Pak Icky...

Barangkali daripada membicarakan sepak terjang Pak fadel yang banyak
Kontraversinya mungkin lebih baik a kalau kita semua dimilis ini mencoba
memikirkan "Siapa  dan Bagaimana  Gubernur Gorontalo" dimasa ynag akan
datang.   Salah  satu cara mungkin kita bisa mengadakan LOMBA menulis
Dengan Thema   "Seandaianya Saya Seorang Gubernur Gorontalo"

Dalam Lomba ini bisa kita libatkan  Tribun Gorontalo, Mimoza Channel,
Civika  RRI  Gorontalo , bahkan CNN   dan lain-lain . yang di harapkan
nantinya  akan mucul ide-ide cemerlang  untuk seorang  Gubernur
Gorontalo Yang akan datang.

Wololo Uti ??

Ps : Asal olo tidak akan mengulangi kasus Plagiat yang kemarin. (mohile
Ambungu ...wa..)

Salah satu Contoh  tulisan mungkin seperti ini .

  Andai Saya Seorang Gubernur

Perkenalkan  namaku Muhammad Saleh  . tapi teman-teman  suka memanggilku
Ato. Entahlah dari mana asal Panggilan Ato itu, tapi sejak kecil nama
itu sudah melekat dengan diriku.  Aku sendiri tidak pernah mempersoalkan
nama itu. Apalah artinya sebuah nama,   semboyan itu sering saya dengar
dari teman-temanku yang belajar sastra di perguaruan tinggi. Saya
sendiri  hanyalah  seorang Penarik bentor .

Selesai SMA Aku  tidak bisa  melanjutkan ke perguruan tinggi. Biaya
kuliah yang sangat tinggi dan kemampuan papa  yang  hanya seorang
pedagang kecil di pasar sentral membuat aku harus membunuh keinginan
untuk kuliah. Toh hasilnya belum tentu menjamin kebahagiaan hidup.
Buktinya ,temanku RIO yang kuliah di universitas ternama dijakarta
harus berakhir di rumah tahanan, karena waktu Pulang ke gorontalo
terlibat pengedaran Uang palsu yang mengorbankan ratusan Pedagang kecil
termasuk ayah saya. Belum Lagi  Rudi teman Sebangku waktu SMA dulu, dia
babak belur di gebukin Massa yang marah karena kepergok  meniduri istri
orang. Padahal Rudi adalah anak kiyai yang juga kuliah semester akhir di
Perguruan Tinggi Agama. Bang Amin  sepupuku  sampai saat ini masih
luntang lantung menunggu panggilan menjadi pegawai negeri. Padahal dia
adalah  sarjana  dan sudah  mengikuti berbagai ujian masuk  (termasuk
lari marathon ) serta membayar uang pelicin kepada panitia. tetap saja
Bang Amin belum mendapat pangilan. Ah sudahlah ... saya tidak mau
menjelek-jelekkan  teman-teman  ku yang melanjutkan studinya ke
perguruan tinggi. Hidup adalah pilihan.Dan setiap pilihan selalu punya
konsekwansinya.

Setiap pagi selesai subuh saya sudah siaap dengan bentor di pangkalan
menunggu para penumpang. mulai  Ibu-ibu yang  akan kepasar sampan
anak-anak sekolah .Kadang juga para dosen  dan mahasiswa serta pegawai
negeri kalau lagi mujur  say juga mengantar para pelancong .Malam
harinya tidak jarang saya mengantar pulang para  tunasusila dan para
pemuda sudah mabuk bahkan pernah saya mengantar seorang anak gadis SMA
yang hamil di luar nikah untuk mencari klinik Aborsi.  Naif  memang.
tempat duduk di bentorku diduduki  orang-orang beragam profesi.  Tapi m
erekalah aku mendengar banyak kisah-kisah kehidupan yang tak seindah
sinetron karya Ram Punjambi.  Pernah seorang preman yang terlibat pada
penyerbuan di kampus UNG beberapa tahun lalu menangis dalam  bentorku
karena menyesal telah berlaku brutal.  Ada lagi seorang ibu pejabat yang
terpaksa naik Bentorku karean mobil  dinasnya mogok di tengah jalan.
Dalam perjalanan  dengan bangga ibu ini menceritakan betapa dia sudah
keliling hampir seluruh negara  selalu membeli souvenir yang sangat
mahal harganya hanya untuk membuktikan kepada teman-temannya bahwa ia
dalah kalangan yang berbeda.  Di saat lain  pernah Aku mengankut seorang
petani Jagung yang nampak melamun kusut dalam bentorku memikirkan hasil
panen yang hanya di bayar  dengan harga murah. padahal sudah  6 bulan
dia menggatungkan hidupnya  dengan uang hasil pinjaman dari rentenir.

Tadinya  aku bingung merespon semua uneg-uneg mereka. Aku hanyalah
seorang tukang bentor yang sudah cukup pelik  memikirkan bagaimana
memberi makan ti Nou istriku dan tiga orang anakku.

Bersambung....

--- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, Taufik Polapa <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Pak IING yg Bijak.
>
> Setiap Manusia memiliki Kekurangan, Apalagi seorang Pemimpin seperti
Fadel tentu banyak kekurangan dan celahnya. tidak perlu di pungkiri di
samping keberhasilan Fadel memimpin gorontalo tentu banyak juga
masyarakat gorontalo yang tidak senang dengan kepemimpinan Fadel salah
satunya adalah Proyek Jagung.

> Sewaktu saya ke Gorontalo tahun 2004 kalo nggak salah waktu itu sudah
dekatnya PILKADA Gorontalo pemilihan Gubernur Gorontalo. Sewaktu saya
bertanya kepada Tukang Bentor mengenai Sosok Kepemimpinan Fadel jawaban
mereka variatif , ada yang menjawab Gorontalo di bawah Fadel sudah Maju,
ada Juga yang menjawab Biasa-Biasa, bahkan saya sempat bertemua dengan
salah satu Kelompok Anak Muda di Sudut Kota Gtlo tepatnya di Depan SMA
Muhamadiyah, kebetulan di situ tempat saya kumpul dahulu, Khususnya
berdialog dengan Bung Andi Pakaya, dan Ako Tilameo serta teman2 lainnya,
jika menurut Andi Pakaya Kepemimpinan Fadel sudah bisa membawa Gorontalo
bisa maju selangkah demi selangkah, tapi menurut teman2 lainnya yang
lagi kumpul saat itu, mereka berpendapat Fadel hanya memperkaya diri
sendiri dengan Proyek Jagungnya, mereka mengungkapkan data di lapangan
mengenai Harga Jagung yang di beli oleh Fadel ke Petani dengan Nilai
Rendah tetapi di Jualnya ke Luar dengan harga
> yang sangat tinggi.
> Dan masih banyak lagi tanggapan dari masyarakat dengan Kepemimpinan
Fadel.

> Menurut saya Fadel bukan hanya sebatas Jagung, tapi masih banyak hal2
lain yang berkaitan dengan Fadel dalam hal membangun Gorontalo.
> Menjadi Seorang pemimpin seperti Fadel sangat Wajar ada yang Pro dan
ada yang Kontra karena itu sudah menjadi Hukum Alam menjadi seorang
Pemimpin, Siap untuk di Sanjung, dan Siap juga untuk di Caci. Jangan
jadi pemimpin jika tdk siap utk di caci maki oleh Rakyatnya jika ada
kebijakannya merugikan sebagian rakyatnya.

> Masing2 Orang punya pendapat tersendiri mengenai Profile seorang
Fadel, mungkin pak IING dan Pak Rosyid memiliki penilaian tersendiri
mengenai Fadel, tapi saat ini saya melihat utk kelas para Pemimpin
Gorontalo Saat ini Fadel masih layak utk kita dukung karena belum ada
saya lihat Pemimpin di Gorontalo bisa se Birilian Ide-Ide seperti Pak
Fadel. Banyak Pemimpin di Gorontalo yang hebat2 sebut Saja Pak David
Bobihoe, akan tetapi belum bisa di sejajarkan dengan Sosok Fadel,
walaupun tdk di pungkiri Fadel memiliki Track Record yang menurut Orang
kurang baik di masa lampau, tp kenyataan saat ini Gorontalo bs di kenal
dimana-mana, ibaratnya jika orang menyebut Nama Gorontalo pasti Melekat
dengan Nama Fadel Muhammad dan itu tdk bisa di pungkiri telah menjadi
kenyataan di lapangan.

> Pak IING yang baik, saya juga sadar saya pribadi banyak sekali
kekurangan, FADEL pun demikian, tapi jika hanya mengingat keburukan dan
kejelekan masing2 Orang tidaklah baik, karena jika makin kita mengingat
keburukan dan kejelekan masing2 orang maka secara otomatis kita akan
terbawa dalam rasa tdk senang pada orang tersebut yang pada akhirnya bs
mengancam putusnya Talisilahturahmi, Dan hal itu tidk di benarkan oleh
Agama Islam.
> Untuk itu Karena Fadel adalah Pemimpin Gorontalo, Pemimpin Kita, maka
sudah selayaknya kita menghargai Beliau dan mengingat segala kebaikan
yang telah di berikan utk kemajuan gorontalo Karena Bangsa yang Besar
adalah "Bangsa yang selalu menghormati dan menghargai para Pemimpinnya"
Janganlah kita berada dalam satu Perahu saling berselisih Pendapat,
padahal tujuan kita adalah satu mencapai Tujuan bersama Yakni Gorontalo
Maju.

> Menurut Hemat saya yang perlu kita bicarakan saat ini, siapa kira2
yang pantas menggantikan posisi Pasca Fadel Meninggalkan Gorontalo ?
> Mungkin hal ini perlu di bicarakan dalam satu Forum yang lebih besar
lagi membicarakan Gorontalo ke depan menuju Gorontalo Maju di bawah
Kepempemimpian Gubernur selanjutnya.

> Mohon maaf segala kekurangan yang saya sampaikan di atas, terima kasih
atas pengertiannya.

> Wassalam
>
> Taufik Polapa

milis ini, selalu bagus-bagus saja, dan memuji habis-habisan.
habis-habisan karena memang tidak pernah diungkapkan celanya? apakah
memang, fadel itu tidak punya cela selama memimpin gorontalo? pertanyaan
ini terpaksa saya ajukan karena berita tentang fadel yang saya baca dari
media lokal (dari internet) juga hampir tanpa cela tentangnya. kalaupun
ada, bukan dalam bentuk kritikan, tetapi lebih pada "permohonan" agar
fadel bisa berbuat lebih baik.
> sekali waktu saya dengan bodohnya memimpikan taufik polapa akan
memposting kejelekan fadel, meski hanya sedikit saja. bodoh, karena
untuk apa memimpikan taufik polapa hee heee. atau permintaan saya
mungkin dianggap bodoh? gak tahu deh.
> teman saya pernah bilang, kalau pemimpin kita becus, mungkin negeri
ini sudah lama maju. menurut taufik polapa,
> fadel adalah seorang yang becus, karena itu gorontalo kan kini sudah
maju. bukan begitu?

> iing

selalu memperhatikan perkembangan daerahnya Uptodate, tapi ini menurut
saya Kalo Jaman Dulu wajar dilakukan karena Komunikasi belum memadai,
beda dengan saat ini yang zaman sudah canggih Komunikasi lewat Apa saja
bisa bahkan dengan Biaya yang murah. Dan terkadang Pemimpin yang seperti
ini di Saat Jaman yang sudah canggih seperti ini terkadang tdk terlalu
yakin dengan kemampuan bawahannya sehingga pemimpinnya harus terjun
langsung ke lapangan, dan ini terkesan kurang Cerdas, Walaupun
Pemimpinnya Pintar.Pemimpin yang terkadang selalu berada di Luar Area
Kepemimpinannya, dengan alasan melakukan Komunikasi dengan pihak luar
secara berhadapan sehingga bisa memajukan daerahnya dengan cara
negosiasi, dan Type pemimpin seperti ini
> terkadang sudah memiliki keyakinan kepada jajarannya utk di
delegasikan tugas, sehingga jika ada kendala bisa di hubungi lewat
komunikasi HP,3G,dll yang sudah mendukung saat ini, sehingga
pertimbangannya sangat jauh ke depan. Sepanjang selama Pemimpin tersebut
berada di Luar demi kepentingan daerahnya perlu mendapat dukungan, tapi
jika mendatangkan kemunduran dalam pembangunan perlu di peringati.Nah
dari 2 pendapat di atas saya lebih melihat Fadel berada pada Point ke 2
karena alasan pertama mungkin 60% utk melakukan Lobi2 dengan para
Investor agar bisa masuk ke Gtlo, sisanya 40% mungkin kepentingan
Pribadi. Selama di lihat Indikator Gorontalo terlihat Aman dan
Pembangunan Lancar2 saja kenapa kita mesti mempermasalahkan ?
> Kecuali jika beliau tdk lagi konsen dengan Perkembangan Gtlo itu perlu
di pertimbangkan.

> Saya Yakin pak Fadel mempunya Strategi tersendiri kenapa beliau selalu
berada di Luar Gtlo, mungkin banyak yang kita tdk
> ketahui apa yang tengah dalam benaknya saat ini, apalagi beliau pernah
menyampaikan bahwa saat ini banyak orang2 gtlo yang hebat2 bisa
menggantikan dia selepas meninggalkan Gorontalo.

> Itulah Bedanya antara Fadel dengan Gubernur dari Birokrat, karena
Fadel Mengganggap Gorontalo itu ibaratnya sebuah Perusahaan yang perlud
digali Potensinya.

> Lebih dan kurang mohon maaf.
>
> Wassalam
>
> TP

Kalo masih ya lazimnya tiap
> hari ada di Gorontalo, lihat dan penuhi kebutuhan rakyat. Tapi kalo
tidak segera saja buat pengunduran diri. Ngapain capek2 mbayar orang
tidak kerja... Gitu aja kok repot!

Kirim email ke