On 11/28/08, Taufik Polapa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> dan pengetahuannnya mengenai Linux.
>
>  Tentukan Network Address dan Broadcast Address dari
> a) IP address = 10100111. 11001101. 11001111. 10101101
> Subnet Mask = 11111111. 11111111. 00000000. 00000000
> B) IP address = 10100100. 00001101. 11001111. 10101101
> Subnet Mask = 11111111. 11111111. 11111111. 00000000
> c) IP address = 00000111. 00001101. 00001111. 00100101
> Subnet Mask = 11111111. 11111111. 11111111. 11000000
> d) IP address = 00000111. 00001101. 00001111. 00001001
> Subnet Mask = 11111111. 11111111. 11111111. 11111000

Cara mudah : Pake Aplikasi Calculator yg ada di Sistem Operasi, Ubah
ke Mode Scientific, Aktifkan Sub Mode "BIN" trus copy per 8 bit (misal
di a, ambil dari 8 bit pertama) trus pindah ke Sub Mode "DEC" ...
hasilnya langsund didapat terjemahan decimal IP Addresnya

Untuk Menentukan Network Addres dan Broadcast Addresnya setelah
didapat Subnet Masknya, nanti lihat ip itu masuk di Network Address
berapa dan berapa Broadcast Addresnya sebenarnya harus memahami dulu
pembagian IP Subnetting teorinya coba baca di
http://www.tcpipguide.com/free/index.htm atau
http://romisatriawahono.net/?p=115.

Ada juga online calculatornya, coba pakai ini
http://www.subnet-calculator.com/ caranya masukkan ip addres dan
subnet mask hasil penghitungan pake kalkulator komputer tadi, trus
liat Network Addres dan Subnet Addressnya di FIELD kedua dari bawah
(Subent ID & Broadcast Address, Subnet ID = Network Address..

> Perintah-perintah Linux (Trouble shoot)
> a) Tuliskan perintah untuk menshutdown sistem Linux

Ada beberapa cara, cara paling umum ketikkan perintah "halt", biasanya
butuh root privilage
bisa juga pake perintah shutdown -h now

> B) Tuliskan perintah untuk merestart sistem Linux
Sama seperti diatas, beberapa perintah umum : reboot atau shutdown -r now

> c) Tuliskan perintah untuk masuk ke Xwindows pada sistem Linux
juga ada beberapa cara, kalo saya lihat ada "cerita" YAST, berarti
mungkin bung taufik pake SUSE, nah kalo di suse perintahnya pake
"startx"

> d) Tuliskan langkah-langkah jika password root lupa di sistem Linux (sistem
> menggunakan LILO sebagai boot managernya)
Agak panjang ceritanya, sangat gampang kalo langsung via terminal,
tidak via console (berhadapan langsung deng depe komputer), edit di
file /etc/shadow kalo tdk salah, ada bagian yg harus dihilangkan, saya
agak lupa... kudu di muka linuxnya... hehehhe

> Perintah-perintah Linux untuk jaringan
> e) Jelaskan maksud perintah "ifconfig"

Untuk setting IP Address

> f) Jelaskan maksud perintah "traceroute"
Untuk mengecek jalur Routing..

> g) Jelaskan maksud perintah "arp"
Untuk melihat ARP Table

> Gimana caranya Mengsetup IP Addres dari Console selain dari GUI Linux ?
> melalui YAST,

ifconfig --help  :D hehehhe...

>  Sebut dan jelaskan fungsi seluruh layer-layer dalam TCP/IP
> Sebut dan jelaskan fungsi seluruh header-header dalam TCP (Layer Transport)
> Sebut dan jelaskan fungsi seluruh header-header dalam UDP (Layer Transport)
> Sebut dan jelaskan fungsi seluruh header-header dalam IP (Layer Network)
Baca tentang OSI Reference, ada di web-web tentang TCP IP, kayaknya
lengkap ada di dokumentasinya cisco... coba hoba disini
http://www.intelligentedu.com/links/free_cisco_documentation.html ..
ada juga di ilmukomputer.com

> Pada port (destination port) berapa servis berikut berjalan
> a) FTP
Port 21
> B) SSH
Port 22
> c) Telnet
Port 23
> d) SMTP
Port 25
> e) HTTP
Port 80
> f) MySQL
Defaultnya kalo tidak salah di 3307,
> g) HTTPS
Port 443.
> h) DNS
Port 53

> Pada rentang nilai berapa port asal diberikan pada sebuah sesi koneksi
> TCP/IP?
Hmmm lupa.... coba google

> Perintah-perintah Linux
> a) Jelaskan maksud perintah netstat
Melihat Statistik Network...
> B) Jelaskan maksud perintah |
Ini bash command, biasa di sebut PIPING, biasanya untuk menjalankan
lebih dari satu perintah dapa shell BASH, CMIIW
> c) Jelaskan maksud perintah grep
mencuplik keluaran dari satu perintah di bash shell.
> d) Jelaskan maksud perintah more
sama deng more di basic atau DOS command, kalo ada OUTPUT yang
melebihi kapasitas scroll layar, akan di pause di batas paling bawah
kalo dia scroll up... trus nanti mo lanjut dengan any key untuk
continue...

> Terangkan maksud status pada output netstat
> a) LISTEN   ?
PORTNYA sedang aktif dan siap melayani request...
> B) ESTABLISHED  ?
Sedang terjadi transaksi pelayanan Service pada IP Portnya

> Terangkan fungsi servis SSH? bagaimana sintaks untuk mengakses servis ini
> dalam mode console?  ???

Fungsinya ampir sama dengan telnet, tapi jalan di session yg lebih secure...

contoh perintah ssh 192.168.0.1  -l username,  dimana 192.168.0.1
adalah host (komputer) yang ada / tersedia  layanan SSH nya

> Terangkan fungsi Network Mapper (nmap), bagaimana sintaks penggunaan tools
> ini?  ??
Heheheh.... pe banya jo eh.... mo ba liat port-port yg sedang
listen... contoh perintah

nmap 192.168.0.1

> Jelaskan keuntngan dan kerugian dalam penggunaan Topologi Bus, Topologi Ring
> dan Topologi Star ? ??
Kalo ini tanya jo pa kita pe murid di SMK 1 Limboto wakakkaka....
sudah ah, ada banyak depe jawaban di internet kalo  yg ini, google
jo...

> Sebutkan jenis koneksi dan media yang digunakan dalam jaringan ?

IDEM deng jawaban diatas...

> Moga ada teman di Milist ini mengerti dengan pertanyaan tersebut di atas dan
> bisa sharing  or Japri ke saya.

> Maklum saat ini Kantor sedang Migrasi dari Windows ke Linux.... dan tahapnya
> dah 80%.
> Terima kasih sebelumnya.

> salam
> Taufik

Sewa Untuk Konsultan Migratornya sama sapa  Bos ??? mau dong kalo ada
pekerjaan di Gorontalo wkekekekeke....
Upss ... so banyak yg ta Ketik eh.... mohon maaf kalo ada yang salah,
maklum bo masi NYUBI olo ....

Irwan Karim, S.Si.
Yang Tertulis Mengabadi, Yang Terucap Berlalu Bersama Angin

Kirim email ke