Assalamu Alaikum Wr.Wbsaya termasuk orang yang  suka melihat dan membaca
postingan yang ada di milist ini setiap hari.. dan kadang postingan2 yang ada
tidak cukup menarik untuk diberikan komentar  namun topik yang satu ini
sepertinya perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari teman-teman milist
lainnya.

El Nino Mohi, nama itu saya kenal sejak tahun 2003 dan untuk pertama kalinya
saya berbicara dengan beliau saat memandu dialog di Civica FM bersama pa Arfan
Arsyad membahas pengembangan pendidikan di Gorontalo. Pertemuan selanjutnya
terjadi pada saat pemberian award dari SUMO Foundation.  setelah itu relasi
kami terputus  karena  bung Nino mulai sibuk dengan keinginan beliau maju
sebagai calon anggota DPD dan saya pun harus hidup diperantauan untuk sementara
waktu sehingga saya hanya dapat berkomunikasi dengan beliau secara tidak
langsung sebab hanya bisa membaca pemberitaan-pemberitaan tentang beliau.
dari sedikit pertemuan yang pernah kami lakukan , ada sebuah kesan yang saya
tangkap dari Bung Nino. Bung Nino bisa dikatakan salah satu  anak muda
Gorontalo (belum dapat dikatakan tokoh) yang punya visi yang baik tentang
kemajuan Gorontalo. Mungkin banyak juga yang punya kemampuan yang lebih dari
Bung Nino namun cenderung takut untuk menampakkan diri dengan berbagai alasan
yang kadang tidak masuk akal. saya pula tidak bermaksud mengkultusindividukan
atau bahkan menganggap bung Nino sebagai Dewa penyelamat Gorontalo dengan visi
beliau ke depan, namun setidaknya dan sudah sepantasnya sebagai sesama manusia
dengan alasan yang lebih humanis kita memberikan apresiasi yang lebih kepada
beliau untuk maju sebagai wakil kita di DPD . dengan segala keterbatasan yang
ada terutama masalah kalasik (dukungan dana) beliau tetap gigih untuk membawa
sebuah iklim perubahan di daerah kita tercinta bahkan mungkin Indonesia. El
Nino dengan keterbatasan Financial yang
 beliau alami bahkan sering diolok-olok (apakah dengan pendapatan sebagi
redaktur Koran bisa membiayai kampanye) namun tetap berupaya untuk eksis.
Selain itu, elnino jika saya melihat dari kacamata akademisi (I.Allah tidak
subjektif) lebih mengedepankan jaringan intelektual dan semangat pembaharu
dibanding calon-calon lain dan ini sebenarnya yang dirindukan oleh kalangan
akademisi dari calon wakil-wakil rakyat kita.. sekali lagi  ini hanya sekedar
penilaian yang mungkin pula salah jika dilihat dari sudut pandang  lain sebab
kebenaran persepsi hanya akan dapat diakui jika telah dilakukan pembuktian
ilmiah dengan indikator-indikator yang telah disepakati dan valid.
Mencermati kondisi inilah kiranya kita walaupun tidak mau mencoblos gambar atau
nama El Nino di PEMILU 2009, namun kita harus tetap memberikan apresiasi
positif terhadap beliau sebab secara tidak langsung beliau berani menampakkan
karakter beliau sebagai calon politisi sesuai dengan latar-belakang pendidikan
beliau di Pasca Sarjana Ilmu Politik. demikian pula kita wajib menghargai
calon-calon lainnya baik itu DPR, DPRD maupun DPD siapapun dia. Jangan selalu
menjadi orang yang berdiri dengan sudut pandang berlensakan apresiasi negatif
sehingga kadang kita tidak bisa melihat kelebihan orang lain.
Satu hal mungkin yang perlu pula kita sadari adalah sudah saatnya kita
memberikan solusi terhadap perbaikan Gorontalo berdasarkan latar-belakang
pendidikan, profesi, keahlian kita masing-masing. Alangkah lebih bijaknya kita
jika tidak hanya melampar isu atau wacana, konsep tentang arah kemajuan
Gorontalo namun tidak mau terlibat langsung dalam menjalankan konsep itu dan
hanya membiarkan orang lain yang mengerjakan pekerjaan itu. Setelah si pekerja
gagal dengan pekerjaannya maka kita rami-ramai menghujat si Fulan karena gagal
padahal kita, si empunya konsep bahkan tidak hafal dan tidak tau lagi konsep
yang pernah kita telorkan itu. Ironi bukan...
Nah, akhirnya pilihan ada di tangan kita dan berusahalah memberikan pencerahan
terhadap para pemilih pemula dan kaum hedonis agar pemilu nanti lebih berarti
dan menghasilkan wakil rakyat yang kredibel. Berhentilah menghujat dan
memperolok sebab belum tentu kita lebih baik dari orang yang kita hujat... The
choices are yours
Wassaamu Alaikum Wr. Wb

            Messages in this topic           (15)

            Reply           (via web post)

          Start a new topic

                Messages
            |    Files
            |    Photos
            |    Links

            |    Polls
            |    Members
            |    Calendar

          Majulah Gorontalo kita!

      MARKETPLACE

            From kitchen basics to easy recipes - join the Group from Kraft
Foods

      Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch
format to Traditional

        Visit Your Group

        Yahoo! Groups Terms of Use       |

        Unsubscribe