Fany mon ami,
Comment ca va

Sampai skarang saya kurang tahu prosedur menjamak shalat dan masbuk, karena
memang saya sudah memprogramkan diri untuk tidak terlambat dan tidak
ketinggalan at all costs. Pengalaman saya selama mengitari lintang2 tinggi
(daerah subtropik seperti Bering sea, terkadang  di Dover and british Channel
yang dulu pernah saya lewati kalau berlayar dari arah Mediteranea via Gibraltar
menuju ke Port of the Nordic). Saya selalu usahakan ikuti waktu matahari untuk
shalat karena patokan shalat saya adalah civil twilight dimana saya berada.
Akan lebih sulit lagi jika kita mengarah ke timur karena waktu selalu dimajukan
mengikuti koordinat yang dilewati.

Walaupun waktu itu 10 tahun lalu saya agak kurang disiplin dalam menegakkan
tiang yang salah satunya karena alasan alam (itu sebabnya semua pelabuhan di
daerah subtropik pasti punya break water karna memang ombaknya dapatako no),
namun saya berfikir alangkah adilnya Allah SWT, karena meskipun terkadang ada
waktunya malam-malam jadi pendek tapi diwaktu lain kita bisa tidur ukur-ukur
bengko....

Kesimpulan saya adalah (jangan jadikan ini patokan), kadang kita harus bersabar
dengan malam yang pendek yang kemudian akan diganti dengan malam yang panjang
diwaktu lain.. Itulah pengabdian my brother just take it or leave it then goin
to bed...

Wassalam,
DOK