Nthe coba kasana te Syamsu, instead of dibelakang camera, taro pa dia dimuka
cameraSCTV. Kalu dia cuma ngisi2, kase pulang dia diblakang camera SCTV he
he he...

  _____

From: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Agus Lahinta
Sent: Friday, September 26, 2008 1:25 PM
To: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Subject: Re: [GM2020] Mana Presenter Berita TV Gorontalo?

Bung Herwin, menarik sekali menyikapi pertanyaan anda. News Anchor
atau Presenter berita memang sesuatu yang menurut pengalaman saya
(mantan presenter berita GOTV) adalah sesuatu yang susah sekali di
temukan di Gorontalo, apalagi harus menunggu bisa GO NASIONAL dari
Gorontalo.

Saya jadi ingat beberapa tahun lalu pada saat saya melamar di GOTV
untuk posisi Presenter diawal Televisi Lokal itu berdiri, ternyata
rekrutmen calon karyawan (including Presenter) telah selesai dilakukan
dan ternyata tidak satu pun yang masuk untuk posisi presenter, sampai
saya melamar. Sebelumnya news di GOTV dibawakan tanpa presenter karena
memang posisi presenter belum dimiliki oleh GOTV waktu itu. (setelah
beberapa lama saya bergabung dengan GOTV, saya menemukan ditumpukan
aplikasi lamaran karyawan beberapa waktu yang lalu, ternyata pelamar
untuk posisi presenter memang ada, namun ternyata oleh managemen GOTV
tidak di undang untuk mengikuti audisi dan casting lanjutan). Saya
saat itu, yang baru melamar (pagi datang ke GOTV), malamnya saya sudah
harus membawakan berita dengan format LIVE. Saya ingat saat itu saya
membawakan berita berdua dengan calon presenter yang disiapkan namun
akhirnya saya harus membawakan sendirian News Gorontalo Hari Ini di
GOTV.

Hampir 1 tahun saya membawakan berita Gorontalo Hari ini dengan Jadwal
tetap Senin sampai dengan Kamis, Jumat jadwalnya Almrh. Ainun Fauzia,
Sabtu jadwalnya Yudin Laliyo dan Minggu Jadwalnya Aven Hinelo.
Kemudian berikutnya bergabung Roro dan Surya Thalib di GoTV dan saya
menjadi 2 kali seminggu.

Seiringnya waktu, ada terbersit kami ingin mencari regenerasi untuk
News Anchor, namun katergori untuk menjadi presenter News disamping
penguasaan Wawasan, Kecakapan dan Camera Face, Rasa Percaya Diri
adalah sesuatu yang menjadi pertimbangan yang susah ditemukan. Hal ini
saya alamai saat saya mencari calon presenter berita di CIVICA TV,
dari lamaran yang diterima banyak yang melamar untuk posisi presenter,
namun pada saat proses casting mereka didepan kamera, calon yang
datang dengan hanya mengedepankan kecantikan dan ketampanan bila tidak
didukung oleh percaya diri yang ditopang dengan kematangan sikap dan
kecakapan personality dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan wawasan,
maka kecantikan dan ketampanan akan berubah menjadi sesuatu yang
memalukan untuk dilihat didepan kamera. Grogi dan Tidak Punya Power,
Gugup dan tidak bisa berkata apa, hal itu yang akan nampak di layar
monitor.

Kemudian saya bisa menyimpulkan berdasarkan pengalaman bahwa: Banyak
calon presenter yang tidak mengetahui bahwa menjadi pembaca berita
bukan hanya membaca berita saja, namun lebih dari itu, dia harus
merasakan 'nyawa' berita itu, sehingga pada saat dia membacakan
berita, dia seseolah-olah bisa menjadi 'pelaku' didalamnya. Hal ini
akan semakin terbiasa apabila didukung dengan 'jam terbang'. Hal lain
adalah kurangnya belajar dan cukup puas dengan apa yang ada. Kurang
adanya improvisasi dan lain-lain.

Semoga dengan munculnya lembaga penyiaran swasta di Gorontalo ini bisa
menghadirkan Calon Presenter Gorontalo yang bisa 'menyiapkan' mimpi
untuk berkarir bukan hanya di Gorontalo, namun bisa ke Jakarta atau
malah lebih. Amien....
(Dulu sebelum pulang Gorontalo tahun 2000, saya sempat menyimpan
keinginan untuk berkarir di Jakarta sebagai News Presenter di TV
Nasional, namun takdir membawa saya untuk pulang Gorontalo dan bisa
mewujudkan mimpi saya sebagai News Anchor di Gorontalo TV di samping
di UNG).

Salam.
AL

Baca juga: http://civicatv.
<http://civicatv.blog.ung.web.id/2008/07/20/news-anchor-in-gorontalo-hard-to
-find/> blog.ung.web.id/2008/07/20/news-anchor-in-gorontalo-hard-to-find/

PS: Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir bathin

On 9/26/08, Herwin Mopangga <winshots_pwd@
<mailto:winshots_pwd%40yahoo.co.id> yahoo.co.id> wrote:
> YTH; Bang Hamim Pou, Basri Amin, Veriyanto Madjowa, Agus Lahinta, Syamsu
> Panna dan kawan-kawan jurnalis Gorontalo.
>
> Sekedar masukan.
> Melihat tayangan berita di televisi swasta hari-hari terakhir ini, makin
> banyak presenter berita di media elektronik yang berasal dari_atau paling
> tidak bermarga Manado.
> Ada Deasy Weku, Paulen Kalalo, Veronika Moniaga, Amanda Komalig dll.
Mungkin
> agak sepele_bagi sebagian orang_tapi saya pikir mencetak kader presenter
> berita yang handal dari Gorontalo juga penting untuk menunjukkan kiprah
> daerah sekaligus promosi di tingkat nasional.
> Sebagai orang-orang yang berkecimpung di dunia broadcast, tentu anda
> memiliki pemahaman dan pengalaman dibidang ini, apalagi anda-anda juga
> pernah merasakan persaingan hidup di Manado.
> Kita punya GoTV dan TVRI Stasiun Gorontalo sebagai tempat untuk mengasah
> kemampuan calon presenter berita TV yang handal.

> [...]

Kirim email ke