________________________________
Dari: Funco Tanipu <funcotan...@gmail.com>
Kepada: Gorontalo Maju <gorontalomaju2020@yahoogroups.com>
Terkirim: Sen, 22 Maret, 2010 12:28:16
Judul: Re: [GM2020] Perjalanan Dinas?

Jika dia melakukan perjalanan dinas, tentu mesti ada manfaat utk dinasnya,
terutama daerah.

Jangan sampai dia "berjalan" tanpa arah atau sekedar memenuhi undangan. Menurut
saya, urgensi dia melakukan kunjungan adalah apa yang bisa diperoleh utk
daerah, bukan utk dia.

Perlu diketahui saja, perjalanan dinas seorang eselon 2 ke luar daerah bisa
diatas 10 jt. Itu hanya utk (kalau tidak salah 3 hari) dalam negeri. Ke luar
negeri lain lagi.

Daerah kita tidak ada penghasilan lain selain "kasih sayang" pusat. Berapa anda
tau PAD kita? Lebih banyak dana dr Pusat drpada penghasilan asli kita.

Artinya, jika diukur perjalanan itu lebih banyak inefisiensi mendingan gak
usah. Kalau hanya utk promosi Gorontalo, saya kira mending via dunia maya yang
punya pengunjung tetap diatas 50 juta orang.

Sekali lagi, mental birokrat kita dalam sejarah manapun masih bermental
kolonial, mungkin hanya beberapa yang lurus. Tapi, kenapa Negara ini masih
berada di palung peradaban, karena pengelolaan bangsa yang memang tidak
sebagaimana mestinya. Dengan track record birokrasi Negeri ini, saya kira wajar
kita mengawasi dengan seksama.

Terima Kasih

Funco Tanipu