Saya setuju dan sependapat dengan adik saya Taufik Polapa, namun saya akan
lebih mendukung apabila tendensinya lebih ke arah bisnis dan pendidikan,
walaupun ada kemungkinan untuk berpolitk.  Saya tahu betul bagaimana peran KKIG
Makassar, karena saya pernah tinggal disana. Sama halnya dengan KKIG Bandung
dalam memperjuangkan hak2 masyarakat Gorontalo di kota itu, karena saya juga
lama tinggal disana. Walaupun komunitasnya sedikit, KKIG Kota Sorong juga amat
kompak, kesepakatan antara sesama masyarakat Gorontalo disana untuk mengadakan
Hari Raya bersama dengan bepindah pindah tempat ke rumah masing2 anggotanya
amat saya kagumi, karena pernah sekali saya menghadiri suatu perayaan Lebaran
di rumah salah seorang warga Gorontalo yang berada di Kabupaten Raja Ampat.
Saya mengenal dekat tokoh2 Lamahu Jakarta sejak era tahun 80-an, cita2 dan
keperdulian mereka terhadap kemajuan daerah Gorontalo yang diremoute dari
Jakarta. Salah satu contoh kongkritnya  adalah memberi beasiswa kepada 10 murid
terbaik dari daerah Gorontalo untuk melanjutkan sekolah tingkat atas di Ibu
Kota pada setiap tahunnya. Itu yang dialami oleh Bung Elnino dkk. Elnino dan
kawan2 memang membuktikannya. Misalnya, seorang siswa yang anteng menempati
ranking 1 pada sebuah SMA Swasta bergengsi di Jakarta oleh Elnino dan kawan2
mereka jadikan ranking 11, sepuluh ranking sekolah diatasnya dipinjam oleh
Elnino dan kawan2 yang baru datang dari Gorontalo. Apakah hal ini tidak
membanggakan kita, sebagai masyarakat yang hidup di Jakarta? Lalu kemanakah
arah cita2 luhur Lamahu itu? Saya ambil contoh ormas SAS, Sulit Air Sepakat.
Organisasi itu didirikan oleh oleh para leluhur yang berasal dari sebuah daerah
(saya tak dapat menyebutkannya sebuah kota atau kabupaten. Lebih cocok dia
disebut sebuah desa. Karena mirip2 desa Lombongo yang ada di pedalaman Suwawa.
25 tahun yang lalu saya tinggal disana). Oraganisasi ini sangat pro aktif,
cabangnya berada di seluruh negeri ini hingga ke Amerika Serikat. Apakah
organisasi sebuah desa yang berasal dari suatu daerah di pedalaman Sumatera
Barat ini tak memberi inspirasi buat kita sesama masyarakat Gorontalo di
perantauan? Saya baru sebatas memberikan sebuah ide berdasarkan pengalaman..
Sent from my BlackBerry®