From: "ilahude_...@yahoo.com" <ilahude_...@yahoo.com>
To: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Sent: Sat, July 31, 2010 1:41:33 PM
Subject: Re: Bls: [GM2020] Re: Terusan Khatulistiwa Pengaman Tsunami

Hehe....saya baca dr ulasan dr tim terpadu, katanya ada jaminan kanal bs
menanggulangi banjir...padahal kanal dibangun diseblah utara sungai bone,...apa
bisa dia menjawab dan menjamin bbrapa kendala yg akan muncul:
Pertama, bagaimana menampung air yg dr hulu s.bone dgn beda ketinggian,
disamping itu puluhan anak sungai berada pd sisi selatan dr alur s.bone...apa
air dari hulu dia suruh koprol...hehehe
Kedua jalur kanal litologinya kebanyakan pasir (endapan danau) yg mudah
tererosi.... jika banjir aliran air akan mengerosi lereng kanal dan nasibnya
akan sama dgn sungai bone..(pendankalan) ...apa ini tdk menambah beban dan
pengeluaran APBD...bisa jadi pemasukan dr kontrak bagi hasil dgn KP tambang
habis utk itu, kalo msh ada depe doyi...
Ketiga, bagaimana merawat kanal kalo trjadi pendangkalan atau tertutup
tumbuhan,
...krn kanal ini pasti kering pd musim panas, contohnya sungai tamalate semakin
sempit dan inilah yg bikin banjir didaerah bakia dan tamalate...kalo mulai
hujan
tiba....heran kok malah bikin proyek kanal...hehe. .doyi paralu...

Betul om OH, kalao bejana berhubungan itu teori utk fluida yg tdk
ngalir...hehehe, .... tp kalo air yg meluncur  yg bermuatan jutaan kubik
sedimen
dari hulu.....bisa kebayang.... bagaimana menampungnya. .. Apalagi kalo kanal
dgn pekerjaan asal jadi....hehehe. ...
Kalo bagitu saya somo buka CV khusus utk pengerukan sedimen dikanal....sebab
pekerjaan ini tiap tahun pasti ditender...ujung2ny a...doyi poli...hehehe
Wass
DI

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...
!