(Disampaikan sebagai topic program “Just Ronal Hutagalung” di Go Radio, Tanggal
24 April 2009 pukul 21.00-23.00)

Seekor Elang dewasa terbang berputar-putar dengan sangat eloknya di atas sebuah
padang rumput. Sorot matanya menatap dengan tajam ke arah seekor kelinci putih
yang berada tepat di bawahnya. Rasa lapar yang menggerogoti perut tidak
memaksanya untuk bertindak ceroboh. dengan penuh kehati-hatian dia menunggu
saat yang tepat untuk menjemput makan siangnya.

setelah terbang berputar-putar beberapa kali dan merasa siap untuk menangkap si
kelinci, dengan sayap yang terbuka lebar dan cakar yang tajam Elang inipun
segera menukik tajam kearah si kelinci dan berhasil menyergap serta
mencengkeram erat si kelinci. Perasaan senang segera mengalahkan bunyi
keroncong dari perutnya.

Setelah bernafas lega, Elang inipun segera bersiap untuk terbang membawa makan
siang untuk dirinya sendiri dan anak-anaknya yang sedang menunggu di dalam
sarang. Namun sayang, saat membawa mangsanya terbang. tiba-tiba, Brukkk.
Kelinci tersebut jatuh terlepas dari cengkraman dan berlari terbirit-birit
masuk kedalam hutan.

Tidak dapat lagi melihat mangsanya, Elang inipun kembali terbang ke puncak
pohon tempat ia tinggal bersama dengan anak-anaknya. tentunya dengan perasaan
kecewa dan rasa sakit diperut karena menahan lapar..

Kejadian yang dialaminya hari ini adalah kejadian yang sudah kesekian kalinya
terjadi. sudah berminggu-minggu dia gagal menangkap mangsa dan mengalami
kelaparan panjang.

Di usianya yang memasuki 40 tahun, banyak perubahan yang terjadi pada dirinya.
bulunya yang sangat lebat menjadikan gerakan terbangnya menjadi semakin lambat
dan tidak dapat terbang tinggi. Kuku-kuku yang berada di ujung cakarnya sudah
menua sehingga sangat menyulitkan ketika digunakan untuk mencengkram. demikian
juga dengan paruhnya yang dulu tajam, sekarang tidak mampu lagi menangkap
mangsa karena kepanjangan dan bengkok kedalam hingga hampir menyentuh dada.

Menghadapi kenyataan ini, hanya ada dua pilihan berat yang harus dipilihnya.
Mati kelaparan atau menjalani proses perubahan yang sangat menyakitkan selama
150 hari. Proses ini mengharusnya ia terbang ke atas puncak gunung yang tinggi
untuk memulai proses perubahan. Pertama-tama, Elang harus menghantamkan
paruhnya berkali-kali pada sebuah batu keras sampai terlepas dari mulutnya.
Setelah paruhnya terlepas, sang Elang harus menunggu sampai paruh barunya
tumbuh kembali.
Proses kedua adalah sang Elang harus mencabut satu per satu cakarnya yang menua
untuk membiarkan tumbuhnya cakar yang baru. Proses terakhir adalah mencabuti
satu per satu bulu di sekujur tubuhnya. Inilah proses yang panjang dan
menyakitkan yang harus dijalaninya selama lima bulan.

Seekor Elang dewasa dapat hidup hingga usia 70 tahun. Saat memasuki usia 40
tahun Elang harus melakukan proses perubahan ini. Sebuah proses yang sangat
menyakitkan namun memberikan sebuah harapan hidup baru, hingga 30 tahun lamanya.

Sebagaimana seekor Elang, manusiapun setiap harinya mengalami perubahan.
Perubahan yang dengan sengaja kita niatkan dan lakukan, maupun perubahan yang
diakibatkan oleh perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Perubahan
merupakan sesuatu yang mutlak dalam kehidupan ini. Seorang pelatih sukses dan
penulis buku best seller, Brian Tracy, berkata bahwa “Setiap harinya manusia
berubah, jika tidak berubah menjadi lebih baik maka sudah pasti berubah menjadi
lebih buruk”.

Sebuah hal yang mustahil bagi kita untuk menghindari perubahan. perubahan
merupakan cara alam untuk menyeleksi seberapa pantas kita dapat hidup dengan
baik. Seberapa pantas kita dapat tetap bertahan dalam sebuah pertandingan.
Serta seberapa pantas kita untuk merasa bangga atau untuk dibanggakan.

Ingatkah Anda ketika awal kemunculannya, Band ST 12 hadir dengan nuansa musik
beraliran Pop. Saat itu mereka harus bersaing dengan band-band yang telah lebih
dulu ada dan memiliki begitu banyak fans seperti Sheila On Seven, Peter Pan,
Naff, dan senior mereka Gigi. Sebuah tantangan yang sangat berat bagi sebuah
band baru.. hal ini pun menjadi semakin sulit dengan membanjirnya band-band
baru yang juga beraliran yang sama. Akibatnya, impianpun masih jauh dari
kenyataan.

Menghadapi lingkungan musik yang mengalami perubahan, yaitu menjadi jenuh
dengan band-band aliran pop. Hanya ada dua pilihan berat bagi ST 12, yaitu
bertahan dengan music popnya atau melakukan perubahan. Ke dua pilihan ini
memiliki konseskuensi atau resiko berat. Jika ST 12 tetap bertahan dengan
aliran popnya, secara pasti mereka akan kalah bersaing dan MATI. Jika mereka
memilih untuk berubah, mereka harus siap dengan segala konsekuensi yang terjadi
selama proses perubahan.

Setiap perubahan mengharuskan agennya untuk melakukan perpindahan dari area
nyaman (comfort zone) ke area yang tidak nyaman (uncomfort zone). Sebuah proses
yang senantiasa disertai oleh rasa takut, rasa cemas, rasa sakit, dan terkadang
putus asa.

Karena keputusan band ST 12 untuk memilih BERUBAH dan bukan memilih MATI,
mereka berhasil menjadi jawara di belantika music Indonesia. Mereka merubah
aliran musiknya dari sekedar Pop menjadi Pop Melayu. Album mereka yang berjudul
PUSPA berhasil meraih berbagai macam penghargaan. Menariknya, mereka berhasil
berubah menjadi juara dengan salah satu single lagu di albumnya yang berjudul
“Jangan Pernah Berubah”. Hingga saat artikel ini di tulis lagu tersebut masih
bertengger di berbagai chart music popular.

Dalam konteks bisnis, keputusan untuk berubah telah menyelamatkan perusahaan
dari kematian. salah satu contohnya adalah PT. Telkom. Sebagaimana perusahaan
BUMN lainnya pada masa itu, hingga tahun 1988 Perumtel memiliki begitu banyak
masalah. Komplain konsumen terhadap buruknya pelayanan hampir setiap saat
menghiasai menghiasi media massa. Sementara saat itu jumlah karyawannya
mencapai 46 ribu orang dengan 900 ribu satuan sambungan. Jika dihitung-hitung,
itu sama artinya setiap karyawan hanya melayani kurang dari 20 sambungan
telepon.

Menghadapi kondisi ini, Perumtel harus segera memilih untuk BERUBAH atau MATI.
Akhirnya diputuskanlah untuk berubah dan menunjuk Ir.. Cacuk Sudariyanto
sebagai kapten kapalnya. Cacuk akhirnya menemukan tiga masalah fundamental yang
harus segera dibenahi, yaitu aspek financial, laporan keuangan, dan SDM
perusahaan. Perubahan pun segera dilakukan dengan membenahi ke tiga aspek
tersebut. Singkat cerita, dalam masa kepemimpinan Cacuk yang relative singkat
(1988- 1992) PT. Telkom telah memiliki 3,5 juta satuan sambungan dengan
kualitas pelayanan yang jauh lebih baik.
Hingga saat ini PT. Telkom masih terus melakukan perubahan. Jika tidak BERUBAH,
tentunya harus bersiap untuk MATI. Lingkungan saat ini berubah dengan sangat
cepat mengikuti perkembangan jaman. Kecepatan dan fleksibilitas menjadi hal
yang penting. Akses Internet menjadi sebuah kebutuhan baru. Hadirnya teknologi
seluler menjadikan masyarakat lebih menyukai menggunakan handphone GSM ataupun
CDMA sebagai alat komunikasinya. Anda tentu sudah tahu inovasi apa yang
dilakukan PT. Telkom dalam menyikapi perubahan ini.

Bagaimana dengan kehidupan sehari-hari? Setiap keputusan yang pernah kita ambil
maupun lingkungan saat ini telah menjadikan hidup kita berubah. Jika kemarin
Anda sakit kemudian hari ini sehat, Artinya Anda berubah menjadi lebih baik.
Jika Anda kemarin pesimis dan kemudian hari ini merasa optimis, artinya Anda
berubah menjadi lebih baik. Namun jika kemarin Anda merasa bahagia dan hari ini
merasa sedih, artinya anda berubah menjadi tidak baik.

Bagaiman kondisi tubuh, pikiran dan perasaan yang kita jalani saat ini
merupakan pencerminan kearah mana hidup kita sedang berubah. Jika tubuh,
pikiran dan perasaan Anda positif, itu berarti Anda sedang berada di jalur rel
yang tepat dan membawa Anda pada kehidupan yang lebih baik. Anda memilih untuk
BERUBAH menjadi lebih baik.

Namun jika saat ini tubuh, pikiran dan perasaan Anda negative, Anda tentu tahu
kemana ujung dari perjalanan Anda. Dengan tetap membiarkan kondisi tersebut
berlarut-larut, artinya Anda telah memutuskan untuk tidak BERUBAH. Anda memilih
untuk MATI!

Salam Smart

NB : Anda memang tidak dapat menghindari perubahan dalam hidup. Karena itu saya
siap membantu Anda serta selalu berdoa dan berharap agar perubahan apapun dalam
hidup Anda senantiasa menuju pada kebaikan. Mari kita pastikan bersama bahwa
hidup Anda berubah menjadi lebih baik dari hari kehari.