Mas Hendrik,

Menurut saya yah, kundalini itu adalah sebuah manifestasi kesadaran. Bila
ada yg bilang kundalini masih bangkit, perlu ditanyakan pada diri sendiri,
apakah kesadaran anda sudah mulai meningkat, kasih sayang kita pada sesama
dan pada semua mahluk sdh lebih meningkat, kedekatan kita pada Tuhan YME sdh
jauh lebih meningkat (barangkali klo kita mendengar nama-Nya disebutkan maka
bergetarlah hati nurani, bergetarlah tubuh kita, saking cintanya dan
rindunya kita padaNya), dan masih banyak penilaian2 lainnya..

Bila kita merasa belum seperti itu, barangkali yang naik masih energinya
saja (kundalini palsu), bukan inti kundalininya (yang sejati). Karena
kundalini akan aktif dan naik dengan sendirinya bila wadah kita sudah siap.
Wadah kita sudah bersih.. sih.. sih.., makanya rajin2lah cuci - cuci, suatu
saat kundalini sejati akan aktif kagak perlu diinisiasi segala.

Ada banyak jalan untuk penaikan kundalini, reiki tummo barangkali salah
satunya..

Rustan