Dear Temans..
Tak disangka perlawanan bangsa Arab di meja perundingan justru datang dari
Turki yang selama ini dikenal sebagai negara sekuler dan sahabat Israel. Kalau
di kalkulasi minimal sudah empat negara diluar Palestina yang menyatakan
melawan Israel yaitu  Iran, Turki, Suriah dan Libanon.

Presiden Israel Diteriaki "Pembunuh" oleh PM Turki
http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/30/0952368/Presiden.Israel.Diteriaki..Pembunuh.oleh.PM.Turki

DAVOS,  JUMAT — Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan beranjak meninggalkan
Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Kamis (29/1), setelah menyebut Presiden
Israel Shimon Peres sebagai "pembunuh." Sebutan itu dikumandangkan
oleh Tayyip Erdogan sebagai bentuk keprihatinan terhadap sikap Shimon Peres yang
mendukung operasi militer Israel di Gaza.

Peserta debat yang bertopik Gaza, seperti penasihat Presiden Barack Obama,
Valerie Jarret, tersontak melihat Erdogan dan Shimon Peres terlibat debat sengit
dengan nada tinggi dan penuh emosi. Dalam debat yang memanas itu, Peres tetap
membela posisi Israel dalam serangan militer selama 23 hari terhadap militan
Hamas.

Peres menerangkan, operasi militer Israel diberlakukan sebagai respons atas
serangan roket Hamas selama 8 tahun yang diarahkan ke wilayah teritorial Israel.
Saat menyampaikan pandangannya itu, Peres kerap kali melepas pandangannya ke
Erdogan yang mengkritik pemblokadean Israel atas wilayah Gaza.

Erdogan menyebut pemblokadean itu sebagai penjara "terbuka" yang
terisolasi dari belahan dunia lain. Erdogan menyampaikan keprihatinannya
terhadap operasi militer Israel yang menewaskan sekitar 1.300 warga Palestina,
lebih dari separuh di antaranya adalah warga sipil.

"Kenapa Hamas menembakkan roket? Tak ada pemblokadean terhadap Hamas
sebelumnya," kata Peres dengan nada suara penuh emosional. "Kenapa
mereka (Hamas) memerangi kami, apa yang mereka inginkan? Tak pernah ada
kelaparan sebelumnya di Gaza."

Debat ini melibatkan Israel dan Turki sebagai pusat perhatian mengingat peran
penting Turki sebagai moderator perdamaian Israel dengan Suriah. Erdogan
menyampaikan kekecewaannya dengan mengenang upayanya mengadakan pendekatan
perdamaian dengan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert sebelum Israel melancarkan
operasi militer di Gaza.

"Saya sedih mengetahui peserta forum bertepuk tangan terhadap ucapanmu
(Peres)," kata Erdogan. "Kamu pembunuh. Dan saya berpendapat tindakan
itu sangat keliru." Emosi Erdogan memuncak saat seorang moderator panel
memotong pernyataannya untuk menanggapi pembelaan Peres terhadap operasi militer
Israel melawan Hamas.

Luapan kemarahan ini berlangsung menyusul diadakan debat selama 1 jam di forum
yang dihadiri oleh sejumlah pemimpin dunia di Davos. Erdogan berupaya memojokkan
Peres lewat sanggahannya saat debat akan berakhir dengan meminta moderator yang
adalah kolumnis Washington Post, David Ignatius, memperkenankan menambah waktu
baginya untuk berbicara.

"Saya masih ingat dengan anak-anak yang tewas di pantai-pantai,"
tegas Erdogan. Saat Erdogan diperintahkan menghentikan komentarnya, Erdogan
dengan sikap gusar meninggalkan forum yang dihadiri panelis Sekjen PBB Ban
Ki-moon dan Sekretaris Liga Arab Amr Moussa.

"Anda mengetahui betul pembantaian terhadap warga Palestina," ujar
Erdogan secara lantang kepada Peres. "Saya masih ingat 2 mantan perdana
menteri di negaramu yang pernah mengaku senang saat tank-tank Israel berhasil
menjejakkan kehadiran di tanah Palestina," tambahnya.

Saat moderator berupaya memotong pernyataan Erdogan dengan menjelaskan waktunya
telah memasuki jam makan malam, Erdogan menyelanya dengan mengatakan:
"Jangan interupsi saya. Kamu tidak mengizinkan saya untuk berbicara. Saya
tidak akan ke Davos lagi," tegasnya.

Erdogan menekankan alasannya meninggalkan forum di Davos bukan karena
perselisihannya dengan Peres. Erdogan menjelaskan tidak diberikan cukup waktu
untuk menanggapi pernyataan Shimon Peres. Erdogan mengeluh karena Peres
diberikan waktu 25 menit untuk menyampaikan komentar, sementara dirinya hanya
diberi waktu 12 menit.

            PPI Jepang "Membuka Dunia untuk Indonesia dan Membuka
Indonesia untuk Dunia"
              Homepage:  http://www.ppi-jepang.org
               Milis: ppi-jep...@yahoogroups.com

Next Event:
Temu Ilmiah PPI Jepang 2008:
http://ti2008.ppi-jepang.org/
e-mail: temuilmiah2008[at]gmail[dot]com
(for registration & abstract submission)
* We strongly encourage you to join these events *

   Ada saran dan kritik? Kirimkan ke ppi-jp-s...@yahoogroups.com