Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah masih banyak yang peduli terhadap Asal Muasal daerah kita
tercinta Gorontalo dengan diangkatnya topik 'Pelurusan Sejarah Mengenai
Kerajaan-Kerajaan di Daerah Gorontalo'. Saya sebagai pemerhati dan pernah juga
meneliti tentang kerajaan-kerajaan di daerah Gorontalo sangat bersyukur dengan
adanya teman-teman yang masih mau peduli akan sejarahnya sendiri.
Untuk hal yang dibahas mengenai pelurusan sejarah kerajaan-kerajaan di daerah
Gorontalo saya selaku pemerhati tidak akan menyatakan siapa yang benar dan
siapa yang salah. Hal ini berdasarkan hasil penelusuran kami bahwa
sumber-sumber informasi tentang kerajaan-kerajaan di daerah Gorontalo sangat
minim dan banyak yang berasal dari dokumen-dokumen yang ditulis oleh ORANG YANG
PEDULI TERHADAP SEJARAH DAERAHNYA. Banyak dokumen yang kami temukan berbeda
pendapat tentang satu masalah yang dibahas, bahkan dokumen yang berasal dari
Belanda pun terdapat beberapa perbedaan antara satu penulis dengan penulis
lainnya.
Sebenarnya ada beberapa syarat ilmiah yang harus dipenuhi dalam menulis dan
meneliti suatu sejarah secara ilmiah dan dapat dipertangungjawabkan. Dari
syarat-syarat tersebut yang paling sulit untuk dipenuhi dari sumber-sumber
sejarah kerajaan-kerajaan di daerah Gorontalo adalah syarat KRITIK baik secara
Internal maupun Eksternal. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya sumber sejarah
yang hanya ditulis oleh orang-orang yang peduli terhadap sejarahnya sendiri
baik oleh keluarga maupun kerabatnya dalam rangka melestarikan sejarah asal
muasal keluarga besarnya (dan ini tidak salah karena dapat pula dijadikan
sebagai sumber penelitian sejarah dan bukan sumber sejarah). Namun ada pula
sejarah yang ditulis secara ilmiah berdasarkan kepedulian mereka terhadap
kelestarian sejarah gorontalo.
Olehnya kepada teman-teman yang masih peduli terhadap sejarah kerajaan-kerajaan
di daerah Gorontalo, marilah sama-sama kita mengumpulkan sumber-sumber sejarah
baik sumber lisan, tulisan, maupun dokumen-dokumen lain yang sangat bermanfaat
dalam rangka penelusuran dan penulisan sejarah gorontalo ke depan yang dapat
dipertangungjawabkan.
Saya juga berharap untuk mendapatkan copy sumber-sumber sejarah gorontalo dari
Pak Mochtar Uno, BSc, karena saat ini saya sedang meneliti tentang "Bantayo
Poboide Lo Uduluwo Limo Lo Pohalaa di Gorontalo, Suatu Studi tentang Perubahan
Identitas Etnik". Sebelumnya diucapkan terima kasih kepada teman-teman yang
masih peduli terhadap sejarahnya sendiri teristimewa untuk Pak Mochtar Uno dan
Ibu Farha Daulima!

Wassalam!
Bolo Maafu Wonu Woluwo Utala-tala!
Ridwan Ibrahim

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/

Kirim email ke