susah banget yah bahasnya ya? dari pada mikir bisa nggaknya mending sholat dulu
mikir blakangan.banyakan mikir ntar nggak sholat2 lagee
  karena sholat itukan hanya bentuk laporan dan bentuk ketaqwaan saja mau
sholat dimana aja bisa yang peting tempat bersih dan terpenting lagi hati
bersih...nyari hadistnya sebulan selama sebulan nggak solat2, pilih mana?
  jangan poli nyari hadist enggak sholat juga nggak, maliwolooo poli uti

  thanks

lillyan_ipb <lillyan_...@yahoo.com> wrote:
          Bukan karena ustadz dan juga bukan artikel yang mengandung SARA,
tapi ini dapat dari situs tetangga yang sekiranya bisa jadi bahan pengetahuan :

        Masuk Gereja                  Friday, 29 December 2006     Rasulullah
SAW sendiri punya tetangga yang bukan muslim. Semua hak-haknya sebagai tetangga
terpenuhi. Tidak pernah beliau menyakiti perasaan mereka atau merugikan mereka
secara finansial. Selama mereka punya keinginan baik untuk hidup damai dengan
muslimin. Rasulullah SAW hanya memerangi orang kafir yang memerangi terlebih
dahulu atau yang mengajak kepada peperangan. Sedangkan kepada kafir yang ingin
hidup damai bersama muslimin, Rasulullah SAW sangat menghormati mereka.
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->   Hukum Masuk Ke Gereja
Hukum dasar seorang muslim masuk ke gereja adalah mubah atau boleh. Namun bila
di dalamnya sedang diadakan upacara keagamaan, maka kita diharamkan hadir di
dalamnya. Meski pun ada juga yang tidak mengharamkannya.

Masuk Ke Gereja Untuk Shalat
Sedangkan untuk melakukan shalat di dalam gereja, para fuqoha berbeda pendapat.
Sebahagian dari mereka ada yang menyatakan bahwa seorang muslim diperbolehkan
melaksanakan sholat di dalamnya.

Pendapat Yang Membolehkan
Diantara yang membolehkan adalah pendapat yang dikemukakan oleh Asy-Sya'by,
Ibnu Sirin dan Atho` yang merupakan fuqoha generasi tabi'in.

Bahkan ada sejumlah sahabat yang melaksanakan sholat di dalam gereja di
antaranya Abu Musa Al-Asy'ary. Imam Bukhori menyatakan bahwa Ibnu Abbas
berpendapat bahwa melaksanakan sholat di gereja dan lain sebaginya
diperbolehkan, kecuali jika di dalamnya terdapat patung atau arca.

Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa Umar pernah mendapatkan surat dari
penduduk Najran perihal hukum sholat di gereja, karena mereka tidak mendapatkan
tempat yang lebih bersih dan lebih baik darinya. Maka Umar berkata:
"Bersihkanlah ia dengan air dan daun gaharu dan sholatlah di dalamnya".

Pendapat Yang Memakruhkan
Namun demikian sejumlah fuqoha Hafiyah dan Syafi'yah menyatakan bahwa
melaksanakan sholat di dalam gereja hukumnya makruh. Baik gereja tersebut
dipenuhi oleh patung ataupun tidak.

Haram Masuk Gereja Saat Hari Raya Mereka
Sedangkan hukum memasuki tempat ibadah orang kafir pada saat mereka sedang
merayakan hari agama mereka adalah haram.

Umar Ra berkata: "janganlah kalian memasuki tempat ibadah orang kafir pada saat
mereka sedang merayakan haria agama mereka, karena kemarahan Alloh akan turun
kepada mereka" (Al-Adab Asy-Syar�iyyah 3/442).

Pada masa lalu, Umar bin al-Khattab pun akan melakukan shalat di dalam gereja
di Baitul Maqdis. Hanya saja karena pertimbangan politis dan menjaga perasaan
hati umat Kristiani yang saat itu baru saja dikalahkan dan tentunya masih
terluka, Umar pun mengurungkan niatnya shalat di dalam gereja. Lalu dibuatlah
masjid di luar gereja itu dan jadilah masjid Umar. Namun pertimbangannya saat
bukan karena larangan shalat di dalam gereja, tetapi pertimbangan politis
semata.

  Jadi bila ada indikasi kuat bahwa upacara pernikahan itu terkait dengan
ritual keagamaan yang menjadi bagian dari peribadatan agama itu, maka bisa
dikelompokkan kepada menghadiri perayaan agama lain. Dan karena itu hukumnya
haram. Sedangkan hukum memakan makanan yang ada di gereja, tergantung dari
jenis makanan itu sendiri, apakah makanan itu termasuk yang diharamkan dalam
Islam atau tidak. Bila ada daging babi, khamar, darah atau hewan yang hukumnya
haram, tentu saja kita dilarang memakannya.

Sedangkan jenis makanan yang pada dasarnya halal dalam Islam, maka boleh
dimakan. Sedangkan sembelihan para ahli kitab dibolehkan bagi ummat Islam
dengan dalil Al-Quran Al-Kariim berikut ini :"Pada hari ini dihalalkan bagimu
yang baik-baik. Makanan orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan
makanan kamu halal bagi mereka". (QS.Al-Maidah : 5)

Kecuali hewan yang disembelih atas nama berhala atau untuk persembahan berhala,
maka hukumnya haram dimakan.(kit/syariahonline)
==============

Tapi gimana dengan berita ini ??

  Tak banyak tokoh di Indonesia seperti keluarga Gus Dur yang berani "melanggar
kebiasaan" jamaknya umat muslim.
  Berikut adalah berita Detik News yang juga dikutip sejumlah koran terbitan
daerah maupun Jakarta.
  MENGUSUNG ISU MULTIKULTURALISME, istri Gus Dur, Shinta Nuriyah Wahid berbuka
puasa bersama dan shalat Maghrib di Gereja Salib Suci di Jalan Kemuning
Bandung, Sabtu (15/9/2007). Buka puasa bersama yang diprakarsai oleh LSM Puan
Amal Hayati ini, melibatkan sedikitnya seratus anak jalanan di Bandung.
  Sekitar pukul 17.20 WIB, Shinta dan rombongan datang yang disambut oleh anak
jalanan yang sudah berkumpul sejak pukul 16.00 WIB. Acara buka puasa ini
dilakukan di halaman samping gereja. Sementara di dalam gereja sendiri sedang
dilaksanakan misa.
  Sambil menunggu adzan Maghrib, Shinta Nuriyah berbincang-bincang dengan anak
jalanan yang isinya merupakan ceramah. Dia bertanya mengenai rukun Islam, namun
hanya sedikit anak jalanan yang menjawab. "Jadi rukun Islam yang ketiga itu
puasa. Pada puasa nggak nih?," tanyanya. Sebagian menjawab puasa dan
sebagiannya lagi tidak berseru.
  Saat adzan Maghrib berkumandang, panitia pelaksana langsung membagikan satu
kantong nasi dus. Setelah menerimanya, para anak jalanan itu langsung
membubarkan diri. Panitia sendiri sudah menyediakan tempat shalat di aula
belakang gereja.
  Menurut Shinta Nuriyah, pemilihan lokasi buka puasa bersama ini ditunjuk oleh
panitia lokal. "Sudah delapan tahun saya melakukan sahur dan buka puasa
keliling. Saya tidak memilih apakah harus di gereja atau klenteng," ujarnya.
  Kehadirannya di tengah-tengah umat lain, kata dia, sebagai ajang untuk
mempererat tali persaudaraan antar umat beragama di Indonesia. "Saya melibatkan
seluruh umat beragama di Indonesia. Kita ini kan bhineka tunggal ika, jadi
alangkah baiknya Ramadan ini kita jadikan ajang persaudaraan," tandasnya.
  Dia mengungkapkan rencananya dalam satu bulan puasa ini, dia akan berkunjung
ke 23 kota di Indonesia. Dirinya juga akan berkunjung ke Hongkong. "Sebelum ke
Hongkong, saya mau ke Batam dulu. Di Hongkong saya mau bertemu dengan para TKW
untuk memberikan support pada mereka," tuturnya.
  Sementara itu, Pimpinan Gereja Salib Suci, Romo Dedy Pradipto mengatakan
pihaknya gembira menerima kedatangan mantan ibu negara tersebut. "Saya harap
semangat Ramadan bisa kami rasakan juga," katanya. [www.blogberita.com]
  CATATAN BLOG BERITA DOTCOM:
  Aku (aku disini bukan abusyaima/tapi pemilik blog asli) pribadi setuju saja
bila istri Gus Dur melakukan salat di aula gereja.
  Membaca berita ini aku jadi teringat Ustad Tanjung, yang mengislamkanku dulu
di Balige. Dia berkata, jangankan di rumah orang nasrani atau non-muslim,
bahkan di dalam gereja dan vihara pun kita orang Islam bisa melakukan salat,
asalkan si pemilik tidak keberatan.
  Ia mengisahkan seorang kawannya, yang juga guru agama Islam. Berpuluh tahun
silam kawannya itu sedang berkunjung ke rumah familinya di sebuah desa. Di desa
itu tidak ada masjid dan langgar. Suatu sore dia sedang melintas di sebuah
gereja lalu berteduh di sana karena hujan lebat. Waktu salat magrib pun tiba,
dan dia ingin sembahyang. Dia, yang telah kenal sebelumnya dengan pengurus
gereja, meminta izin untuk masuk dan salat di dalamnya. Pengurus gereja tidak
keberatan, dan dia pun melangsungkan salatnya.
  "Yang penting adalah hati kita saat berdoa, bukan tempat. Bahkan di atas
pasir dan di areal sawah pun kita bisa salat bila memang tak ada lagi tempat
yang lebih layak," kata Tanjung padaku.
  Maka aku terkadang "geli" bila ada kawanku muslim yang "merasa alergi" saat
melintasi gereja. Mungkin mereka tak tahu bahwa Masjid Istiqlal, gedung masjid
kebanggaan umat muslim Indonesia, adalah bikinan seorang nasrani — orang
Batak-Kristen: arsitek handal Friedrich Silaban.
  [www.jararsiahaan.com]

  Gimana Aa' Fadli ?? He..he..

  ===========================

--- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, "Richie Octavian"
<richie.octav...@...> wrote:

> Sholat di Gereja..... kebaktian, Misa di Masjid..
>
> gak masalah....yg penting bersih dan berjamaah
>
> Mungkin saja suatu saat nanti ada mesjid Immanuel dan Gereja Al- Ikhlas
>
> "Bumi diciptakan untukku dalam keadaan suci ( bersih ) dan sebagai
> masjid ( tempat untuk sholat ) maka siapa saja yang mendapatkan waktu
> sholat maka sholatlah dimana saja ia berada".
>
> salam
>
> richie
>
> Abdi Tuhan yg atheis sejati
>

> --- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, "Agus Lahinta" lahinta@

> [...]