  From: Lino Sanjaya
  To: harmonisasi-universal@googlegroups.com
  Sent: Thursday, November 13, 2008 1:04 PM
  Subject: [HU] Re: SAYA dan PARA MALAIKAT

        Ytk,

        Mas Gerry pernah menjelaskan kepada saya mengapa kita perlu malaikat
dan tidak langsung Tuhan? Penjelasan yang saya tangkap adalah (maaf saya
ungkapkan dengan kata dan ibarat yang saya sendiri) mereka berguna untuk
keperluan manusiawi/duniawi kita dan sedikit hal-hal yang lebih tinggi dari
yang duniawi. Ketika kita butuh obat...cukup seorang dokter yang kita mintai
tolong bukan pada Tuhan. Ketika kita memerlukan kewaskitaan untuk
mempertimbangkan sesuatu atau melakukan hal-hal yang adikodrati (misalnya
bilokasi atau berada di dua tempat untuk kepentingan menolong orang)...cukup
seorang malaikat yang menolong, tidak perlu Tuhan langsung. Dalam Kitab Suci
agama-agama Semit, banyak dikisahkan peran malaikat bagi para kudus...tidak
harus Tuhan yang melakukannya. Para malaikat adalah utusan Tuhan untuk membantu
mengatasi permasalahan kita dan menunjukkan/memberi teladan bagaimana kita
memiliki unconditional love & wisdom supaya kita mampu siap bila 'bersemuka'
dengan Tuhan baik di dunia ini maupun di akhirat.

        Sayang, saya tidak begitu menguasai peran malaikat di agama Timur
(Hindu-Budha).

        Tentang kodrat manusia lebih tinggi dari malaikat, saya yakin itu
benar, seperti yang diajarkan dalam ajaran-ajaran agama semit....kecuali kalau
ada malaikat Allah yang datang memberikan petunjuk lain...
        .
        Secara implisit,  MA.Metatron (Sg Pembina langsung HU kita) memuji
manusia karena memiliki free will, ciptaan yang paling sempurna (paling lengkap
dengan ujud material, tetapi bisa mencapai kemampuan seperti malaikat, bebas
memilih yang di luar Tuhan) dan diciptakan dari kehendak kasih yang tertinggi
sehingga terikat semata-mata dengan kasih Tuhan yg adalah Tuhan
sendiri....dalam konteks ini malaikat tercipta mirip seperti batu, atau
tumbuhan atau hewan dengan kehendak yang terbatas....  moga-moga tidak terlalu
rumit...saya sendiri masih harus belajar dan perlu mengalami sendiri .. :-).

        Saya kutipkan beberapa pesan dari MA Metraton mengenai dirinya dan
manusia...maaf dalam b.inggris:

        " We hold you, your world, your universe and all the dimensions of
reality between us, Sandalphon and I. We are part of you and you are part of
us. We all sprang forth from the creative thought of God. We contain within us
the Tree of Life. Whether you know us or not, we share in your experience as
embodied consciousness. We assist you in creating that experience, whatever you
choose it to be. As you came forth from God, seeking to have your own unique
experience, you were given the gifts of free will and absolute creatorship. You
have all existed as a part of God always. You have chosen, at times, to
experience yourself as an individual consciousness, and at times as a part of
the One Consciousness. You have chosen to have the embodied experience in
materiality that you are now partaking of.

        Thus, the thought that some part of creation could be less than perfect
came into being. As more parts of God-consciousness began to agree with that
thought, the frequency of materiality descended further. What was created from
the highest frequencies of love and joy descended into the lower frequencies of
judgment and fear. This has been your world, your planet Earth, and all life
forms which dwell upon her – living the experience of not-perfect. You who
dwell upon the Earth have, in truth, never been anything other than perfect
facets of creation. You have been having the experience of being not-perfect
and separate from the God-consciousness that you really are.

        salam HLL

        lino