang.

Sambil menikmati suguhan di Cafe Enak-Enak tersebut
saya coba berbicara dengan Pak Dany Pomanto yang
kebetulan di temani oleh Istrinya, Ibu Indira
(Berdarah Bugis), berikut Dialog saya semalam hingga
jam 00:00 Wita dengan Pak Dany Pomanto di Cafe Enak2.

TP : Terima kasih pak Dany, memiliki Waktu utk bisa
menyempatkan waktu.
DP : biasa-biasa saja uti, kenapa kau tdk datang tadi
sore ke sini ? padahal banyak sekali pejabat dari
Lampung mampir ke sini dan barusan rombongannya
Pulang.
TP : Pak Dany Rombongan apa itu, dan siapa2 yang
datang dan dalam rangka apa ?
DP : Mereka datang sebagai Kunjungan ke Kota Makassar
dimana yang datang adalah Wakil Walikota Lampung,
Kepala Dinas2  Lampung serta 10 Wartawan dari Lampung
salah satunya Lampung Post.
TP : Ochkkk menyesal pak saya tdk bisa liat langsung
kejadian tadi di sini kebetulan pak saya tadi ada
kegiatan XXXXXXX setelah pulang kerja dan baru
berkesempatan saat ini mampir pak.Trus pak apa yang di
hasilkan dari pertemuan itu ?

DP : Mereka datang kebetulan karena saya di percayakan
utk MAster Plan Daerah Lampung dengan Nilai Proyek
Kurang Lebih 2 Trilyun, dan tentu saja mereka ingin
melihat secara langsung Hasil karya yang sudah saya
lakukan utk Kota Makassar salah satunya adalah
ANJUNGAN PANTAI LOSARI dengan Nilai Proyek Kurang
Lebih 104 Milyard.

TP : Saya Dengar Bapak juga yang mendapatkan proyek
Untuk Reklamasi Lapangan Karebosi dengan Nilai Proyek
XX Trilyun yach Pak ?
DP : Memang waktu itu saya jg ikut dalam Tender
tersebut, tp Alhamdulillah Bukan Rejeki saya di situ
dan saat ini di kerjakan oleh perusahaan lain.

TP : Pak dany koq saya liat lebih banyak di Ajak Oleh
para Pemimpin2 di daerah luar Gtlo utk bisa membangun
Perencanaan daerahnya, Koq Gorontalo merupakan Kampung
Halaman sendiri tidak pak ?

DP : Mungkin Orang Luar Gorontalo lebih mempercayai
saya dari pada saudara2 saya yang ada di Gorontalo,
walaupun saya telah membangun Kantor Gubernur di Botu
dengan Nilai Proyek Kurang Lebih 20an Milyard tp masih
saja menimbulkan rasa curiga dari orang2 gorontalo
sendiri yang notabene masih saudara2 saya.

TP : Alasan Bapak membangun Kantor Gubernur di BOTU
kenapa Pak ?

DP : Alasan Utama adalah Gorontalo merupakan daerah
Rawan Banjir dan Hal itu sudah saya jelaskan kepada
pemda gtlo dan di Milist ini. Dan banyak orang yang
tdk mengerti Hal ini berusaha mengkritisi kebijakan
yang saya ambil tersebut, untuk itu marilah kita duduk
secara bersama-sama utk membicara apa yang menjadi
perbedaan tersebut dan menghilangkan Budaya Prasangka
Buruk.Alhamdulillah saya tdk pernah di Minta utk di
hargai tetapi banyak para Pemimpin di Luar Gorontalo
seperti (Walikota Ambon,Ketua Dewan SULBAR,Bupati
Jeneponto,dll) mereka sangat menghargai hasil karya
saya, dan saya tdk pernah meminta-minta proyek tapi
mereka sendirilah yang datang ke ktr saya utk bisa
membangun daerahnya melalui bidang saya.bahkan
sebgaian saya tolak karena saya tdk mampu menerima
semua tawaran mereka.(Sambil memperlihatkan SMS yang
masuk ke HP beliau yang berasal dari para Pemimpin
daerah2 tersebut). Saya 4 Hari lalu sebenarnya punya
rencana ke Gorontalo bersama keluarga saya, tetapi
saya menerima SMS dari Pembantu Rektor UMI agar saya
menjadi pembicara di Hotel SANTIKA Makassar sebagai
Nara Sumber ttg Topik yang berkaitan dengan Bidang
saya, maka saya batalkan Ticket yang telah saya beli
utk ke Gorontalo karena mereka masih sopan meminta
waktu kepada saya utk bisa mengikuti kegiatan2
tersebut. Icky jika anda ingin di hargai maka Hargai
dong Orang, insya allah anda akan di Kenang oleh orang
Lain.Saya tidak butuh untuk di harga dan saya tdk gila
Hormat, tapi dalam kehidupan kita perlu tahu Itika
dalam berkomunikas dan menyampaikan sesuatu yang kita
tdk pahami.

TP : Pak Dany, saya sudah cukup lama mengenal bapak di
Makassar, apalagi profile bapak yang Jujur, serta
memulai Rintis usaha bapak saat ini mulai dari 0 tanpa
mengharap Harta warisan dari Orang tua Bapak, Kenapa
Bapak tidak maju menjadi Calon pemimpin ?

DP : Saya beberapa hari lalu ada yang menawarkan
menjadi Calon Walikota Makassar, akan tetapi saya
merasa sudah lebih dari cukup apa yang saya nikmati
saat ini. Dan saya cukup kenal baik semua calon
Walikota Makassar saat ini, dan saya senang bisa akrab
dengan mereka semua.

TP : Kalo gitu, gimana bapak tahun 2011 Mencalon aja
menjadi Gubernur Gorontalo Pasca Fadel ?

DP : Ehmmmm (sambil mengerutkan Kening), mungkin ada
baiknya saya lebih fokus dalam bisnis saya untuk saat
ini, akan tetapi saya melihat gorontalo yang merupakan
kelahiran Orang Tua saya sedih rasanya karena di
gorontalo masyarakatnya masih membudaya TUTUHIYA
saling menjatuhkan satu sama lainnya dan itu yang
harus di hilangkan dan itu yang membuat Gorontalo tdk
akan maju2 sampai kapanpun.

TP : Apakah bapak Yakin Budaya TUTUHIYA yang telah
mendarah daging itu bisa di Hilangkan dari masyarakat
gtlo ?

DP : Tidak ada yang tidak bisa Jika TUTUHIYA telah
membudaya dan utk melawannya harus kita hadapi juga
dengan Budaya karena itu adalah menjadi Kebiasaan dan
harus di biasakan ke hal yang positif. Di Sulses
sendiri Dahulu seperti Gorontalo saat ini dimana semua
Suku Bugis Makassar ada Budaya TUTUHIYA tp setelah
adanya Tokoh Adat yang menjadi Tokoh Panutan dan di
kenal dengan Semboyan "SIPAKATAU dan SIPAKALEBI" maka
boleh liat sekarang SULSEL bs menelurkan para Pemimpin
di Tingkat pusat. Dan Insya Allah Gorontalo  jg bisa
seperti Daerah SULSEL.

TP : Bapak sebenarnya Pantas utk bisa menggantikan
Pemimpin Gorontalo PASCA FADEL, kenapa ? Alasan
utamanya adalah bapak saat ini telah memiliki Usaha
yang sudah di kenal hingga ke luar negeri, dan
karyawan yang lumayan banyak, serta satu hal yang saya
senang dengan Bapak karena bapak Memiliki Pemikiran2
yang Inovatif dan kreatif serta Smart dalam bertindak,
apalagi saya kenal bapak sangat Anti yang namanya
"KORUPSI", Bapak masih Muda dan Energik, apalagi saat
ini Rakyat mendambakan Pemimpin yang Muda, Energik,
serta smarta dalam bertindak dan Mengayomi Rakyat.

DP : Jujur saja saya tdk terlalu memikirkan sampai
sejauh itu, saya mengenal cukup Dekat Pak Fadel, para
Bupati yang di Gorontalo, tapi andaikan saya di
kehendaki oleh masyarakat Gorontalo semata2 saya
memimpin bukan untuk memperkaya diri sendiri dan
keluarg tetapi untuk membenahi gorontalo ke depan.

TP : Memang andaikan bapak Menjadi Gubernur apa
Program Kerja Bapak utk meningkatkan taraf Hidup
Masyarakat Gorontalo ?

DP : yang paling utama adalah saya akan
mengkampanyekan kepada masyarakat "BERDAYAKAN
SEJENGKAL TANAH" kenapa ? karena jika kita
memanfaatkan secara maximal sejengkal tanah insya
allah Gorontalo akan menjadi Makmur dari sisi Ekonomi
dan Mengurangi Angka kemiskinan di Gorontalo.

TP : Kemaren khan Pak Fadel mencanangkan "MENANAM
SEJUTA JAGUNG" Bedanya dengan yang bapak bilang tadi
apa ?

DP : Saya melihat Gorontalo merupakan daerah Subur
sangat sayang jika tdk di manfaatkan sebaik2nya,
Andaikan ada masyarakat Bertanya saya memiliki Tanah
dan apa yang bisa Lakukan, maka saya menyarankan Tanam
Jagung,Vanile,Bawang,dll dan Pemerintah harus
memikirkan pemasarannya ke luar sehingga bs
menguntungkan bagi masyarakat gtlo.

TP : Saya pernah mendengar bahwa Bapak pernah
menyampaikan Dukungan kepada THORIQ MODANGGU di Gorut
?

DP : Benar bahkan saya menyarankan kepada saudara
THORIQ, andaikan dia masuk menjadi Papan 2 Gorut saya
tdk akan mendukungnya, saya melihat sosok seorang
Thoriq adalah orangnya yang rendah Hati, amanah, serta
Gigih dalam memperjuangkan Pembentukan Gorut, di
samping itu saya melihat Hanya THORIQlah yang pantas
memimpin Gorut ke depan di bandingkan dengan Calon2
yang lain, karena Toriq berjuang dari bawah.

TP : Tapi pak saya mendapat Informasi dari Masyarakat
Kwandang bahwa ada Slogan "THORIQ DULU BEDA dengan
THORIQ SEKARANG" gmna pak ?

DP : itu pandangan masing2 orang tp saya yakin THORIQ
andaikan menjadi Pemimpin di GORUT bisa menjadi
Pemimpin yang Amanah dan mendengarkan ASPIRASI RAKYAT
Gorut.

TP : Pak, gimana dengan Usulan Debat terbuka yang di
wacanakan di Milist itu ?

DP : Saya sih siap kapan saja asalkan jelas
pertemuannya dan pesertanya jg jelas asalkan
memikirkan gtlo ke depan.

TP : Apakah sudah ada teman2 dari MILIST menghubungi
Bapak by Phone ?

DP : Hingga saat ini saya tdk menerima telp dari para
anggota Milist itu.

TP : Oh iya, pak Salamnya Pak Amir Halid beliau
sekarang tengah mengambil S3 di IPB BOGOR.

DP : Ohh.... sampaikan Hormat dan salam saya buat Amir
Halid.

TP : terima kasih Pak Dany, Sudah larut malam saya
permisi Dulu.

Demikianlah Perbincangannya dengan 2 orang Calon
Pemimpin di GORONTALO yang masih MUDA dan ENERGIK.

Ke Duanya terkesan, TEGAS dan BERANI dan tidak Pandang
Bulu. Semoga Ke depan Rakyat Gorontalo bs memilih
Calon Pemimpin yang Amanah,tegas, Berani dan ANTI KKN.

Saya coba Sharing mengenai Informasi HAK PATENT yang
telah di Miliki oleh Pak Dany Pomanto dari Hasil
karyanya. Saya cukup Kagum kepada Beliau, tanpa banyak
bicara tp masih muda sudah bisa menghasilkan sesuatu
yang berguna bagi orang lain.

Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dengan cerita
saya di atas. Yang benar dan baik datangnya dari Allah
Swt, dan Yang Salah itu sumbernya dari saya sebagai
Manusia yang lemah.

Wassalam

Taufik Polapa

Tiga Desain Danny Pomanto Dapat Hak Paten
Rumah Bisa Dibuat Hanya dalam Enam Jam

Makassar, Tribun - Arsitek dan Konsultan Perencana
Tata Ruang, Danny Pomanto, berhasil mendapatkan hak
paten dari Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia
untuk tiga desain rumah pasca bencana (rupacana).
Tiga desain rumah dengan sistem bongkar pasang
tersebut di antaranya rumah tipe nelayan, nonpanggung,
dan tipe rumah panggung.

Rupacana yang digagas sejak tahun 2005 yang mampu
didirikan dalam enam jam dan bisa dibongkar selama
empat jam dengan harga berkisar Rp 21 juta per unit
untuk tipe 33 yang dilengkapi ruang tamu, ruang makan,
dapur, dan dua kamar tidur.
Rumah berbahan tripleks yang dilapisi polymer tersebut
hanya memiliki berat 1,2 ton sehingga bisa dipindahkan
dan cocok untuk penanggulangan pemukiman yang terkena
bencana alam, cottage, hingga rumah sakit dan sekolah
darurat.
"Hunian ini sudah diproduksi berkisar 200-an unit dan
telah dipakai di daerah Ladong Nanggroe Aceh
Darussalam pasca tsunami beberapa waktu lalu, sampai
beberapa wilayah di Kendari, Sultra," kata Danny
kepada wartawan di Enak-Enak Cafe& Resto, Jl Lanto Dg
Pasewang, Makassar, Minggu (9/12).
Rupacana merupakan salah satu master piece Danny di
bawah bendera PT Dann Bintang Gelarrancana. Memasuki
usianya ke-11 Januari 2008 mendatang, juga telah
menghasilkan sekitar 200 karya desain.
Dalam karya ke-200, jebolan Universitas Hasanuddin
tersebut, juga mendapat kepercayaan untuk mendesain
master plan kawasan pesisir provinsi Lampung.
Pencanangan karya yang diberi nama Selamatkan Pesisir
Lampung juga cukup istimewa karena dihadiri langsung
Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, 5 Desember lalu.
"Kita akan merevitalisasi pantai sepanjang 27
kilometer dengan luas 1.110 hektare. Kita akan menata
tanpa menggusur untuk 11 ribu rumah yang dihuni 76
ribu masyarakat dengan 5.000 peluang usaha dan 3.000
bisnis mikro nantinya," jelasnya.

dapat hak paten
Tipe rumah nelayan
Tipe rumah nonpanggung,
Tipe rumah panggung

Dann Research Land
Selain launching produk ke-200, Danny Pomanto, juga
akan membuat lembaga baru bernama Dann Research Land.
Lembaga nonkomersial tersebut akan melakukan
penelitian dan melahirkan solusi perkotaan di tengah
masyarakat.
Bertepatan dengan hal tersebut, juga mencoba usaha
baru di bidang kafe dan restoran yang diberi nama
Enak-Enak. Kafe dengan menu bernuansa
tradisional-modern ini bisa dijadikan alternatif
pilihan menu selain ikan dan ayam.
"Alhamdulillah kegembiraan kami semakin bertambah
karena beberapa waktu lalu, kami juga diminta
merenovasi desain Kompleks Stadion Sultan Hasanah
Bolqiah, Brunei Darussalam," tambah Danny.

Be a better friend, newshound, and