Dear All Gm2020

Semoga Artikel di bawah ini bermanfaat dan menambah Spirit dan Inpirasi dalam
kegiatan kita sehari2.

Life begin at 40, kata kebanyakan orang. Usia saya sudah satu tahun
melebihi angka itu. Jadi saya sudah menempuh setengah lebih perjalanan
hidup, itupun bila Sang Pemberi Hidup mengizinkan saya menapak di bumi
melebihi usia 70 tahun. Kematian itu misteri, tak ada yang tahu kapan
dia akan datang. Duh, andaikan dia datang menjemputku hari ini, bekal
apa yang bisa saya bawa pulang?

Bila ingat hal itu, saya
tidak ingin menyia-nyiakan waktu. Saya menghindar dari orang-orang yang
lebih sering berkata negatif, menjelek-jelekkan orang lain sambil
menunjukkan dirinyalah yang hebat. Saya tidak ingin melewatkan
kesempatan untuk lebih mencintai dan memperhatikan istri, anak, orang
tua dan saudara-saudara saya.

Saya juga ingin semakin cepat
mewujudkan bintang terang atau mimpi-mimpi hidup. Semakin tua, saya
semakin senang membaca artikel tentang kesehatan, kematian dan kisah
hidup banyak orang. Dan lebih dari semua itu, saya ingin semakin
dicintai penduduk langit dan memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi
penduduk bumi.

Semakin mendalami hal itu saya semakin yakin
bahwa sebelum kita ”pulang” dijemput kematian, kita harus meninggalkan
sesuatu yang berarti bagi keluarga, sahabat dan komunitas. Sesuatu yang
berarti bukanlah selalu harta. Banyak orang besar dunia yang telah
tiada, dikenang bukan karena warisan kekayaannya. Mereka dikenang
karena ”membebaskan” kebodohan, penindasan, kemiskinan. Mereka dikenang
karena telah banyak mengubah makna hidup yang lebih hakiki dan penuh
arti. Mereka juga dikenang karena bisa dijadikan tauladan kebaikan,
perjuangan, kontribusi dan kegigihan menjalani hidup.

Untuk
menuju hidup yang lebih bermakna, saya menyarankan Anda untuk
mengajukan beberapa pertanyaan yang akan selalu menginspirasi dan
memprovokasi hidup Anda. Saya sudah mempelajari banyak kehidupan orang
hebat, baik yang masih hidup maupun yang telah tiada. Salah satu
kelebihan mereka dibandingkan yang lain adalah mereka lebih disiplin
melakukan refleksi dan introspeksi diri. Jadi, ajukanlah
pertanyaan-pertanyaan yang berharga dalam hidup Anda. Kualitas
pertanyaan akan mengarahkan kualitas kehidupan Anda.
Kebanyakan
orang tidak pernah tahu bagaimana cara menjalani hidup, dan baru
mengetahuinya ketikan kematian telah dekat. Namun pada saat itu
benar-benar sudah terlambat. Maka segeralah ajukan
pertanyaan-pertanyaan penting dalam kehidupan Anda.

Untuk
membantu Anda, saya biasanya mengajukan lima pertanyaan untuk diri
sendiri setiap pagi dan menjelang tidur. Ajukanlah pada diri sendiri
kelima pertanyaan itu, hari ini juga. Tuliskanlah jawaban Anda dalam
buku jurnal atau buku harian yang Anda miliki. Renungkan...,
pikirkan..., dan diskusikan jawaban itu dengan diri Anda sendiri.
Bayangkan
bahwa hari ini adalah hari terakhir dalam hidup Anda dan sang penjemput
kematian telah menunggu di depan rumah. Lalu bertanyalah pada diri
sendiri:
a.    Apakah saya sudah mewujudkan banyak prestasi dalam hidup?
b.    Apakah saya menjalani kehidupan dengan sepenuh hati?
c.    Apakah saya mencintai dengan baik orang-orang di sekeliling saya?
d.    Apakah dunia yang kutinggalkan jauh lebih baik dibandingkan ketika saya
hadir di muka bumi? Apa yang sudah saya perbuat?
e.    Apakah Sang Pencipta tersenyum menyambut saya ”pulang”?

Saya
berharap jawaban-jawaban Anda akan membantu Anda menjalani hidup dengan
penuh makna, bergairah, dan bersuka cita. Berpikirlah jernih, bahwa
kita hadir dimuka bumi ini bukan untuk menjadi beban bagi orang lain,
kita hadir untuk memberikan arti dan makna. Jangan tunda untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan di atas hari ini juga. Bukankah pepatah China
mengatakan ”hari terbaik pertama untuk menanam pohon adalah 20 tahun
yang lalu. Dan hari terbaik kedua adalah hari ini” Saya yakin Anda tak
ingin kehilangan hari terbaik kedua itu. Jadi, jawablah dan tuliskanlah
jawaban Anda hari ini juga.

TP
Salam SuksesMulia!

Kirim email ke