Prof. Mansoer adalah "legenda" Gorontalo. Saya dengar nama besarnya sejak saya
masih "ingusan",  belum tahu apa2 bahkan belum tahu bahasa "melayu". Karena
kegigihannya, orang desa yang hanya tahu bahasa Gorontalo, tidak terkesan
"ndeso", kampungan.
Sehari sebelum berangkat umroh, beliau datang ke rumah. Kedatangannya itu
seminggu sebelumnya sdh disampaikan tapi saya keberatan. Biarlah saya yang
bertamu ke rumahnya. Entah "angin" apa yang membuatnya bersikeras datang.
Pamit, minta maaf karena mau umroh, sekaligus melaporkan berbagai kegiatan PPs
UNG karena akan serah terima kepemimpinan. Dan sesekali memberi nasihat dan
masukan tentang pengembangan UNG.
Prof. Mansoer adalah pribadi yang ramah,  terbuka dan tidak marah kalau
dikritik, sekeras apapun kritik itu. Saya tidak pernah menjumpai beliau dengan
wajah cemberut.  Selalu tersenyum dan hangat. Dan satu lagi, energik walaupun
di usia senja. Dikenal sebagai pribadi yang disiplin, penuh tanggung jawab,
menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak mengenal "jam karet". Jika mengundang
rapat jam 8 pagi, maka walaupun undangan yang hadir baru 1 orang, beliau tetap
akan mulai rapat itu.
Tidak kurang 30 buah karya Prof. Mansoer dalam bentuk buku yang terpublikasi
secara nasional. Antara lain, kamus Gorontalo-Indonesia, Suwawa-Indonesia dan
Atingola-Indonesia, yang ketiganya dicetak oleh Pusat Bahasa Jakarta. Karya
terakhirnya adalah terjemahan Al Qur'an dalam bahasa Gorontalo. Suatu amal
zariah yang akan mengalir terus pahalanya.
Bukan hanya UNG yang kehilangan tapi juga Gorontalo bahkan nasional. Kebesaran
namanya nampak pada penghormatan para petinggi daerah dan UNG menjemput jenazah
di bandara. Antara lain Sekda Propinsi dan para Kepala SKPD. Jenazahnya pun
"dikawal" langsung oleh Gubernur. Pada hari pemakaman ribuan masyarakat dan
pimpinan daerah melayat, ratusan krans bunga menghiasi rumah duka. Bumi
Gorontalo pun "menangis", sejak subuh diguyur hujan. Sebagai penghargaan
terhadap jasa2nya, beliau dianugrahi gelar adat "Ta Lopoolamahe Popoli", Putra
Terbaik Bangsa Pelestari Budaya Gorontalo.
Saya yakin dan percaya, Prof. Mansoer meninggal dalam kondisi "husnul
khotimah".  Paripurna dalam pengabdian kepada negara bahkan sebagai hamba
Allah. Kapan, dimana dan bagaimana ajal tiba, tidak bisa kita rencanakan.
Karena itu sungguh sangat beruntung Prof. Mansoer, sebagai hamba yang terpilih,
meninggal di bulan ramadhan, ba'da subuh bahkan baru sehari pulang dari umroh.
Selamat jalan Prof. Mansoer, Pengabdianmu selalu dikenang
Karya2mu menjadi warisan berharga bagi anak cucu bangsa
Warisan untuk dipelihara, dirujuk dan dikembangkan.
Semoga engkau mendapat tempat yang sebaik2nya di sisi Allah SWT.
Amin....

Terima kasih
SQB