saya sangat menghargai pendapat ka iqbal, om noval dan bung kilo.
bagi saya, sebaiknya kita baca sejarah nabi secara keseluruhan. bukan hanya
tentang kesabaran dan kemaafan Rasulullah, tapi juga ketegasan dan keberanian
beliau. dan baik kesabaran maupun ketegasan itu adalah bagian dari akhlak mulia
bila diletakkan pada tempatnya.
contoh suraqah bin malik itu terjadi saat fatrah makkiah (masa dakwah di mekah)
ketika keadaan kaum muslimin masih minim dan lemah.
ketika fatrah di madinah, beda lagi kebijakannya.
Sejak masa kenabian, penghinan kepada Nabi Muhammad Saw. selalu mendapat respon
keras dari Ummat Islam. Sejarah mencatat beberapa orang yang dihalalkan
darahnya oleh Baginda Nabi sebab penghinaan mereka. Sebutlah misalnya Abdullah
bin Abi Sarh, Ibnu Khathal, Ka’b bin Asyraf, ‘Ashma’ bintu Marwan dan banyak
tokoh lainnya di masa kenabian. (baca di kitab sirah nabawiyah/sejarah nabi)
Para ulama—sebagaimana disebutkan Ibnu Taimiyah dalam As Shârimul Maslûl—telah
sepakat bahwa tidak ada hukuman lain kepada orang yang melakukan penghinaan dan
penolakan terhadap putusan Nabi Muhmmad selain hukuman mati di dunia dan adzab
pedih di akhirat. Pendapat ini berdasarkan ayat 61-63 Attaubah. Para ulama yang
beliau maksudkan antara lain adalah Imam Malik, Ahmad, Ishaq, dan Syafi’i. Abu
Hanifah mengatakan bahwa penghina Nabi telah murtad dan tidak diterima
taubatnya.
Jika penghinaan itu dilakukan oleh orang kafir yang hidup dalam perlindungan
Islam, maka Islam mencabut perlindungan atas dirinya. Ali ra. menceritakan,
“Ada seorang wanita Yahudi yang menghina Nabi saw. Ia akhirnya ditikam oleh
seorang lelaki hingga mati. Rasulullah saw. kemudian membatalkan jaminan
keamanan atas wanita tersebut.” (HR. Abu Dawud).
Mengapa bisa demikian?Segala penghinaan kepada Rasulullah saw. ini merupakan
mata rantai dari penghinaan terhadap kesucian, syiar dan perasaan kaum Muslim;
dan masih akan terus berlangsung selama umat ini masih ada di muka bumi.
apa yang bisa lakukan untuk membela, kita lakukanbaik pro atau re-aktif,
masing-masing ada tempatnya
Salam
Umarulfaruq Abubakar
http://buanacita.multiply.com