Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Tahun lalu saya melempar dimilis ini tentang Hukum Cipika Cipiki yang
kesimpulan adalah HARAM, walau saat itu saya sulit mengelak ketika 11 teman
perempuan dikelas setiap hari mencium dengan bibir ke pipi saya bahkan mengarah
ke dekat bibir..hihi..enak juga walau saya harus mengambil air wudhu kembali..

Tahun ini saya dipusingkan oleh hukum merayakan ulang tahun dengan nyanyian
panjang umur. Ceritanya begini : 2 bulan lalu, ketika naik kenderaan dari
kampung kelahiran di Pilohayanga melewati Desa Luhu Telaga ke arah Limboto,
sebuah pesta ulang tahun langsung menghentak keheningan hati yg bening dengan
suara nyanyian ulang tahun sambil bertepuk-tepuk tangan. Saya mengira ada
ibadah kolom dirumah tsb, ternyata tidak. Karena sebagai org yg pernah kuliah
dan hidup 7 tahun di Manado, ketika melewati sebuah rumah atau gedung dan
terdengar suara org berdoa dan bernyanyi sambil bertepuk-tepuk tangan, hati ini
langsung berkata bahwa ada ibadah geraja atau ibadah kolom dirumah
saudara-saudara kita yg beragama Kristen.

Pikiran dan hati saya terganggu, karena istri saya selalu mendesak agar bulan
desember nanti dibuatkan acara ulang tahun anak dengan nyanyian2 panjang umur
sambil bertepuk2 tangan dan meniup lilin.....alasan istri bahwa saya tidak
pernah bersama anak selama 2 kali anak saya berulang tahun sejak dia lahir ke
dunia yg fana ini.

Saya menemui beberapa Ulama di Gorontalo, menanyakan tentang Hukum Acara
tersebut, semua Ulama yg saya temui mengatakan HARAM, dengan dalil yg cukup
jelas, "mengikuti atau meniru-niru kebiasaan, cara, gaya hidup, suatu golongan,
maka dia termasuk golongan tersebut" itulah HADITS NABI SAW..apalagi BERDOA
panjang umur dengan nyanyian-nyanyian sambil bertepuk tangan.. Hukumnya sangat
jelas...HARAM!!

Semoga Ustad Mansur dan Kiayi Suwito dapat menguatkan pendapat ini.

Fany Salamanya.

Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam?  Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com

Kirim email ke