Makanan baalobinte memang sudah biasa di lidah
masyarakat Gorontalo, karena sudah menjadi makanan
khas sejak dulu. Jangankan baalobinte, bitule pun
sering jadi makanan pokok masyarakat Gorontalo ketika
musim kemarau.
Dan memang untuk mempopulerkannya, para pejabat  harus
siap mengkonsumsi makanan seperti ini.  Pengalaman ada
juga segelintir orang yang setelah jadi pejabat  tidak
mau lagi makan baalobinte. Padahal itu makanannya
waktu kecil.
Entah gengsi atau memang lambungnya tidak terbiasa
lagi dengan makanan keras seperti baalobinte, banyak
yang sudah tidak mau menyentuh makanan yang satu ini.
Saya pernah berbincang dengan seorang isteri mantan
pejabat yang mengatakan suaminya tidak mau makan beras
yang kualitasnya rendah. Nah, beras aja dipilih-pilih,
bagaimana dengan baalobinte ?
Kalaupun ada pejabat yang mau makan baalobinte, itu
hanya karena mereka menderita diabetes. Sebab menurut
informasi yang saya dengar, baalobinte cocok
dikonsumsi orang yang menderita diabetes.
Jadi pada prinsipnya, promosi harus dibarengi dengan
aplikasi  agar makanan ini benar-benar bisa menjadi
alternatif untuk mengatasi krisis pangan.
Insya Allah ide untuk menjadikan baalobinte sebagai
alternatif  mengatasi krisis pangan ini bisa
terealisasi sehingga bangsa kita tidak kesulitan lagi
dalam hal memenuhi kebutuhan pangannya.

Amin..
Femmy Udoki

Be a better friend, newshound, and