Berarti tidak bisa jadi pemimpin yang adil yang bisa berdiri di atas
kepentingan semua golongan.

Ana khawatir, kalo bung putra Gorontalo pe jagoan yang menang, samua pengusaha
keturunan etnis china somo hengkang dari Gorontalo. Akibatnya Gorontalo akan
seperti kab. Jeneponto yang di saat saya KKN thn 95 lalu tidak ada pengusaha
china karena tidak terterima di daerah tersebut. Dan saya lihat dengan mata
kepala saya sendiri akibatnya terhadap perekonomian di daerah tersebut.

Intinya, jangan membungkus ketidakmampuan pengusaha kita untuk bersaing dengan
alasan nasionalisme untuk menyingkirkan para pengusaha etnis china.

Soal kongkalikong dgn pejabat, suap & korupsi, pada saat ini pengusaha dan
pejabat pribumi yang mendominasi pemberitaan di media2 massa.

IMHO, kita jangan membenci etnis tertentu hanya karena perbuatan sebagian orang
dari etnis tersebut karena yang salah bukan etnisnya, tapi perbuatannya.

Dan para calon pemimpin harusnya juga memahami hal ini agar bisa menjadi
pemimpin yang adil dan bijak yang selalu berpihak pada kepentingan rakyat tanpa
menafikan nilai2 kebenaran dan keadilan bagi semua golongan dan lapisan
masyarakat tanpa perbedaan.

Bolo maapu