Salam,
Wololo Habari Semua?
Sebelum Kampanye STOP SELINGKUH STOP HUGEL sebaiknya diberi pengertian dulu apa
itu SELINGKUH apa itu HUGEL. Saya rasa dimillist ini banyak member yang
berkompoten dalam memberikan penjelasan itu dari beberapa segi. seperti;

1. Selingkuh/Hugel dari segi pengertian bahasa dan istilah.
2. Selingkuh/Hugel dari segi praktek nyata di lapangan.
3. Selingkuh/Hugel dari segi hukum positif, agama, dan adat.
Alasan-alasan mengapa Selingkuh/Hugel sebaiknya diberi pengertian dulu, sebagai
berikut;

1. Boleh jadi apa yang dipahami selama ini hanya sebatas Selingkuh/Hugel dari
segi pengertian bahasa saja, sehingga semua praktek dilapangan yang berbau
hubungan gelap digeneralisir sebagai sebuah bentuk perselingkuhan atau hubungan
gelap. Contohnya; poligami secara diam-diam. Sebagian isteri yang termasuk
dalam kelompok BSK (Barisan Sakit Hati) karena dimadu secara diam-diam
mengkategorikan pernikahan yang sah itu sebagai perselingkuhan atau Hugel.

2, Kawin lari, Nikah sirri, nikah urf (adat), dan yang sejenisnya, tentu punya
pengertian tersendiri dalam pandangan hukum positif, agama, dan adat. Karena
kemungkinan berbeda berdasarkan sejauh mana praktek dilapangan. Dan kalau kita
lihat dari segi makna bahasa dan istilah, kawin lari dan nikah sirri semakna
persis dengan Hugel. Perbedaan pengertian ini pula yang menjadikan konsekwensi
hukum akan berbeda. Contohnya; nikah sirri. menurut pengertian sebagian orang,
adalah nikah yang tidak dicatatkan di KUA (kantor Urusan Agama), namun secara
agama telah memenuhi syarat sahnya nikah. Konsekwensi dari pengertian ini
adalah; Nikahnya sah dalam pandangan agama tapi tidak sah dalam pandangan hukum
positif. Sah dalam agama artinya, semua konsekwensi akaq nikah akan berlaku;
hak nafkah, hak waris, hak anak, dll. sedangkan tidak sah dalam hukum positif
artinya, tali pernikahan itu dianggap tidak ada jika yang bersangkutan
(suami/isteri) terjadi sengketa dan mengadu ke pengadilan.
 Sebab bukti kitab nikah tidak ada. dengan demikian, maka sengketa tidak
didengar.

Mohon maaf bila kepanjangan dan bertele-tele dalam hal ini. In Uridu Illal
Ishlah (Tiada Harapan Saya Kecuali Kebaikan)

Salam.
Mansur Martam

Taufik Polapa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                             Wah,,,,
Mantap Sekali Ulasan Ustad Ludfi, Semoga bermanfaat buat saya pribadi dan yang
lain.

Mari Kampanyekan "STOP SELINGKUH" STOP HUGEL"

Wassalam

TP