di kompleks hradny castle / kediaman resmi presiden czech  di kota praha ,
czech ada sepotong gerbang lama yang tersisa dari bangunan sebelumnya . bagian
dari gerbang lama tersebut bukannya dihancurkan , tetapi digabung ke dalam
gerbang baru masuk ke kompleks istana tersebut .

seperti saran om henk , jadi harusnya dipadu saja bangunan lama dan baru dan
bukan menghancurkannya . jadi ingat dengan  gudang-gudang lama di pelabuhan
kota brisbane yang disulap menjadi kompleks apartemen bergengsi dan juga
menjadi tempat penyelenggaraan expo 88 . di banyak kota di australia , bangunan
luar masih dalam bentuk asli tetapi di dalamnya sudah dengan arsitektur
mutakhir dan modern .

jadi ingat ketika pembangunan di botupingge dimulai , kasihan almarhum pak
prof. john katili yang dikipas untuk nyanyi tidak setuju . dengan alasan daerah
gempa . tapi indonesia sendiri kan letaknya di 'volcanic belt' terus daerah
mana yang aman dan tidak kena gempa ? adelaide memiliki windy point , barcelona
memiliki mont juich dan victoria peak di hong kong . bukankah tanah tanah tidak
produktif tadi lebih baik dimanfaatkan untuk gedung perkantoran daripada
merusak sawah yang sudah dicetak dan produktif ? dan tentu saja bebas banjir
ehm , tentu saja harus dengan kecermatan untuk segera menanam dengan
pohon/penghijauan sehingga tidak terkena longsor (yang dipraktekin oleh
negara-negara lainnya) dan juga memberi perspektif baru buat gorontalo .

oops, saya harus jum'atan dulu ,

salam ,

tot.