Sudah 8 bulan saya berada di Gorontalo tapi sampai detik ini saya tidak pernah
lagi mendengar anak2 atau orang2 di sekeliling saya menyebut Bapu ataupun Nenek
menjadi sebuah panggilan terhadap Ayah dari Bapak kita,semua tergantikan oleh
Opa dan Oma.
Ironis sekali bila kita bandingkan dengan orang Jawa yang masih memanggil
dengan sebutan Eyang putri taupun Eyang kakung terhadapa orang2 tua dari Ayah
mereka taupun Ibu.
Tradisi Jawa mereka sangat terjaga sampai sekarang walau mereka sudah menjadi
pejabat atau orang terkenal sekalipun.Begitupun dengan orang Batak mereka masih
memanggil opung,dan mereka masih memegang silsilah dari setiap marga,hingga
mereka hapal betul urutan keluarga dari tiap tingkatan,ini memudahkan mereka
tahu dengan siapa mereke berhadapan paman ataupun opung dengan orang yang
mereka tidak kenal sekalipun tapi memiliki marga yang sama.
Tradisi di Gorontalo sudah mulai bergeser , dan lambat laun digantikan tradisi
gengsi mengakui budaya sendiri.
Malu dan sangat malu jika saya ikut ikutan memanggil opa ataupun oma untuk
orang tua sekarang,karna dulu saya kecil memanggil kakek dengan sebutan Bapu
dan nene' kebetulan kakek kami Namanya Bapu Lini(Bakari Ayub) .kata teman saya
gengsi kalo manggil Bapu..karna bapu itu orangya tua renta kumal dan tidak
intelek.apa benar?
Saya sendiri bingung di rantau orang saya berusaha mengajarkan anak2 memanggil
orangtua dengan nama Bapu,biar mereka tidak hilang ditelan budaya sunda dan
jawa,saya ajarkan mereka tarian dana dana, polopalo,pakaian adat lengkap dengan
tambi;onya.serta arti dari setiap pakaian adat, perbedaan antara pakaian raja
dan rakyat yang dibedakan dengan tambi'o dari tiap urutan manik2 juga adab
sopan santun ,dari cara duduk,makan dan sebagainya.
Kenapa di Gorontalo sendiri semua terlihat Munafik,gensi dan sok
berwibawa.hingga lupa daratan,lupa asal usul mereka dahulu.
Munafik karena mereka dulu memanggil kakek dengan sebutan bapu,kini setelah tua
mereka ingin di panggil opa.wuihhh keren,karena kata teman saya saya opa itu
keren neces ,pakaian bagus dan intelek,
dalam hati saya mau kaya orang manado kali ya?
kenapa nggak sekalian aja jadi orang bulawahu ( +) biar keren!.
dan bila ada di Milis yang sering memanggil opa n oma saya pribadi sebut anda
orang yang munafik! karna anda adalah orang Gorontalo.bukan orang lain.
Gorontalo maju , termaksud budayanya juga harus Maju.
kalo bukan anda yang manjaga siapa lagi?

thanks

      Pemanasan global? Apa sih itu? Temukan jawabannya di Yahoo! Answers!
http://id.answers.yahoo.com

Kirim email ke