tambalakada tumbihe atau tongolo o'o

thanks wassalam

--- On Thu, 11/27/08, Richie Octavian <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

From: Richie Octavian <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [GM2020] KANGKUNG YANG MEMATIKAN--tidak menyesatkan--iqbal
To: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Date: Thursday, November 27, 2008, 8:34 AM

mirip2 dengan cirita ikan tola, gabus, kabos di danau limboto yang da
bekeng kua asam kong pas depe puru da mo bala ternyata ada tambalakada
di dalam..

--- In gorontalomaju2020@ yahoogroups. com, delyuzar ilahude
<ilahude_mgi@ ...> wrote:

> Berita itu tidak menyesatkan, justru dengan berita itu kita harus
waspada jangan makan kangkung sembarangan, apalagi direstaurant yg
penuh tanda tanya kebersihannya. Monga kantho itu hobby ju, ja
hulontalo tio wanu ja monga kantho. Apalagi kantho le kamoni, sadapu
daa. Bisa dimaklumi, direstoran saking banyaknya org yg memesan
plecing kangkung maka sulit untuk mengontrol kebersihan kangkung
apalagi mengontrol antara ruas dan batang kangkung...wah ribet
amat...pake ngontrol ruas dan batang ..hahahaha.. .keburu lapar
uti........Lain halnya kalo dimasak dirumah sendiri, jelas akan
terkontrol akar dan batang. Jadi pendapat saya berita itu tidak
menyesatkan. Secara kasat mata memang tidak ada rongga, tapi siapa
yang menjamin kangkung yang dimasak itu bebas dari lintah???  Jadi ini
hanya info saja utk kehati2an kita...boodito ju, bolo maapu...

> salam del

sebenarnya punya sedikit pendapat tentang issu yang agak menyesatkan
ini tapi belum ada waktu untuk membuat satu tulisan yang cukup ilmiah.
Berikut saya forwardkan salah satu artikel dari Be Healthy sebagai
respon balik. Semoga bermanfaat.
> HIDUP KANTHO...
>
> Salam,
> Iqbal Makmur,
> So satu tahun tida makan kantho..
>

> Tidak da Lintah di batang kangkung
>

> Gossip tentang Lintah di batang kangkung sempat membuat saya salah
satu penggemar kangkung agak ogoh makn kangkung. Yang konon katanya
ceritanya brasal dari negeri jiran itu.
> Tapi tahukah anda Logikanya??? ?
> Begini ceritanya saat saya membaca sebuah artikel disebuah situs
tentang berita tesebut "Pada suatu hari di klinik yang terkenal, semua
doktor kebingungan keranaada seorang anak kecil yang menderita sakit
perut. Anak itu dibawa keklinik oleh orang tuanya setelah 2 hari
menderita diarhea. Sudahbermacam ubat sakit perut yang diberikan
kepada anak itu, namundiarheanya tidak sembuh.Di klinik orang tua anak
tersebut ditanya oleh doktor, makanan apa yangdimakan oleh anak
tersebut selama 2 hari ini. Orang tua anak itukebingungan, kerana
sejak anaknya diarhea anak tersebut tidak mau makan,dia hanya minum
susu, itu pun akan muntah semua.Setelah dikaji, ternyata sebelum
menderita diarhea, malamnya anak tersebutbaru saja diajak
> makan kangkung cos di restoran oleh orang tuanya. Doktersegera
melakukan xray, ternyata di usus anak tersebut telah berkembangbiak
lintah dengan anaknya yang kecil-kecil. Doktor surrender danmenyatakan
tidak sanggup mengambil tindakan medical apapun.Akhirnya anak kecil
malang itupun meninggal dunia.. setelah dikaji,ternyata lintah itu
sebelumnya berada di dalam batang kangkung yang besar."

> Tapi tahukah anda Logikanya??? ? . Setelah saya melakukan observasi
tidak ada lintah di batang kangkung terutama kangkung cabuT ( kangkung
yang masih terdapat akarnya/kangkung darat). coba anda perhatikan pada
bagian dasar akar ke batang tidak ada rongga untuk lintah masuk,
kemudian dari akar kebatang terdapat sekat atau ruas yang membatasi
antar batang dengan akar, sedang dari batang ke batang juga terdapat
ruas yang batasi antar batng tsb, so tidak ada celah bagi lintak
tersebut untuk masuk kalupun kemungkinan ada mungkin terdapat pada
KANGKUNG
> COMBERAN(KANGKUNG RAMBAT). TAPI SEPERTI YANG TELAK SAYA BILANG
KEMUNGKINAN ITU KECIL KARNA PADA KANGKUNG RAMBAT TETAP TERDAPAT RUAS
YANG MENGHALANGI UNTUK LINTAH ITU MASUK.

> untuk itu saya menyarankan para penggemar kangkung jangan takut
untuk makan kangkung karana saya punya tips untuk itu ;

> 1. sebelum membeli kangkung hendaknya perhatikan paka itu kangkung
cabut atau rambat saya sarankan untuk kaNGKUNG CABUT.

> 2.dalam pemotongan potonglah batangkangkung secara vertikal untuk
membuktikan sendiri apakah dalm batang tersebut ada Lintah

> 3. pastikan Cuci bersih kangkung
>
> 4. masak matang2 kangkung tersebut.
>

> Label: info sehat

Kangkung, Kangkung
> Cos, Petis Kangkung , dll. yang berkaitan dengan kangkung, mungkin
cerita dibawah ini bisa membuat anda mempertimbangkan kembali apabila
ingin mengkonsumsi kangkung...
> Seorang sahabat yang baru pulang dari Malaysia/Singapura, bercerita :
>
> Pada suatu hari di rumah sakit terkenal, semua dokter kebingungan hanya
> karena ada seorang anak kecil yang tampan menderita sakit perut.
Anak itu dibawa ke
> [...]
>
> Jujur, sejak mendengar cerita itu, kesukaan saya akan
> kangkung menjadi
> berkurang, boleh dibilang sudah 1 bulan ini saya sama sekali tidak
mengkonsumsi
> kangkung dalam bentuk apa pun, bukan karena menjadi paranoid, tapi
bagi Saya
> lebih baik menjaga segala kemungkinan yang ada, toh tidak hanya
kangkung yang
> dapat kita konsumsi, masih banyak sayur lain yang dapat kita makan
dengan
> meminimalisir segala kemungkinan "lintah" yang terselip di dalamnya.

Kirim email ke