Baiklah saya jelaskan dulu sambungan email tadi pagi...
Pemeringkatan dari  4icu.org, penilaian website berdasarkan :
1. Google Page Rank
2. Yahoo Inbound Links
3. Alexa Traffic Rank
Selengkapnya bisa di lihat di http://www.4icu.org/menu/about.htm#ranking

Sedangkan menurut webometric seperti yang di posting pak yahya...
Pemeringkatan berdasarkan size, visibility, rich files, dan scholar seperti
yang telah
dijelaskan oleh Bei sebelumnya. Bisa di baca selengkapnya di
http://www.webometrics.info/about_rank.html

Kalo di lihat dari posisi ITB sendiri kenapa kalah dari UGM dalam peringkat
webometric
karena ITB kalah dalam peringkatnya jika di lihat secara visibility dan rich
files yang bobotnya justru paling besar. Tapi ITB unggul dalam hal size dan
scholar yang notabene adalah bobot penilaian dari pemeringkatan 4icu.org

Berikut saya bagi tips dari milis IA-ITB tentang Bagimana cara peningkatan
rangking di webometric :

bisa di download disini

UNG untuk pemeringkatan 4icu.org masuk dalam peringkat 77 se indonesia. Sungguh
suatu hal
yang sangat membanggakan. Bisa di lihat di sini http://www.4icu.org/id/

Jadi secara size dan scholar UNG sudah bisa bersaing dengan universitas lain di
Indonesia.
Dari penjelasan Bei sudah sangat jelas bahwa sudah ada usaha2 untuk
meningkatkan peringkat UNG
di webometric. Saya setuju kalo perlu di buat tim khusus seperti yang di
lakukan oleh Univ. Negeri Malang.
Tim khusus ini sendiri di bentuk dari beberapa orang profesional dengan
melibatkan civitas akademika UNG dan dari luar UNG. Bahkan Universitas sekelas
UI, Unpad aja masih melibatkan tim dari luar kampus untuk pengembangan web
mereka. Tapi kembali lagi semua harus di dukung oleh seluruh aktivitas dari
kampus itu sendiri dalam memamfaatkan teknologi yang di bangun. jadi benar apa
yang di anjurkan oleh dirjen dikti "Disiplinkan dosen untuk selalu mengupload
dan mengupdate kekayaan filenya. Undang semua dosen, mahasiswa, dan alumni
untuk selalu heating di website tersebut."

Satu lagi saran dari saya pribadi kalo bisa di buat suatu milis atau forum
diskusi di bawah domain UNG.
Dan kita semua warga milis GM2020 wajib mendukung untuk ikut berpartisipasi
meramaikan forum tsb sebagai wujud membantu mensukseskan peningkatan peringkat
UNG di webometric. dari pada cuman jaga baku ribut di milis yahoogroups :P

Saya rasa demikian dulu .... somo nonton barcelona dulu sup :)

Salam hangat slalu