Untuk membaca file djvu

 1. BAGAIMANA MEMBUKA/MEMBACA FILE DJVU
Untuk membaca format djvu diperlukan djvu reader/viewer. Untuk Windows dan MAc
djvu reader yang gayanya mirip dengan Adobe/Acrobat Reader adalah WinDjView dan
MacDjView. Selain itu ukuran file reader ini juga kecil. WinDjView dan
MacDjView dapat di-download dari http://windjview.sourceforge.net atau
http://windjview.djvu.org
WinDjview dapat digunakan tanpa perlu instalasi. Atau jika ingin ter-instal
dalam Windows:
1. copy file 'WinDjView-X.X.exe' (hasil download) ke folder Program Files anda
2. jalankan 'WinDjView-X.X.exe' yang ada di folder Program Files (klik ganda)
3. klik File > Settings
4. Pada dialog yang muncul, klik tab 'File Associations'
5. Klik tombol [Associate]
6. Dengan windows explorer, klik dua kali file djvu, akan langsung membukan
windjview.
Untuk Linux, hampir semua distro menyediakan djvulibre (open source
implementation dari djvu) pada CD/DVD instalasinya, hanya biasanya tidak secara
default terinstall. Gunakan aplikasi instalasi dari sesuai dengan distro anda
untuk menginstallnya. Jika tidak tersedia download  pada
http://djvu.sourceforge.net/.
Setelah diinstall dari command-line ketikan: djview. Anda dapat mengasoisasikan
djview ini pada file browser seperti Konqueror (KDE) atau Nautilus (GNOME),
sehingga anda cukup klik ganda atau klik sekali saja (tergantung bagaimana anda
mengeset GUI Linux) pada file yang berformat djvu untuk membukannya.
Atau gunakan Djview 4 dengan interface seperti adobe/acrobat reader dan
pengemabangan dari Djview, di download secara terpisah dari DjvuLibre.
DjvuLibre saat ini telah ada 'versi' Windows.
Reader djvu lain adalah dari Lizardtech (http://www.lizardtech.com/) pemilik
hak cipta format djvu. Sayangnya reader ini hanya merupakan plug-in pada web
brower (seperti ie dan firefox). Informasi berbagai reader lainnya dan tentang
format djvu sendiri lihat di hattp://www.djvu.org.
 2. TIPS MEMBACA/MENGGUNAKAN DJVU READER
Sekadar tips, djvu yang digunakan manual book smh I di files milis ini adalah
layered (background dan foreground/text terpisah). Anda dapat menggunakan
layer-layer ini untuk memudahkan anda dalam membaca, melalui opsi display dari
reader djvu.

Semoga bermanfaat.
Salam,