Maju gorontaloku

Gorontalo sudah lama menjadi propinsi tp perkembangan untuk infrastruktur
terhitung masih lambat.
Salah satu yang dikeluhkan adalah pelayanan bandara udara jalaluddin gorontalo.
padahal bandara udara merupakan tolak ukur dr sebuah propinsi yang gaungnya
terdengar dimana2
sala satu yang sangat menyolok adalah tidak adanya tempat yang nyaman untuk
para penumpang pengunujung dan pejemput sebelum keberangkatan dan kedatangan
 untuk hal2  lainnya juga terjadi kekurangan di sana sini.
Secara teknis seharusnya bedirinya propinsi gtlo harus di iringi dengan
perubahan wajah dari pintu utama gerbang dr setiap kunjungan orang2 yang datang
ke gtlo.
Pengembangan yang sangat baik akan membuka peluang bagi pariwisata perekonomian
pendidikan sehingga meningkatkan pertumbuhan karena merupakan salah satu akses
transportasi udara yang sangat penting dimana transportasi lautnya lagi mati
suri.
Keterbatasan fasilitas harus dipikirkan dr sekarang..
Fasilitas yang harus di kembangkan saat ini adalah:
1.sistim pelayanan pelaporan chek-in
2. ruang tunggu keberangkatan.
3. ruang kedatangan dan pengambilan bagasi.
4. ruang kegiatan maskapai penerbangan/air lines
5.fasilitas untuk penumpang..
            restoran kios majalah kios
            kios bunga pakaian souvenir.
            Salon kecantikan.
            Counter penyewaan mobil
            Counter jasa asuransi penerbangan
            Locker umum
            Atn/money changer
            Nursery
            Telepon umum
            Area berinternet gratis
6.Areal taman :
            Parier yang cukup
            Lampu taman lampu jalan
            Pedestrian
            Kolam air mancur
            Pot bunga2 yang tertata
            Benner
            Bak sampah
            Papan pengumuman
            Penunjuk arah
            Area penerimaan
            Gerbang pintu masuk
Dlll.
Dan semua fasilitas di sesuaikan dengan standart kenyamanan.
Adapun keadaan bandara saat ini adalah:
1.Pemandangan dr segi estetika arsitektur sudah tidak layak
2..fungsi ruang yang tidak beraturan sehingga mengurangi kenyamana para
penumpang
3.keindahan interior ruangan tidak ada sama sekali..
4.teras atau entrance juga tidak ada.
5.fasilitas tuk penyandang cacat juga tidak ada.
6.perawatan dr fasilitas penunjang untuk umum seperti toilet sangat tidak baik.
7.pegawai dr petugas bandara yang tidak ramah.
8.gersang

Semua dr kita pasti sangat merindukan akan kemajuan gorontalo dr segala bidang
jadi marilah kita benahi dari hal2 hal yang kecil2 .
Saya punya angan angan akan keindahan bandara gorontalo.
Suasana yang asri dimana lanskapnya sangat indah pohon ada dimana2 sebagai
penyejuk hingga tak terasa panas dan gersang..fasilitas umum yang terawat dan
tertata rapi bersih dan wangi.
bentuk bangunannya merupakan cerminan budaya gorontalo yang ramah selain
moderen tidak meninggalkan  nilai 2 adat gorontalo..
Hubungan antar ruang yang funsional membuat kita nyaman dan mudah dalam
keberangkatan dan kedatangan.
Komunikasi yang baik dan keramahan antara petugas dan penumpang begitu juga
buat pengantar dn penjemput.
Area internet gratis disaat lagi menunggu keberangkatan ataupun menunggu
kedatangan biar nggak bete.
Terlihat modern dengan segala fasilitasnya yang moderen pula tapi apik dipadu
dengan keangguhan budaya gtlo
Saya pernah melakukan kajian ilmiah tengtang bandara jalaluddin dipredikisi
hingga tahun 2020 dan di evaluasli tiap 5 tahun sekali. Datanya sangat komplet.
Saya coba buat studi kelayakan d ansuvey penduduk dari pendapatan atau data
history demografi dan data history  ekonomi berupa pertumbuhan produk domestic
regional bruto (PDRB) data histories ini di amati dan dimasukan kedalam formula
metoda pendekatan yang digunakan yaitu metode Regresi linear.
Lalu di analisa hingga di dapat kepadatan penumpang hingga tahun 2020.
Kemudian seluruh fungsi2 ruang di hitung luasan dan di tata sesuai jumlah
penumpang di tahun 2020 dan di desain hubungan antar ruangnya .serta fasilitas
penunjang yang moderen hingga bisa  lebih bagus nyaman asik nggak bosan dan
menjadi acuan buat bandara lain.
Finalnya saya coba desain denah  tampak dan image dr teminal jalaluddin
gorontalo.
Tapi seribu maaf hasil kajian ini belum pernah saya publikasikan.namun bila ada
yang membutuhkan datanya saya siap Bantu tapi bukan untuk komersial.
Karena merupakan kajian pribadi .
Demiakian sedikit dr saya menambah wacana berfikir kita

Thanks banget

wassalam