Salam Saudaraku Semua

Kemarin malam pulang kerja, anakku eggy, dapat mainan baru kereta api yang dibeli oleh maminya..
lekas dan tangkas anakku eggy usia 4 tahun membuka dan minta bantuanku untuk memasang rel kereta api, dan menanyakan baterai untuk di hidupin.
singkatnya terpansang sudah..

dengan riang dan senang loncat dan bergembira eggy memeprhatikan setiap sudut dari kereta api mainan yang berjalan..

tak lama kemudian mami eggy datang bawa nasi goreng, dan dibagikan sepiring ke saya untuk makan sambil amati eggy bermain.

eggy: babi.. babi.. babi (biasanya dia memanggil ku kalau mengodaku/ artinya papi).. makan apa?
dg: nasi goreng..
eggy: minta kelupuknya pi... (eggy suka kerupuk)
dg: iya.. (sejurus langsung di mbat kerupuk)
eggy: emm... enak.. (sambil tertawa riang, ada mainan yang di senangi dan makanan favoritnya)
dg: iya.. enak, gak mau nasi, gi?
eggy: gak... emm enak, minta lagi dong pi.. (langsung di sikat lagi kerupuk saya)

kemudian dialog eggy bukan kepadaku lagi, tapi dia berbicara dengan kereta apinya.. tanpa jelas apa yang di omongin, namun kemudian dia menyetopkan kereta api mainannya.. lalu berkata:

eggy: nih... kelupuk enak, makan keleta api... (sambil kerupuknya di cucukkan ke mulut lokomotif)
eggy: hayoo.. makan.... enak lho (eggy jarang mau bagi makanan kesayangannya kepada yang lain)
dg: ehh eggy.. itu kan kereta api tidak bisa makan... biarkan keretanya jalan lagi..
eggy: Ohhh iya pi..

wah.. adegan sebentar ini membuat saya dapat bisikan..
itulah cara manusia mengenal Tuhan...

MENEMPATKAN TUHAN DALAM PIKIRAN MASING-MASING.
sama seperti anak kecil menempatkan segala sesuatu yang di terimanya sesuai dengan kegembiraan dan kesenangan.. yang buntutnya adalah masalah PERASAAN.
apakah PERASAAN menwakili kita untuk mengenal sang Ilahi? MENEMPATKAN TUHAN DALAM PERASAAN MASING-MASING.
dan akhirnya kita memaksakan segala sesuatunya untuk bisa di terima dalam diri sendiri, maupun kepada orang lain.

Maka tidak heran banyak yang akhirnya frustasi memakai kedua tools ini (Pikiran dan Perasaan) untuk mengenal tuhan.

Mengenal tuhan yaitu makan kerupuk tanpa paksakan kereta api makan kerupuk, kalau tidak nanti akan frustasi...

Salam Sejati

"Siapa yang bersungguh-sungguh,
akan menemukan yang dicarinya"

Dapatkan nama yang Anda sukai!